Syarat Fisik Menjadi Model Fashion dan Catwalk di Indonesia

2 min read

paula verhoeven supermodel cantik dari Indonesia

Matamu.NET – Memiliki penghasilan yang lumayan besar untuk profesi di Indonesia, Model Catwalk atau pragawati sering dianggap orang awam hanya bermodalkan kencatikan saja. Padahal peran mereka sangatlah vital dalam industri Fashion dan ini bukanlah pekerjaan main-main.

Kendati demikian memang sih ada syarat kecantikan dan bentuk fisik standar yang harus dimiliki oleh seorang yang ingin meniti karir Model Cat Walk. Adapun syarat-syaratnya sebagai berikut :

1. Tinggi Badan

Seorang model Catwalk dituntut memiiki postur badan yang tegak sempurna dengan tinggi badan yang proporsional. Standa untuk tinggi badan Model Cat Walk / Runway untuk wanita sendiri adalah 175 cm, terkadang juga 173 cm masih ditolerir sedangkan untuk pria adalah 185 cm.

Untuk model Fashion tanpa Catwalk, tinggi badan wanita 170 cm sudah menjadi standar paling rendah sedangkan pria 180 cm. Jadi beberapa model yang kalian lihat di Majalah mungkin hanya memiliki tinggi badan sekitar 170 cm.

Standar tinggi badan seorang model mungkin saja berbeda-beda tergantung dari model agency mereka, akan tetapi kecenderungan permintaan klien yang yang kebanyakan membutuhkan model Catwalk adalalah model yang tungkai kaki jenjang dengan struktur pinggul tidak terlalu besar dan dada yang relatif kecil. Kebanyakan klien tidak akan mentolerir struktur kaki berbentuk O dan X.

Tinggi badan Model Catwalk Runway minimal 175 cm

2. Struktur Wajah

Untuk wajah memang tidak mutlak sih karena wajah itu relatif dan selalu ada banyak variasi. Namun dunia fashioan dan modelling itu mengikuti sebuah trend yang sulit dihindari. Misalnya saja pada tahun 90-an, di Indonesia sedang trend-trednnya model berwajah Indo dengan kulit kuning langsat.

Generasi berikutnya malah justru banyak berwajah orientalis di Cat walk seperti Dominique dan Maria Agnes karena tren film Korea dan Taiwan yang sedang booming.

Pernah juga wajah khas Indonesia yang menjadi sorotan dunia dengan kulit gelap yang dianggap eksotis seperti Naila Alatas dan Kimmi Jayanti.

Ada juga kalanya wajah-wajah cantik berkulit putih dingin seperti Rusia dan Uzbekistan yang mendominasi seperti Senk Lotta. Jadi meskipun tidak menjadi syarat paten namun jika Race tersebut yang sedang trending kemungkinan kamu bakalan kebanjiran Job, jika memiliki struktur wajah tersebut.

Senk Lotta Artis cantik dan manis Dari Uzbekistan

Selain padangan subjektif tentang struktur wajah, sebenarnya ada standar normatif dari tolok ukur kecantikan. Misalnya ukuran lebar hidung yang tidak terlalu besar, wajah oval, mata yang berbentuk zaitun dan kulit wajah yang putih mulus. Ukuran tulang pipi dan tinggi. Tujuannya agar lebih mudah dirias saja.

3. Rentang Usia

Kebannyakan, Karir Model di mulai dari usia 12 tahun dan berakhir di usia 32 tahun, beberapa model mungkin bisa bertahan sampai usia 40 tahun tergantung dari cara mereka merawat tubuh.

Para Agency Mode biasanya sudah mulai hunting mode dari usia remaja sehingga ada waktu yang cukup untuk melatih mereka menjadi seorang model profesional.

BUat kalian yang sudha berusia 20 tahun dan ingin terjun ke dunia modelling memang masih memiliki kemungkinan menembus pasar tapi harus melawan mereka yang sudah mulai meniti karir dari usia muda. Jadi harus lebih kerja keras lagi.

4. Kulit

Jangan percaya Iklan pemutih di TV jika warna kulit putih saja yang bisa jadi model, wanita dengan kulit gelap dan hitam juga punya kesempatan yang sama dengan wanita kulit putih. Meskipun kebanyakan model memiliki kulit terang. Alasannya sederhana hanya untuk memudahkan Make Over.

Yang harus kamu perhatikan untuk menjadi seorang model adalah memiliki kulit yang sehat dan segar. Perhatikan nutrisi kulit kamu dan rutin-rutin melakukan peeling dan masker wajah agar bebas dari jerawat.

Massage dan pijatan lembut juga disarankan untuk membuat aliran darah kamu lancar sehingga tidak muncul urat yang keras di sekitar pemrukaan kulit.

5. Rambut

Blonde, hitam, ikal, lurus, bergelombang pendek dan panjang adalah standar ukuran rambut yang bebas dalam dunia modelling namun yang bersifat baku adalah rambut kamu sehat, berkaliau, tida lepek, tidak bercabang dan berketombe.

Seorang model harus memiliki rambut yang sehat. Cara paling mudah menjaga penampilan adalah melakukan Creambath dan hair Spa secara rutin. Potongan rambut bisa kamu sesuai dengan bentuk wajah kamu. Ada baiknya kalau kamu minta saran dari Hair Stylist mengenai model rambut yang pas buat kamu.

6. Gigi

Wah yang satu ini jangan sampai lewat, kamu bakalan sering diminta senyum di beberapa kesmepatan dan diabadikan dalam media cetak seperti majalah atau media online. Gigi putih dan rapih adalah syarat mutlak.

Jadi kalian harus rajin merawat kesehatan gigi dengan kedokter minimal 6 bulan sekali. Setidaknay terhidar dari karang gigi. Beberapa model bahkan merapikan gigi mereka dengan metode operasi dan memasang gigi palsu agar terlihat lebih rapi dan menarik.

Gigi putih cantik dan rapi syarat jadi model

7. Kuku

Syrata fisik lainnya adalah Kuku yang dianggap salah satu indikator kecantikan seorang wanita. Kuku sebaiknya diptong pendek atau tidak terlalu panjang. Jika dibutuhkan kuku yang panjang, maka akan diaplikasikan kuku plasu di jari kamu jadi bukan kuku asli. Jadi rajin-rajinlah merawat kesehatan kuku.

Kuku indah model cantik dan manis

Akhir Kata

Nah itu dia mungkin spengantar mengenai syarat penampilan fisik seorang Model Catwalk / Runaway yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *