Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Pengertian Pixel, Resolusi, DPI dan PPI Dalam menentukan Kualitas Foto

2 min read

Pengertian Pixel dan Resolusi Pada Foto digital

Matamu.Net – Jika ditanya tentang bagaimana cara menentukan kualitas dan ketajaman dari sebuah gambar digital? Tentu saja pertanyaan akan sedikit lebih mudah dijelaskan dengan menggunakan bantuan pengertian dari Pixel, Resolusi, DPI dan PPI.

Pada umumnya, semakin besar dari nilai dari 4 faktor tersebut makan semakin bagus pula kualitas dari sebuah gambar. Misalnya saja gambar 4 MP tentu saja lebih baik dari gambar 2 MP. Hanya saja kualiats foto tidak bisa dinilai sesederhana hal tersebut.

Misalnya saja seorang teman yang pernah bertanya kepada saya tenang “kok bisa sih foto dari Kamera DSLR dengan resolusi 16 MP jauh lebih tajam dibandingkan dengan hasil foto dari Kamera Handphone yang 48 MP?”

Kadang sangat sulit untuk menjawab ini dengan bahasa sederhana, karena kebanyakan awam bakalan sulit membedakan kulitas dari Foto kecali ukuran Mega Pixel saja. Sebagai pengantar yang baik berikut ini mungkin pengertian dari 4 Faktor penentu kualitas primer dari sebuah gambar.

1. Pengertian Pixel

Pixel berasal adalah akronim dari Picture Elemen atau bagian terkecil yang menyusun gambar. Dalam data digital, elemen ini berbentuk persegi dan mengandung satu warna. Jadi satu pixel adalah satu kotak yang berisi warna, seperti Biru, Merah, Hijau, dan lain-lain. Dalam hal ini sampai putih juga bisa.

Dalam kata lain Pixel merupakan Dimensi terkecil dari sebuah gambar atau foto digital. Pixel ini kemudian tersusun sedemikian rupa hingga akhirnya menjadi gambar yang dipahami. Seperti gambar di hati di bawah ini.

Pengertian gambar hati di Pixel

Gambar hati bisa di mulai dengan beberapa elemen gambar merah yang dusuun hingga mebentuk hati, namun jika satu warna saja, gambar hati akan terlihat flat atau datar-datar. Maka dibuat ilutrasi bayangan dengan cara mengganti elemen hati bagian bawah dengan warna merah yang gelap (Sturasi Kurang).

Semakin banyak pixel yang digunakan untuk membentuk sebuah gambar semakin deatil pula gambar.

2. Resolusi

Seperti penjelasan tentang pixel, kita dapat menarik kesimpulan jika semakin banyak dot yang digunakan untuk membuat sebuah gambar maka semakin detail pula kemungkinan gambar yang dihasilkan.

Seluruh Pixel yang ada pada sebuah foto akan terdistribusi di bidang dua dimensi yakni Width (Horisontal) dan High (Vertikal). Hasil perkalian antara panjang  x lebar ini disebut sebagai resolusi.

Pengertian dari Pixel dan resolusi gambar di layar foto

Jadi kamera dengan resolusi 2 MP itu berarti mampu menghasilkan gambar 1600px x 1200px = 1.920.000 px atau setara dengan 1,92 MP ya 2 Mega Pixel lah. Demikian pula dengan 2570px x 3861px = 9.922.700 atau 10 MP.

Semakin besar resolusi dari sebuah gambar semakin baik pula kualitas yang disajikan ketika gambar tersebut di zoom in. Nmaun hal tersebut bukanlah jaminan, tergantung lagi dari proses perekeman dan pembuatan gambar. Begitupun sebaliknya, meng-kompres JGP beresolusi besar tetap membuat gambar jauh lebih bagus dengan file JGP kecil.

Sebagai contoh Gambar dengan ukuran kecil yang di resize menjadi lebih besar tidak meningkatkan kualitas foto, sebaliknya meskipun ukuran pixel-nya lebih besar.

Resize gamabr jadi lebih besar bisa menurunkan kualitas gambar

3. PPI

PPI adalah singkatan dari Pixel per Inchi atau jumlah titik terkecil penghasil warna pada layar setiap satu inci. Satuan ini digunakan untuk menjelaskan ketajaman gambar secara fisik dari sebuah layar device atau monitor.

Tujuannya tentu saja agar layar bisa menampilkan kualitas maksimal dari gambar atau foto dengan resolusi besar. Semakin kecil ukuran pixelnya (angka PPI besar) makan semakin besar resolusi layarnya. S

Sebagai ilustrasi tentang DPI, ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Penjelasan dari PPI dan kualitas Gambar

Gambar dengan resolusi besar masih tetap bis adijalankan di layar dan monitor berPPI kecil jika software GPU memungkinkan untuk menampilkan gambar tersebut, namun tentu saja hasilnya tidaklah maksimal.

Kendati demikian PPI bukanlah satu-satunya kualitas layar menampilkan gambar, ada juga color range (Saturation) dan brightness dari setiap dot tersebut.

4. DPI

DPI adalah singkatan dari Dot per Inchi. Konsepnya hampir mirip dengan PPI, sama-sama menunjukkan kualitas fisik dari sebuah foto namun DPI menunjukkan kemampuan sebuah printer mencetak gambar dengan resolusi paling detail.

Sebagai contoh misalnya Printer dengan tulisan 300 DPI itu berarti jarung dari printer ini bisa membuat 300 titik dalam satu inci.

Jika kita mencetak gambar 72 PPI di printer 300 DPI maka hasil yang terlihat sama persis dengan apa yang dilihat di layar, namun jika mencetak gambar 350 PPI di printer 300 PPI, maka gambar cetak akan di downgrade oleh system dan terkadang downgradenya tidak sesuai dengan harapan oleh karena kebanyakan desainer profesional akan menyamakan settingan gambar dan kemampuan printer tempat mereka mencetak.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *