Mengapa Mining Bitcoin Membutuhkan Banyak VGA?

57 sec read

Menambang Bitcoin dengan VGA Card jauh lebih efisien

Matamu.NET – Semenjak aktifitas penambangan Bitcoin semakin meningkat, keberadaan VGA dipasaran semakin sulit ditemukan. Meskipun tidak semua jenis VGA, namun kebanyakan VGA premium langsung ludes begitu di lepas ke pasaran.

Aksi borong VGA ini dilakukan oleh para Miner atau penambang Bitcoin yang membutuhkan banyak VGA saat menambang BITCOIN.

Lantas mengapa para Miner merakit komputer dengan banyak VGA?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita cari tahu fakta mengenai akitiftas penambangan Bitcoin.

  1. VGA tidak begitu efisien digunakan untuk menambang Bitcoin lagi saat ini. Kebanyakan VGA digunakan untuk menambang Cryptocurrency lain seperti ethereum dan lain-lain
  2. Menambang Cryptocurrency dengan CPU juga masih memungkinan untuk dilakukan apalagi jika kalian bekerja dalam tim, hanya saja jenis uang digital yang ditambang terbatas seperti Monero Digital Currecy
  3. Menambang Bitcoin jauh lebih efisien dengan processor penambang spesifik seperti ASIC Miner atau Application Specific Integrated Circuit, terutama untuk Bitcoin yang pakai Algoritma Hash SHA-256.

Sehingga mari kita sedikit meluruskan pertanyaan ini.

Mengapa minning cryptocurrency (tidak hanya Bitcoin) membutuhkan banyak VGA?

Jawaban sederhananya ada tiga alasan yakni :

  1. Arsitektur VGA lebih sesuai dengan Algoritma beberapa sistem Cryptocoin, sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan Puzzle tambang.
  2. VGA memiliki thread (bagian yang analog dengan Core pada CPU) yang banyak dimana semakin banyak Thread semakin banyak puzzle yang bisa diselesaikan secara bersamaan. Jumlah Thread pada VGA jauh lebih banyak dibandingkan dengan CPU, sehingga VGA lebih efektif.
  3. VGA lebih mudah ditemukan di pasaran dibandingkan dengan ASIC yang harus pesan khusus. Selain itu VGA juga lebih ramah daya listrik dibandingkan dengan mennggunakan CPU dengan Core yang lebih banyak.
  4. Turorial membuat PC Miner buat awam lebih banyak menyediakan seeting VGA dibandingkan dengan yang lain. Jadilah VGA semakin susah ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *