Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Pengertian Sport Fotografi atau Fotografi Olahraga

1 min read

Logo Sport Photography

Matamu.NET – Sport fotografi terdiri dari dua kata, yaitu ‘sport’ atau olahraga dan ‘fotografi’. Seperti yang kita ketahui bahwa fotografi merupakan suatu proses menghasilkan gambar dengan menggunakan media cahaya. Sementara itu, sport merupakan sebuah aktivitas fisik yang melibatkan gerakan tubuh. Di samping itu, fotografi olahraga merupakan salah satu cabang dari fotografi yang belakangan ini banyak digemari oleh sejumlah fotografer.

Kendati demikian, tak mengherankan apabila sport fotografi kerap mengiringi berita-berita olahraga. Bisa dikatakan bahwa sport fotografi adalah media yang menentukan kualitas dari sebuah berita olahraga.

Hal terpenting yang harus disadari ketika memotret sport fotografi adalah terdapatnya berbagai kenyataan. Salah satunya adalah bisa saja adegan yang dipotret oleh sang fotografer bukan merupakan adegan yang terlihat oleh mata secara langsung lantaran sangat cepatnya kejadian atau momen tersebut berlangsung.

Selain itu, untuk memotret pertandingan olahraga tidak sembarang orang yang dapat melakukannya. Tentunya hanya seorang fotografer yang memiliki izin resmi yang dapat mengambil momen penting di tempat yang telah disediakan.

Tak hanya itu, sport fotografi juga merupakan jenis fotografi yang berbeda dengan fotografi lainnya. Ketika fotografi lainnya dapat mengkomposisikan dengan cermat saat mengambil gambar, sport fotografi justru lebih menggunakan insting serta pengalaman ketika mengambil gambar dengan hasil yang berkualitas. Akan tetapi, tidak selamanya sport fotografi dilakukan dengan cara yang sulit. Bisa juga dilakukan dengan mudah yang biasa disebut dengan ‘safety shot’ atau mengambil foto aman.

Oleh karena itu, sport fotografi merupakan salah satu dibidang fotografi yang bertujuan untuk mengabadikan momen-momen penting yag terjadi pada suatu bidang olahraga. Elemen foto terpenting dalam sport fotografi adalah unsur manusia. Diketahui bahwa manusia memiliki daya tarik tersendiri dan utama dalam mengambil gambar sport fotografi dan membuat gambar yag dihasilkan menjadi lebih kuat.

Momen yang terjadi dalam sport fotografi berlangsung sangat cepat, penuh aksi disetiap pertandingan sehingga memperlihatkan wajah atlit yang ekspresif baik itu bahagia maupun sedih. Semua momen tersebut dapat dijadikn sebagai objek dalam sport fotografi.

Tak menutup kemungkinan bahwa momen-momen berharga tersebut akan sangat sulit untuk dipotret walaupun sang fotografer telah menggunakan kamera yang canggih lengkap dengan fasilitas tambahan yang mendukung. Oleh karena itu, dalam sport fotografi bukan hanya kamera canggih saja yang menentukan hasil foto berkualitas. Akan tetapi, seorang fotografer sport juga harus memiliki ketekunan, kejelian, kesabaran, sampai dengan insting yang kuat dalam memotret objek.

Moment adalah Kunci dari Fotografi Sport
Moment adalah Kunci dari Fotografi Sport

Bukan hanya itu saja, seorang fotografer sport juga harus mengetahui permainan olahraga yang akan dipotret. Dengan begitu, fotografer dapat memperkirakan kapan momen yang tepat terjadi dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga bahwa berhasil atau tidaknya sebuah foto dalam sport fotografi bukan hanya ditentukan oleh penggunaan peralatan kamera atau lensa yang canggih saja, namun yang menentukan adalah skill atau kemampuan yang dimiliki oleh fotografer dalam menguasai peralatan yang digunakannya. Kemampuan tersebut mulai dari penguasaan diri, mengamati, menentukan, sampai dengan memperkirakan terjadinya momen berharga dalam suatu pertandingan.

Itulah ulasan singkat tentang yang dimaksud dengan sport fotografi. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang sport fotografi.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *