Cara Membuat Surat Penangguhan Pembayaran Barang

1 min read

Contoh Surat Penangguhan Pembarang hutang barang perusahaan

Matamu.NET – Dalam proses perdagangan terkadang proses pembayaran tidak terjadi secara kontan tergantung dari perjanjian dagang namun pada umumnya proses pembayaran dilakukan dalam tempo waktu tertentu setelah barang sudah diterima.

Akan tetap ada kalanya proses pembayaran yang dilakukan dair pihak pedagang terkadang sulit dilakukan tepat waktu karena manajemen keuangan mungkin sedikit bermasalah atau ada kebutuhan perusahaan yang lian yang lebih urgent dilakukan dibanidngkna membayar barang yang sudah jatuh tempo.

Dalam kasus ini tidak ada salahnya anda / perusahaan anda meminta penangguhan pembayaran agar tidak terkena denda keterlambatan pembayaran atau paling tidak melakukan negosiasi ulang untuk proses pembayaran. Cara paling formal meminta penundaan pembayar melalui surat permohonan penangguhan pembayaran.

Adapun format contoh surat penangguhan pembayaran sebagai berikut :

  1. Kop Surat sesuai perusahaan
  2. Tanggal Pembuatan Surat
  3. Nomor Registrasi Surat Keluar
  4. Perihal
  5. Pihak yang ditujua
  6. Salam pembuka
  7. Badan surat
    1. Pembuka berisi perihal surat dibuat
    2. Alasan penangguhan
    3. Permohonan yang ingi disampikan misalnya tanggal pembayaran atau pembuatan perjanjian baru
  8. Tanda Tangan Penutup

Adapun conton suratnya sebagai berikut :

CV. Matamu Mandiri Utama Karya
Jl. Peganggsaan Raya No 20, Jakarta Barat Telp. 021-123456 email : mail@matamu.net
____________________________________________________________

Jakarta, 20 September 2021

No : 124 / BI / IX / 2021
Hal : Penangguhan Pembayaran
Lampiran : 2 Lembar

Kepada yth
Direktur PT. Cahaya Sinar Mandiri
Jl. Petamburan, No 23
Jakarta Selatan

Dengan Hormat,

Kami memberitahukan kepada PT. Cahaya Sinar Mandiri basa menurut catatan pembukuan kami, bahwa kami masih memiliki sisa hutang pembayaran sebesar Rp. 73.640.000 (Tujuh puluh tiga juta enam ratus empat puluh ribu rupiah) dengan faktur no. 112/DI/VII/2021 yang telah jatuh tempo pada tanggal 6 Oktober 2021 yang akan datang.

Sehubungan dengan adanya keterlambatan pembayaran dari penggunan jasa kami sehingga menyebakan kondisi keuangan di perusahaan kami, CV. Matamu Mandiri Utama Karya tidak memiliki saldo yang cukup untuk melakukan kegiatan usaha dan pembayaran utang secara bersamaan pada awal bulan Oktober 2021.

Berkenaan dengan permasalahan tersebut, mak kami memohon kerelaan Bapak / Ibu pimpinan PT. Cahaya Sinar Mandiri untuk menunda permbayaran faktur yang disebutkan di atas pada bulan berikutnya yakni November 2021.

Mudah-mudahan penundaan waktu pembayaran yang perusahaan bapak / ibu pimpin dapat kami manfaatkan semaksimal mungkin sehingga dapat membayar pembayaran tersebut sesuai dengan waktu yang kami janjikan.

Demikian surat permohonan penundaan pembayaran hutang ini kamu sampaikan. Atas perhiatan dan kerja sama, kamu ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur CV. Matamu Mandiri Utama Karya


Ahmad Dahlan SE, ME

Bentuk visualisasi dalam file Word mungkin seperti berikut :

Contoh surat Permohonan Penangguhan Pembayaran HUtang Perusahaan jual Beli

Untuk file Word bisa didapatkan disini :

Akhir Kata

NAh demikian cara pembuatan dan contoh surat penangguhan atau penundaan pemmbayara barang. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *