Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Pengertian dari Pixel – Picture Element

1 min read

Pengertian Picture Elemen yang keren dari

Matamu.Net – Picture Element atau lebih sering disingkat dengan sebutan Piksel adalah bagian terkceil dari penyusun sebuah gambar. Karena bentuknya berasal dari ruang dimenis, bentuk dari Piksel adalah persegi.

Sebuah gambar yang sederhana mungkin saja terdiri dari sedikit piksel, sebut saja seperti logo atau ikon, namun semakin halus dan detail dari sebuah gambar maka semakin banyak piksel yang digunakan.

Pengertian Picture Elemen Pixel pada Bunga
Picture element – Pixel di Foto Bunga

Foto Bunga yang ada di atas adalah foto yang dimabil menggunakan kamera Sony Alfa 3000 dengan resolusi 24 MP. Jika gambar tersebut dibesarkan sampai 100 % maka layar tidak cukup luas untuk menampilkan kondisi real pixelnya.

Selanjutnya jika diperbesar lagi sampai ke 10000 % kama ukuran setiap titik yang menyusun gambar akan terlihat. Bentuk Pixel yang menyusun Bunga diatas tetaplah standar yakni berbentuk kotak dan berisi warna.

Resolusi Gambar

Resolusi dari sebuah gambar digital dihitung berdasarkan jumlah pixel yang ada pada gambar. Yakni dengan menghitung ukuran luas dari total keseluruhan pixel yang ada atau Dimensi Width x Height.

Baca Juga : Perbedaan Resolusi Gambar dan Pixel

Pengertian dan cara menghitung megapixel
Proses Perhitungan Resolusi Gambar

Foto dengan Dimensi 1600 px x 1200 px = 1920000 px atau 1,91 MP agar lebih mudah dibulatkan menjadi 2 MP. MP adalah singkatan dari Mega Pixel atau Juta Pixel, Secara harfiah Gambar 2 MP adalah gambar yang memiliki 2 Juta titi pixel yang menyusun gambarnya.

Resolusi gambar akan mempengaruhi seberapa besar ukuran file oleh karena cara yang paling mudah mengkompres gambar adalah dengan mengurangi ukuran filenya.

Semakin besar Mega Pixel semakin bagus pula kualitas dari Gambar?
Jika kedalaman warna dari dua foto tersebut sama maka bisa dipastikan maka gamabr 2 MP tentu saja lebih ringan dibandingkan dnegan gambar 8 MP, namun dalam dunia gamabr digital, Pixel masih menyimpan banyak informasi selain satu warna.

Sebut saja Warna Merah. Sebuah gambar berwarna merah diberi nama 1 Bit yakni hanya bisa menampilkan merah atau tidak sama sekali, namun jika warna merah ini dibagi ke dalam beberapa warna seperti merah terang, merah, merah gelap, ini disebut 3 Bit, namun sangat pada umumnya gambar paling sederhana menunjukkan 8 Bit warna dari gelap sampai terang.

Bit dalam kasus ini bisa disebut sebagai kedalaman warna. Misalnya layar dengan 8 Bit, hal tersebut artinya setiap warna yang muncul dalam satu pixel bis aterbagi ke 8 gradasi warna. Tentu saja semakin dalam warnanya akan semakin besar ukuran filenya. Hal ini tergantung lagi dari jenis data gambar dan juga ke dalaman warna.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *