Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Kompres JPG – 3 Cara Memperkecil Ukuran File Foto Lebih Kecil dari 200 kb

2 min read

Cara sederhana mengecilkan Gambar dan Foto JPG

Matamu.NET – Di zaman serba online, hampir semua aktifitas offline digeser dengan kehadiran teknologi, salah satunya adalah penggunaan Pas Foto yang bergeser dari cetak ke File.

Hanya saja foto dengan format JPEG dan JPG yang didapatkan melalui kamera porfesional atau Handphone masih cukup besar yakni sekita 2 MB – 30 MB padahal biasanya banyak formulir online yang  membatasi ukuran kurang dari 200 Kb.Daftar Isi

Mau tidak mau, foto digital tersebut harus di kompres terlebih dahulu agar bisa dikirim. Namun harus-harus tetap hati-hati dal;am mengurangi ukuran data tersebut karena penurunan ukuran berarti penurunan kualitas gambar.

Jadi hal yang kamu harus pastikan adalah teknik menurunkan ukuran gambar tersebut tidak merusak foto kamu. Dengan kata lain, kualitas gambar kamu relatif sama baik untuk ukuran foto besar maupun kecil.

Sebagai contoh saya mengambil salah satu foto portrait dari Pexel berikut ini

Berikut ini keterangan gambar original dari foto yang saya download di Pexel. Filenya cukup besar yakni sampai 4,6 MB dengan ukuran 35 Mega Pixel dan 72 DPI

Cara mengecek ukuran file foto di MAC book

Nah berikut ini cara mengecilkan file foto kamu dengan mudah.

1. Power Point

Microsoft power point adalah satu aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk mengelola slide dan juga gambar. Jika kita melihat secara seksama, aplikasi ini punya fasilitas Export Slide yang bertujuan untuk mengubah file tipe penyimpanan file ke bentuk lain selain .ppt.

Salah satunya jenis filenya adalah JPG dan JPEG. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan untuk Menyimpan Gambar kamu 1. Buka aplikasi power point lalu pilih menu Design untuk mengubah dimensi slide.

cara mengubah ukuran slide di power point

  2. Pilih menu slide size yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Page Setup untuk untuk mengubah ukuran slide sesuai keinginan.

Cara mudah Mengubah Dimensi Slide di Page Setup di Power Poin

3. Rubah ukuran slide dengan dimensi yang sesaui dengan perbandingan yang diinginkan. Misalnya untuk foto 2 x 3 bisa menggunkan perbandingan 8 cm x 12 cm sedangkan ukuran foto 3 x 4 bisa menggunakan 9 cm x 12 cm

cara mengubah ukuran foto menggunakan Layanan Page set up di Power Point

4. Setelah mengubah dimensi, maka akan muncul layar kerja sebagai seperti gambar berikut. Copy Paste gambar yang ingin dikecilkan ukurannya.

Lembar kerja untuk mengecilkan ukuran foto di Power Poin

5. Select foto dengan cara mengkiliknya sampai muncul menu bar tambahan Picture Format, lalu pilih Menu Compress Picture.

Cara menurunkan ukuran foto di Power Point dengan menu Compress Pictures

  6. Setelah memilih menu tersebut akan muncul ukuran resolusi foto yang dibutuhkan. Dalam menu ini ada beberapa pilihan dimana semakin besar PPI (Pixel per Inchi). Namun untuk keperluan data online PPI On-Screen 150 PPI sudah cukup. Tekan Oke setelah memilih jenis compress yang dinginkan.  

Cara mudah mengecilkan ukuran foto dan gambar di Power Poin

7. Sekarnag gambar sudah berukuran kecil, sisanya adalah menyimpan gambar ini dengan menu Export untuk menyimpan ke bentuk JPEG sedangkan menu Save As akan menyimpannya ke bentuk .ppt

Cara mudah mengubah jenis file di Power Poin dengan power Point

  8. Ubah Bentuk format file ke file JPG dan jangan lupa berikan nama file. 

cara mengecilkan ukuran gambar JPG di Power Point

  9. Setelah itu silahkan rubah ukuran foto yang diinginkan, kalian cukup mengubah salah satunya saja yakni Width atai Heingthnya yang lain akan mengikuti dimensinya sesuai dengan format awal. Setelah tekan export.  

Cara mudah mengubah ukuran Foto JPG menjadi lebih kecil

  10. Hasil foto yang didapatkan

Hasil mengubuah ukruan menjadi lebih kecil dengan power Point

11. Detail Foto yang telah di kecilkan.

cara mengecilkan foto dengan menggunakan Power Poin

2. Micosoft Word

Mungkin kita hanya kurang Explore, karena Microsoft Word sekalipun sangat mudah digunakan untuk mengecilkan ukuran foto bertipe JPG. Caranya hanya sebagai berikut.

1. Bukan Microsoft Word, lalu Copy Paste foto yang akan dikecilkan
2. Pilih foto sampai muncul menu Picture Format, lalu pilih Compress Picture

Cara mudah mengecilkan dengan menu Compress Pictire di Microsoft Word

  3. Pilih ukuran foto yang diinginkan dan untuk file foto yang comptable untuk layar, 150 PPI sudah cukup baik.

Mengecilkan ukuran foto dengan menggunakan MS word

4. Setelah itu ukuran gambar sudah otomatis sesai dengan kualitas yang dipilih, lalu klik kanan pada gambar lalu tekan Save as Picture.

Cara mudah menyimpan foto di Microsoft Word

5. Setelah muncul pop up menu, pilih format file yang di inginkan di menuSave as Type ke JPEG. Lalu tekan Save

Kompress file foto JPG dengan Microsoft Power Poin

6. Hasil foto yang telah di simpan

cewek cantik dan manis imut

7. Detail hasil foto JPG yang telah di kompres dengan microsoft Power Point

car amengcek Exift gambar

3. Photoshoop

Untuk Aplikasi yang satu sepertinay sudah jelas mampu membantu kamu untuk mengecilkan ukuran file JPG sesuai dengan keinginanmu. Hasil yang diberikanpun sangat beragam sesaui dengan kebutuhan yang diinginkan karena fasilitas toolsnya yang lengkap.

1. Bukan file foto yang akan dikecilkan di Photoshop lalu cari menu  Image >> Image Size. Bisa juga dnegan menekan Shift + Command + I untuk Mac dan Alt + Ctrl + I di Windows

Cara Kompress foto dengan menggunakan Photoshoop

2. Setelah akan muncul Pop UP mengenaia ukuran foto, Kamu cukup mengubah sakah satunya yakni Width atau Heigthnya sahja, karena idemnasi lain akan mengikuti perbanidngan foto awal. Setelah tekan oke

cara mengecilkan kompress file foto JPG di Photoshoop

3. Setelah Save as foto yang dihasilkan ke JPEG atau JPG. Selesai.
4. Hasil foto yang telah di kompresss ukurannya dengan Photoshoop

senyum indah cewek manis dan seksi

5. Detil dari ukuran file yang dihasilkan dengan Photoshoop

exift foto yang dikecilkan dengan photoshoop

Akhir Kata
Sebagai perbadingan hasil mengecilkan ukuran gambar dengan file bertipe JPG dan JPEG, berikut summary disajikan dalam table di bawah.

ApplikasiUkuran AwalUkuran AkhirPersenteasi
Power Point4,6 Mb72 Kb1,5 %
Microsoft Word4,6 Mb58 Kb1,2 %
Pohotoshoop4,6 Mb596 Kb12,9 %

Sebagai kesimpulan, meskipun photoshoop masih menghasilkan ukuran yang lebih besar dari 200 kB sebenarnya ukuran masih bisa diperkecil lagi tapi dinatar semua hasilnya. Photoshop memiliki hasil yang sama sekali tidak mengurangi kualitas gambar dibadingkan dengan dua paliaksi di atas.

Yah memang sih Microsoft tidak membuat software mereka untuk editing khusus foto, namun kamu tentu saja harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menggunakan Photoshoop yang harganya 430 ribu rupiah satu bulan.

Harga memang menentukan kualitas, Demikian artikel terimak kasih sudah berkunjung dan silahkan Share jika dianggap bermanfaat.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *