Belajar Fotografi – Yuk Ubah Hobi Memotret Kamu menjadi Sumber Uang Online

1 min read

Cara Mencari Uang dari Jasa Fotografi Keren

Matamu.NET – Punya Hobi Fotografi? Bersyukur lah, karena hobi Fotografi di era Industri 4.0 menjadi salah satu bagian yang sangat diuntungkan. Pasalnya potensi jualan jasa foto online semakin meningkat dan mudah. Sangkin mudahnya bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja.

Fotografer di Industri 4.0 tidak perlu lagi mengikuti pola-pola lama dimana kamu harus buat pameran foto yang biayanya lumayan besar. Cukup dengan membuka protofolio online, kamu dan karyamu bisa dengan mudah diketahui.

Nah buat kalian yang ingin memulai mengubah hobi memotret kamu menjadi sumber penghasilan online. Nah berikut ini ada beberapa langkah mudah yang mungkin bisa saja menjadi inspiriasi buat kalian.

1. Manfaatkan Media Sosial

Sosial media adalah salah satu tempat yang paling ampuh untuk mendapatkan feed back dari setiap karya kamu. Kuncinya adalah memiliki frined list yang memiliki hobi yang sama yakni fotografi. Manfaatnya, kamu akan mendapatkan feed back dari setiap karya yang kamu posting di sosial media.

Selain itu, Sosial Media juga bisa menjadi Pre-Galerry untuk portofolio kamu, jadi semacam tempat uji kelayakan foto kamu. Caranya sederhana, jika banyak komentar yang menyukai foto kamu, maka foto tersebut layak untuk tampil di Portofolio, namun jika terjadi sebaliknya maka ada baiknya untuk dipertimbangkan dua kali.

Hal yang paling penting, Sosial media bisa menjadi ruang protofolio secara gratis dan kamu tidak perlu mikir banyak mengenai server soalnya sudah diatur sama empunya sosial media.

Feed Instagram keren dengan karakter Foto low Contrast
Portofolio Foto di Instagram

Btw ada banyak fotografer profesional yang jualan jasa fotografi melalui dunia maya loh, terutama instagaram. Ini tergantung kamunya saja.

2. Membuat Web Portofolio

Mengapa harus website portofolio? Jawabannya karena dengan website kamu akan terlihat lebih serius dan profesional. Ketika menggunakan sosial media sebagai ruang porotofolio, kamu bakalan terbatas dalam hal mengaplikasikan ide ke tampilan karena dibatasi oleh templet dari masing-masing platfrom Sosmed, namun dengan website kamu bisa menambahkan banyak hal seperti kontak list yang lebih detail atau bahkan online transaction.

Selain itu, Web Site protofolio juga memberimu ruang untuk menyamaikan jenis jasa yang bisa kamu berikan di dunia fotografi, misalnya jasa Wedding, Food Photography, Freelancer, Editing dan sebaginya. Karena ini adalah website kamu, maka kontrolnya ada di tangan kamu.

3. Gabung di Microstock Photography

Microstock Photography adalah situs-situs yang menyediakan jasa jual beli foto yang bisa dilakukan di seluruh dunia. Fotografer bisa memajang karya mereka disana dan dibeli oleh orang lain jika mereka tertarik.

DIkatakan Microstcok karena ciri utamanya pelangan bisa membeli foto kamu dengan harga rendah misalnya 1 $ per download, namun sebagi gantinya mereka tidak memiliki lisensi foto tersebut alias kamu bisa menjual ulang foto kamu berulang-ulang.

Sat ini ada banyak situs microstok yang mudah untuk kamu coba. Adapaun list dari microstok yang recomende dari matamu.NET adalah :

  1. Shutterstock
  2. 123ref
  3. iStock
  4. Alami
  5. Getty Image

Selain dari di atas masih ada banyak namun belum pernah saya coba sendiri sih. Buat kalian yang mau gabung Shutterstcok berikut ini panduang Daftar Shutterstock.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *