5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Tahan Lama dan Tidak Mudah Drop

2 min read

Cara merawat dan menjaga BAterai Laptop

Matamu.NET – Laptop adalah perangkat komputer jingjing yang mengusung prinsip Portable sehingga bisa dibawa dan digunakan dimana-mana. Salah satu perbedaan yang mendasar dengan Personal PC adalah sumber daya berbentuk Baterai yang membuat Laptop bisa di bawha dnegan nyaman di ruang kelas.

Namun kalau harus di colok mulu arena Baterainya Drop, itu namanya PC mini, karena sudah berbeda dengan konsep Laptop yang bisa digunakan dimana-mana.

Nah buat kalian yang baru saja membeli Laptop berikut ini beberapa tips dan cara menjaga Baterai Laptop tetap awat dan tidak mudah nge drop.

1. Gunakan Charger Original

Salah satu penyebab Daya Baterai Laptop cepat nge-drop itu disebabkan perbedaan daya masukan dengan spesifikasi dari Baterai Laptop. PAda umumnya Produsen Laptop sudah memastikan hal ini dengan membuat Adapater khusus Laptop mereka dan sudah melalui Quality Control.

Tapi hal ini berbeda dengan Charger Laptop imitasi alias KW, sekalipun hal tersebut KW super sebaiknya hindari deh, karena selain Baterainya yang cepat rusak, ada kemungkinan penyakit ini bakalan dibawha ke Mother Board terutama untuk IC power, Circuit yang mengatur daya masuk ke perangkat Laptop kamu.

2. Manfaat Fasiltas Run on AC

Run on AC itu maksudnya bukan dinyalain di atas AC, tapi Laptop berganti mode power yang tadinya DC dari Baterai namun ketika di Charge, Laptop langsung memanfaat arus AC dari Chargeran jadi tidak melalui Baterai lagi.

Tidak semua Produsen dan Merek Laptop sih yang punya layanan ini, namun sebaiknya jika kalian ingin membeli Laptop utaman yang ada layanan Run on AC-nya.

3. Cabut begitu Baterai 100 %

Beberapa perangkat charger terkadang tidak memiliki logic otomatis berhenti mencharger saat Baterai sudah penuh sehingga Arus akan terus menerus di masukkan ke dalam Baterai.

Hal ini bisa memicu kebocoran pada Baterai sehingga Baterai akan cepat nge-Drop.

4. Hindari Charger Sambil Hidup

Lah gimana kalau saya punya tugas atau lagi ada Deadline? Yup makanya tulisannya hindari, jika tiudka dalam kondisi Urgen sebaiknya silahkan Charger laptop kamu dalam kondisi mati.

Suhu panas dari Procecor juga bisa berdampak dengan kondisi fisik dari Baterai kamu. Kecuali kamu bisa memastikan jika kondisi ruangan di sekitar tetap dingin seperti di ruangan ber AC misalnya.

5. Hindari Baterai 0%

Charger Laptop kamu sebelum kondisi Baterinya 0% atau mati total. Kebiasaan ini bisa memabut usia dari Baterai Laptop kamu bakalan pendek.

Chargerlah ketika kondisi Baterai Laptop sudah berada diangak 10% sampai 15%

6. Perhatikan Suhu Charging

Pada saat kamu charging Laptop kamu dalam keadaan Hidup, kamu harus lebih peka dengan perubahan suhu yang terjadi pada Laptop kamu.

Untuk Prodak Apple yang body Laptopnya dibuat dari Alloy akan lebih memudahkan usernya sadar dengan perubahan Temperature pada perangkat mereka, namun pada perangkat Laptop minim kipas dan bahan plastik, hal ini jadi lebih sulit disadari.

Jadi pehatikan suhu Laptop pada saat kamu gunakan. Jika terlalu panas, atau sudah lebih panas dari biasanya matikanlah dan jika sempat gantilah Paste Termal Laptop kamu di tukang service, biayanya cuman 10 sampai 30 ribuan kok.

7. Kurangi Kinerja Baterai

Mengurangi kinerja Baterai juga bisa membantu usianya jadi lebih panjang. Beberapa cara mengurangi kinerja Baterai adalah :

  1. Hindari terlalu banyak Task yang berjalan – Misalnaya pada saat buka Bayak Tab di Browser, hal ini juga bisa berpengaruh pada konsumsi daya.
  2. Jangan set kecerhaan layar paling pada posisi paling cerah.
  3. Matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  4. Hindari penggunaan Anti Virus lebih dari satu.
  5. Kurangi Aplikasi Run on Star atau Star Up aplikasi.
  6. Update Browser jika serinng online
  7. Hindair mencharger HP atau menyalakan kipas pendingin dari USB Laptop.

Akhir Kata

Nah itu dia 6 tips buat menjaga dan merawat usia Baterai Laptop kamu jadi lebih awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *