Sejarah Perusahaan Youtube – Mulai dari Amazon sampai Dibeli Google

2 min read

Matamu.Net – YouTube adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Mereka bertiga merupakan eks karyawan generasi pertama PayPal, perusahaan pembayaran online besar di dunia.

Sejarah berdirinya YouTube sebenarnya simpang siur, menurut Hurley dan Chen, perusahaan ini berdiri setelah mereka memikirkan ide untuk berbagi Video Pesta Makan Malam di aparetemen Chen di San Fransisco pada tahun 2005 silam.

Namun di sisi lain, Karim salah satu pendiri YouTube mengaku bahwa pesta tersebut tidak pernah ada, di sisi lain, Chen mengakui jika ide Youtube muncul saat pesta makan malam tersebut telah selesai.

Hal ini juga diperkuat dengan munculnya Video pertama di Youtube bukanlah masalah pesta tapi malah Video Karim yang sedang berada di kebun binatang di San Fransisco dengan judul “Me At the Zoo” yang diunggah pada tanggal 23 April 2005.

Video ini masih ditemukan di Youtube sampai hari ini setelah 14 tahun Online, Sekaligus menjadikan karim sebagai Youtuber pertama dengan akun bernama Jewed.

Potongan Bideo pertama di Youtube keren
Potongan Video Pertama di Youtube

Domain YouTube.com aktif pada tanggal 14 Februari 2005 kemudian mendapatkan pendanaan dari Sequoia Capital pada November 2005 dan April 2006. Youtube mendapatkan total suntikan dana sebesar 11,5 juta USD dengan kantor yakni Sharing Space dengan restoran Jepang dan Pizarea di San Mateo California.

Uji Beta Youtube yang pertama keluar pada bulan Mei tahun 2005, sekitar enam bulan sebelum peluncuran resmi dari Youtube pada bulan November pada bulan yang sama.

Aktifitas situs Youtube pasca diluncurkan meningkat dengan drastis, bahkan hanya butuh 8 bulan sejak diluncurkan, sudah terdapat 65.000 video yang diupload ke Youtube dengan jumlah pengunjung 100 juta kunjungan perhari.

Pertumbuhan ini membuat banyak Investor yang melirik Youtube. Mei 2010, pusat data ComScore, Youtube memiliki pangsa pasar sampai 43 persen di Amerika Serikat dengan total unggahan video 60 Jam permenit.

Konten-Konten Video ini berhasil mengundang sebanyak 600 juta kunjungan setiap bulan dan situs parangkingnya Alexa.com menempatkan Youtube sebagai situs terpopuler ketiga di dunia setelah Facebook dan Google.

Logo Pertama Youtube keren
Logo Awal Youtube

Kontroversi Nama

Pemilihan Nama Youtube.com ini sempat bermasalah dengan situr dari perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment dengan link utube.com yang secara harfiah disebutkan dengan lafal diftong yang sama.

Hasilnya utube.com kebanjiran pengunjung yang datang bertanya mengai Youtube di situs mereka, namun tuntutan ini dimenangkan Youtube dengan asumsi bahwa kesalahan bukan pada pihak Youtube tapi pada pihak pengunjung, dan akhirnya perusahaan ini merubah domain mereka menjadi www.utubeonline.com.

Diakuisisi oleh Google

Google sebagai perusahaan interner raksasa melihat peluang yang cukup bagus di Youtube.com di masa depan dan hasilnya Youtube diakuisisi oleh Google pada Oktober 2006. Google bahkan membeli Youtube dengan harga 1,65 Miliar USD atau hampir 1,500 kali total modal awal yang tanam investor pada awal Youtuber berdiri.

Pada tahun 2008, Google belum merilis mengenai biaya operasional perusahaan yang baru mereka beli, namun pada tahun 2008 Forbes memperkirakan jika Youtube sudah membuat uang sekitar 200 Juta USD melalui iklan.

Tahun 2008, pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan waktu 15 menit sehari menonton Youtube dimana rata-rata orang Amerika hanay menghabiskan waktu 4 sampai 5 jama menonton televisi.

Juni 2006, Youtub sudah menjajki banyak kontrak periklanan seperti MGM, Lions Gate Enterteinment, CBS dan perusahaan besar lainnya. Mereka diizinkan untuk mengunggah film mereka berdurasi penuh di Youtube.

Langkah ini diambil oleh Youtube untuk bersaing dengan situs website penyedia film seperti Hulu yang menyediakan tayangan dari NBC, FoX dan Disney. Tahun 2009, Youtube meluncurkan Shows untuk penonton mereka di Britania Raya dengan penawaran 4000 jenis acara dengan 60 Mitra/

Januari 2010, Youtube memperkenalkan layanan sewa film online yang hanya berlaku bagi negara Amerika Serikat, Kanda dan Britania Raya dengan jumlah 6000 film.

Youtube Goes Free

Youtube dan Google melihat peluang datangnya iklan di luar perjanjian dan layanan berbayar, sehingga pada bulan Maret 2010, Youtube meluncurkan layanan konten Gratis termasuk kontent premium seperti pertandingan Indian Premier League.

Youtube mengklaim layanan mereka sebagai layanan siaran olahraga terbesar secara online dan gratis. Di bulan yang sama, Youtube juga mengganti tampilan Interface Youtube agar lebih simple. Tampilan baru ini ternyata berhasil meningkan jumlah penonton sampai dua milliar video perhari.

Pada mei 2011, Laporan perusahaan Google melaporkan bahwa ada sekitar 3 milliar Video yang tonton perhari lalu tahun berikutnya naik menjadi 4 milliar Video perhari.

Tahun 2010, Hurley pendiri dan sekaligus CEO Youtube menyatakan mengundurkan diri pada bulan Oktober. Suksesornya adalah Salar Kamangar. Tahun 2011, Youtube mengintegrasikan Sosmed Google+ sehingga ornag bisa meninggalkan komentar di Youtube seperti berkomentar di jejaring sosial. Serta mempekernalkan logo baru mereka di Bulan Desember.

Tips dan Pengertian Fotografi Sport

Matamu.Net – Fotografi merupakan sebuah proses melukis atau menggambar dengan menggunakan media cahaya. Atau lebih singkatnya adalah sebuah metode untuk menghasilkan gambar dari suatu...
Dzargon
3 min read

Apa Itu High Key Fotografi?

Matamu.Net – Dalam fotografi istilah ‘Brightness’ merupakan salah satu yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan keren....
Dzargon
1 min read

Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui…

Matamu.Net – Membuat media pembelajaran berbasis Android sebenarnya hal-hal yang susah-susah mudah, namun dalam ranah pembelajaran atau seorang guru maka tigas kita adalah tidak...
Dzargon
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *