5 Cara Sederhana dalam Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

1 min read

Gambar animasi membersihkan laptop

Matamu.NET – Sebagai pengguna perangkat laptop, selain mengetahui cara menggunakannya kita juga sangat perlu mengetahui bagaimana cara untuk merawat perangkat tersebut agar dapat awet sampai bertahun-tahun.

Jika ingin membandingnnya, merawat laptop tidaklah sulit ketimbang komputer, hal ini karena komputer memiliki komponen yang terpisah sedangkan komponen laptop semua terancang menjadi satu (all in one).

Namun hal inilah yang menyebabkan laptop menjadi lebih sensitif rusak ketimbang komputer. Sehingga rutin dalam merawatnya menjadi salah satu cara untuk menghindari kerusakan tersebut.

Ingat ya kawan, merawatnya dari awal lebih baik dari pada harus menunggu sampai rusak dahulu.

Oleh karena itu kali ini Matamu.NET akan membagi tips-tips dalam merawat laptop.

Baca juga 5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Tahan Lama dan Tidak Mudah Drop

1. Rutin Membersihkan Laptop dari Kotoran

Cara membersihkan layar laptop dengan benar menggunakan kain mikrofiber dan alkohol

Ini merupakan salah satu hal yang sangat sederhana namun sangat memberi dampak bagi umur laptop. Berikut beberapa langkah dalam membersihkan laptop

  • Sebelum membersihkan laptop, pastikan laptop dalam keadaan mati.
  • Gunakan kain mikrofiber kering dan bersihkan laptop dari kotoran debu, noda, dan sidik jari secara perlahan.
  • Bersihkan kotoran tersebut dengan gerakan kanan ke kiri. Dan jangan di tekan terutama pada bagian layar.
  • Jika masih terdapat kotoran, maka basahi kain mikrofiber dengan air campuran alkohol. Dan gosokkan secara perlahan. Usahakan jangan sampai ada cairan yang masuk ke lubang port yang terbuka.
  • Setelah itu, gunakan kain mikrofiber baru untuk mengeringkan.
  • Setelah laptop sudah benar-benar bersih dan kering. Maka laptop sudah dapat dihidupkan kembali

2. Selalu memperhatikan suhu laptop

Ketika sedang menggunakan laptop, usahakan untuk tetap memperhatikan suhu baik suhu ruangan tempat kita bekerja ataupun suhu dari laptop itu sendiri. Sebab suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen laptop.

Menggunakan pendingin laptop atau cooling pad menjadi salah satu solusi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh laptop.

3. Letakkan laptop di Permukaan datar

Meletakkan laptop di permukaan datar saat digunakan mampu menghindari kerusakan fatal pada perangkat keras laptop. Saat laptop menyala maka piringan pada harddisk akan dalam kondisi berputar, sehingga meletakkannya di permukaan tidak rata atau miring berpotensi membuat head harddisk menggores piringan tersebut. Dan tentunya akan menyebabkan harddisk kita rusak.

Selain itu meletakkan laptop pada permukaan yang tidak rata seperti kasur dapat menyebabkan sirkulasi udara laptop terhalang. Dan hal ini dapat menyebabkan suhu laptop menjadi panas.

4. Menjaga kondisi baterai laptop

Baterai juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan sangat mudah rusak. Tidak bisa dibayangkan ketika baterai laptop kita rusak, maka salah satu kelebihan laptop yakni portable telah hilang. Dan laptop kita tidak jauh beda dengan komputer yang bergantung pada aliran listrik.

Oleh karena itu, ketika sedang menggunakan laptop usahakan tidak menggunakannya sampai baterainya habis atau berada pada posisi 0%. Maka sebelum baterainya habis disarankan untuk langsung mengisi baterainya.

5. Jangan letakkan barang berat di atas laptop

Sangat di sarankan untuk menghilangkan kebiasaan meletakkan barang berat seperti buku di atas laptop.

Sangat di sarankan untuk menghilangkan kebiasaan meletakkan barang berat seperti buku di atas laptop. Sebab hal ini berpotensi membuat layar laptop rusak. Meskipun tidak langsung rusak, namun jika kebiasaan ini terulang terus menerus maka kita akan melihan kerusakan pada layar laptop kita secara perlahan.

Kerusakan yang dimaksud seperti garis-garis pada laptop, dan titik hitam. Yang semakin lama akan semakin parah.

Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.