Apa Perbedaan VGA dan GPU?

57 sec read

Posisi GPU di VGA

Matamu.Net – Sering kali kita dibingungkan dengan dua istilah yang tampak sama namun berbeda yakni VGA dan GPU. Kedua hal ini bisa dikatakan serupa tapi tak sama dalam sisi peran, untuk lebih jelasnya berikut ini perbedaan antara VGA dan GPU ?

GPU – GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit atau sebuah unit yang bertugas mengelola gambar baik dua dimensi atau 3 dimensi. GPU ini adalah otak dari VGA dimana setiap VGA selalu ada GPU-nya namun terkadang mother board yang tidak dilengkapi dengan slot VGA akan menggunakan onboard GPU.

Lebih mudahnya GPU merupakan Otak dari dari VGA, atau bisa juga dianalogikan jika CPU di Motherboard maka GPU di VGA.

VGA – VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array tempat dimana GPU melekat.

VGA banyak diproduksi dalam bentuk papan/Kartu/Board yang ditancapkan ke motherboard sehingga istilah lebih dengan sebagai VGA Card. VGA Card memiliki slot output yang dapat dihubungkan dengan Display yang terdiri dari beberapa tipe seperti DVI, VGA 8 channel dan HDMI.   

FAQ yang terkait dengan VGA dan GPU

Apa itu VRAM?

VRAM adalah Virtual RAM atau tempat penyimpanan sementara file-file yang bertanggung jawab atas data-data display. VRAM pada umumnya melekat pada VGA Card.  

Apakah VGA ATI Radeon lebih cepat daripada VGA NVidia GeForce?

Pertanyaan ini sulit dijawab karena terlalu umum, misalnya manakah lebih cepat antara Toyota dan Honda? Tentu saja kembali lagi ke tipe VGA dan kapasitas dan kecepatan masing-masing. Hanya sangat disarankan jika VGA ATI Radeon dipasangkan dengan Prosesor AMD sedangkan VGA NVidia dipasangkan dengan Intel.

Apakah VGA 2 GB lebih baik dari VGA 3 GB?

Belum tentu, kecepatan sebuah VGA ditentukan dari banyak hal, yakni VRAM dan Frekuensi GPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *