5 Cara Agar Website Kamu Sulit di Retas Hacker

1 min read

foto profil bjorka HD

Akhir-akhir ini kasus Hacker Bjorka telah menjadi perhatian utama masyarakat atas berhasilnya sang hacker ini dalam membobol berbagai data masyarakat, termasuk data para petinggi negara kita melalui situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Tentu masyarakat bertanya-tanya bagaimana cara seorang hacker seperti Bjorka dapat meretas situs milik Kominfo ini. Dan banyak juga pemilik-pemilik situs di internet yang takut akan menjadi korban dari para hacker dan bernasib sama seperti situs dari Kominfo ini, untuk itu kali ini Matamu.NET akan mengulas 5 cara agar situs kamu tidak dapat diretas oleh hacker. Yuk simak ulasannya!

1. Rutin Melakukan Backup Data

Biasanya ketika website kamu diretas, besar peluang akan data-data yang berada didalam website tersebut akan ikut menghilang juga. Sehingga rutin dalam melakukan backup data menjadi cara terbaik untuk mencegah kehilangan data tersebut.

Baca Juga Perbedaan HTML dengan HTML5

2. Menggunakan Firewall

Penggunaan aplikasi firewall menyediakan fitur yang berfungsi dalam memblokir serta menyaring spammer dan bot yang dianggap berbahaya bagi website hal ini karenakan firewall mampu membaca setiap bit data yang melewatinya.

3. Update Software

Sering melakukan update software dan tidak menundanya merupakan langkah terbaik dalam menghindari website agar tidak mudah diretas.

4. Menggunakan Hosting Terpercaya

Saat ini terdapat banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan jaminan website security dari para hacker, namun tidak semua penyedia layanan hosting terpercaya. Sehingga kamu perlu pandai dalam menggunakan penyedia layanan hosting yang ramah dengan dompet dan mampu melindungi website kamu dari para hacker.

Baca Juga Belajar Cyber Security Secara Otodidak untuk Pemula

5. Menggunakan Username dan Password yang Kuat

Dalam memilih username dan password usahakan menggunakan kombinasi yang mudah kamu ingat namun orang lain tidak mudah menebaknya. Dalam artian, hanya kamu sendiri yang mengetahuinya.

Sehingga sekarang ini di sarankan buat kamu untuk menggunakan username dan password dengan menggunakan kombinasi angka, huruf besar kecil, dan simbol secara acak.

Itulah 5 Cara Agar Website Kamu Sulit di Retas Hacker. Kami berharap semoga artikel ini dapat memberi manfaat dalam meningkatkan keamanan website kamu. Sampai jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.