5 Perbedaan CV dan Resume yang Harus Diketahui

1 min read

perbedaan cv dengan resume

Matamu.NET – Isitlah Curriculum Vitae (CV) dan resume sudah tidak asing lagi bagi para pelamar pekerjaan. Sebab keduanya merupakan dokumen yang paling penting dalam berkas pelamar kerja.

Akan tetapi masih banyak dari para pelamar baik fresh graduate bahkan yang sudah memiliki pengalam kerja masih beranggapan bahwa CV dengan resume adalah dua hal yang sama.

Nyatanya, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, meskipun memang keduanya sering terkait dalam hal melamar kerja. Oleh karena itu, kali ini Matamu.NET akan membahas apa saja perbedaan antara CV dan resume yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Seberapa Lama HRD Membaca CV Lamaran Kerja

Apa Saja Perbedaan CV dan Resume?

1. Pengertian

Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen penting yang berisi tentang riwayat hidup, yang berupa data diri, pengalaman, bakat, dan kemampuan yang bersifat ringkas.

Sedangkan, Resume adalah informasi penting mengenai data diri yang relevan dengan jenis pekerjaan yang diminati. Sebagai contoh, jika ingin melamar menjadi guru maka data yang di cantumkan adalah pengalaman mengajar, pengalaman menyusun instrumen, dll.

2. Penggunaan

CV berfungsi untuk para pemula yang belum memiliki pengalaman kerja, untuk para pelamar yang ingin melamar pekerjaan tertentu, dan di Indonesia, CV menjadi salah satu syarat bagi untuk seleksi kenaikan jabatan untuk PNS.

Resume berfungsi untuk para pelamar yang ingin melamar pekerjaan dengan posisi atau jabatan yang menuntut adanya sebuah pengalaman dan keterampilan yang tinggi, resume juga sering kali digunakan untuk jabatan level managerial.

3. Struktur isi

CV terdiri dari riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat prestasi, riwayat organisasi, hasil karya, dan hal yang dianggap berguna. Dalam struktur isi juga boleh menyertakan keterangan yang bersifat personal seperti hobi atau riwayat keluarga.

Resume terdiri dari riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dengan penekanan pada keahlian, keterampilan serta pengalam yang dimiliki.

Resume tidak menyertakan riwayat bersifat personal dan juga informasi disusun dengan lebih singkat, padat dan jelas.

4. Format

CV memiliki format yang tertulis secara kronologis mulai dari pertama masuk sekolah hingga tingkatan terakhir atau riwayat pekerjaan dari awal sampai akhir. Sedangkan Resume memiliki format yang tertulis secara kronologis dan juga fungsional.

5. Detail Informasi

CV memiliki cakupan informasi yang banyak namun tidak tersusun secara rinci dan mendalam, sedangkan Resume memiliki cakupan informasi yang tersaji dengan terbatas namun tersusun dengan sangat rinci dan mendalam.

Demikian informasi mengenai perbedaan CV dan resume, Semoga bermanfaat..

Baca Juga: Contoh CV untuk Staff Administrasi Kantor Kreatif dengan Link Download Power Point

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.