Mengenal Teks Editor: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

1 min read

text editor adalah

Matamu.NET – Teks editor merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh seorang jika ingin menulis kode program dalam membuat halaman web.

Sebagai seorang pembuat kode, menggunakan teks editor menjadi salah satu cara untuk meringankan beban kerja sebab menggunakan aplikasi tersebut dapat membantu pembuat kode dalam mengerjakan kode program dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan waktu biasanya.

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa teks editor adalah aplikasi yang ideal bagi siapa saja yang perlu menulis dengan cepat, sederhana, membaca kode, dan membuat file teks.

Dalam dunia programming, aplikasi ini menjadi tools yang berguna tergantung pada modul pra-instal di dalamnya. Aplikasi ini telah digunakan hingga sekarang ini terutama di tahun 2020, baik untuk menulis kode atau untuk mengedit teks lainnya pada file.

Tujuan dari penggunaan teks editor yakni untuk melakukan pengeditan pada teks seperti program komputer, aplikasi, halaman website, dan hal lainnya.

Tools ini menyediakan perintah menu file standar untuk membuat file teks baru, membuka, menutupnya, hingga menyimpannya ke dalam bentuk file yang biasanya berekstensi .txt.

Setelah pembahasan mengenai pengertian, tujuan , kali ini Matamu.NET akan membahas mengenai teks editor mulai dari pengertian dan tujuan teks editor, inilah kumpulan teks editor terbaik menurut Matamu.NET.

Baca Juga Pengertian Algoritma dan Jenis-Jenisnya Dalam Pemograman

1. Notepad++

Notepad++ ini memiliki fitur yang beragam dan sangat digemari oleh para programmer. Kelebihan Notepad++ adalah untuk memperkaya diri dengan plugin. Hal ini yang menjadi pembeda dengan teks editor sejenisnya.

2. Sublime

Aplikasi sublime merupakan teks editor yang mudah digunakan dengan penampilan yang simpel namun enak dipandang. Sublime merupakan aplikasi yang berbayar namun kamu bisa mengunduh versi demonya meskipun memiliki batasan dalam penggunaannya.

3. Gedit

Teks editor Gedit bawaan dari OS Linux, sehingga sangat tidak asing lagi bagi para pengguna Linux. Gedit dapat digunakan untuk menuliskan berbagai macam bahasa pemograman.

4. Vim

Dengan dukungan penuh untuk Windows, Linux, Mac, maka aplikasi ini menjadi salah satu editor yang sangat stabil, dan menjadi andalan.

Vim merupakan salah satu text editor terbaik, termaju dan terintegrasi dengan tool populer lainnya sehingga dapat dipergunakan oleh CLI dan huga GUI. Namun vim terkenal tidak user-friendly sebab agak sulit bagi pemula untuk menggunakan aplikasi ini.

5. Atom

Atom merupakan text editor yang mendapatkan akses open source. Dengan desain yang terfokuskan untuk para developer maka sangat cocok digunakan oleh para editor yang telah memiliki banyak pengalaman.

Keunggulan lainnya yakni memberi collaboration tools yang jelas, editor yang sleek, dan organisasi tools yang sangat bergunadan juga system cross-platform yang bisa berjalan di berbagai sistem seperti Linux, OS X dan Windows.

6. TextMate

TextMate merupakan text editor yang terkenal dengan kelebihan interface yang cukup clean dan lightweight. Aplikasi ini membantu kamu dalam meregeneragsi macros agar mampu meningkatkan kecepatan produksi dan pekerjaan yang repetitif mampu tereleminasi menggunakan macros ini.

Sebagai kesimpulan, masing-masing text editor memiliki berbagai macam fitur yang unik dan luar biasa. Dan kenyamanan penggunaan editor tersebut semua tergantung dari kebutuhan dan kemampuan kamu para pengguna text editor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.