Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Foto Apa yang Paling Laku Di Shutterstock dan Apakah Fotografer Pemula Punya Kesempatan?

2 min read

Matamu.Net – Menjual foto melalui websiter microstocker seperti Shutterstock memang gampang-gampang susah. Mudahnya karena fotografer tidak perlu pusing mengenai kualitas foto mereka karena ada kurator yang akan menilai dan tidak ada batasan dalam menyetor foto.

Foto-foto yang dijual puln bisa berasal dari berbagai device/kamera baik dari kamera DSLR, Mirorless sampai dengan kamera Handphone sekalipun bisa laku asal memenuhi syarat ukuran terpendek 2000 px atau minimal 4 mega pixel.

Namun sulitnya adalah banyak saingan. Mudahnya mengupload foto di shutterstock membuat banyak fotografer mulai dari kelas pemula sampai profesional di seluruh dunia ikut mengambil bagian. Hasilnya ada banyak karya yang akan terkumpul disana.

Tentu saja peralatan dan kamera yang baik akan menghasilkan foto yang lebih berkualitas juga dong, namun apakah fotografer pemula atau bahkan bukan fotografer punya peluang mendulang dollar di Shutterstock?

Jawabannya tentu saja ada. Bahkan besar. Namun sebelum membahas peluang fotografer pemula memiliki pasar di Shutterstock, mari kita mencoba menjawab foto yang paling laris di Shutterstock.

Foto Yang Paling Laris di Shutterstock.

Pertanyaan ini sebenarnya tidak bisa dijawab tanpa ada data langsung dari Shutterstock, karena hanya situs merekalah yang mampu menjawabnya, namun data ini tidak pernah dipublikasikan oleh Shutterstock.

Namun kita bisa membaca trend pencaraian foto ini dari blog resmi shutterstock, pasalnya mereka juga punya keinginan yang sama dengan contributor, yakni menjual banyak foto, namun untuk menjaga diversity dari foto yang tersedia, mereka hanya memberikan informasi samar-samar tentang foto yang paling laris di ShutterStock.

Informasi pertama adalah postingan mengenai seller/Artist tentang event yaang akan berlangsung ke depan. Beberapa judul yang blog yang terbit di shutterstick berkaitan dengan event atau peringatan yang akan terjadi beberapa minggu kemudian.

Sebut saja jika bulan adalah hari buruh (Labour Day), maka shutterstock akan menerbitkan beberapa tentang strategi membuat foto atau ilustrasi tentang peringatan hari buruh. Hal ini sebenarnay lumrah dilakukan karena biasanya banyak perusahaan dan jasa yang akan membuat desain yang berkaitan dengan hari buruh.

Shutterstock tentu saja mengincar pasar tersebut dan berharap contributor mereka mampu menghasilkan foto yang bagus dan menarik banyak pembeli di foto-foto mereka, namun hal ini bukan berarti jaminan untuk membuat foto yang laku keras di shutterstock.

Salah satu contributor Shutterstock sejak tahun 2015 yakni Alex Rotenberg, membuat postingan mengenai foto-foto miliknya yang paling laris di shutterstock itu hanya bertema tentang pariwisata dan demonstrasi. Seperti foto di bawah ini :

Foto Refuges dan Demonstrasi jadi foto paling laris di Shutterstock

Dalam tulisan yang di post oleh Alexandre Rotenberg, foto berjenis Editorial ini sudah laku sebanyak 523 kali. Analisi pribadi saya tentang foto ini sebenarnya sederhana seperti unsur-unsur berikut ini :

  1. Foto tersebut adalah foto momen dimana fotografer hanya bisa mengambil saat berada di Budapest di tengah para para pencari suaka.
  2. Isu pencari suaka sangat viral di tahun 2015 terlebih setelah invasi ISIS di negara-negara timur membuat banyak orang tergerak untuk membahsa isu tersebut.
Pendapat ini juga diperkuat dengan tema-tema postingan blog di Shutterstock yang membahas tentang cara membuat krrya bertema protes dan demonstrasi.
Foto yang paling banyak laku di Shutterstock

Foto-foto ini memberikan guidance tentang membuat karya bertema protest yang baik. Tujuannya tentu saja satu, setelah membaca Shutterstock berharap contributor mereka bisa memenuhi permintaan pasar tentang foto-foto berkaitan.

Selain foto bertema protest, Alexander Rottenberg juga menjelaskan jika foto-foto bertema wisata dan cityscape. Hanya saja saingannya sangat banyak. Menurut salah satu kontributor Frederiz Cerez, menyatakan jika foto tentang New York, Paris dan London paling banyak dicari, namun paling banyak tersedia juga.

Hasil penelurusan Cerez menemukan ada sekitar 1 juta foto dengan keyword tersebut di Shutterstock, jadi foto akan berada di lautan foto orang lain, tentu saja peluang terbelinya kecil.

Foto yang paling banyak laku di Shutterstock

Foto di atas adalah foto cityscape dari kota Rotterdam di Belanda. Alenxander menjelaskan jika foto di atas sudah sebanyak 143 kali donwload.

Apakah Fotografer Amatir Indonesia Berpeluang?

Sebagaimana jawaban saya diatas, saya yakin sangat berpeluang untuk ikut mengambil bagian dari penjualan foto secara global. Kita hanay butuh sedikit kreativitas saja dan seperti kata Jack Ma, jika kita adalah buaya, berjayalah di Sungai jangan di laut karena disana ada Hiu yang sudah lebih kuat.

Maksudnya adalah jika skill foto produk kita tidak cukup mumpuni, lupakan saja dulu foto produk, mungkin kita bisa menjual momen yang tidak bisa ditemukan oleh orang luar negeri. Misalnya saja memanfaatkan iklim tropis kita.

Indonesia memiliki banyak flora dan fauna yang sulit ditemukan oleh orang luar negeri, maka maksimalkanlah peluang tersebut. Seperti foto saya dibawah ini.

Foto keren di tentnag Rumpur yang laris di Microstock

Yah tentu saja sangat sulit menemukan rumput seperti diatas di negara beriklim dingin di Eropa, dan bakalan lebih hemat bagi orang Eropa membeli foto tersebut di Shutterstock dibandingkan dengan harus datang sendiri ke Indonesia.

Berdasarkan hasil salah satu situs Microstoker, ada banyak hal yang dicari tentang Indonesia namun penyedia kurangnya seperti kata kunci berikut ini.

Foto keren di Shutterstock banyak dicari

Nah!!! Betulkan? ternyata sederhana juga permintaan mereka. Bahkan foto Gado-gado pun banyak dicari, munkin saja untuk kebutuhan promosi pariwisata di sana. Idenya tentu saja hanya memaksimalkan kearifan lokal yang oranmg laur tidak bisa dapatkan dengan mudah.

Gimana? sudah punya ide untuk memotret hari ini untuk di stor di Microstock?

Nah buat kalian yang masih bingung cara menjual foto di shutterstok, mungkin artikel ini akan membantu : Cara menjual foto di Shuttertstock.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *