Tag: Google Adsense

  • Suka Duka Menjadi Blogger

    Suka Duka Menjadi Blogger

    Setelah 8 tahun menjalani dunia Internet Marketing sebagai seorang Publisher Adsense khususnya Google Adsense, tentu saja ada banyak ada banyak suka duka menjadi seorang Blogger. Tulisan ini mungkin memiliki isi yang agak klise, namun saya sangat menyarankan anda membaca tulisan ini sebelum memutuskan menjadi seorang Blogger.

    Menjadi Blogger

    Agak susah juga menyebutnya sebagai Pekerjaan, namun kita pasti sama-sama memahami bahwa Blogger itu bisa terlihat seperti kegiatan membuang waktu seperti menghabiskan waktu di sosial media. Tapi buat yang serius, meskipun tidak bekerja 9 to 5, Blogger juga menjadi profesi utama seseorang dan bahkan sudah banyak contoh orang sukses.

    Pertama kali menjadi Blogger

    Perkenalkan saya Ahmad Dahlan, seorang Blogger Wanna be yang sudah mulai mengenal Blog sejak tahun 2009. Perkenalan dengan Blog bisa dibilang kebetulan karena pada waktu itu, informasi di dunia maya belum seramai saat ini.

    Saya sendiri mengenal blog setelah tidak sengaja menemukan buku waktu nongkrong di Gramedia dengan judul “Mendapatkan Dollar Dari Internet“. Kebayangkan Mahasiswa Jurusan Fisika, pada tahun mendapatkan buku dengan judul sakti seperti ini tentu saja akan membuat rasa penasaran dan gairah berburu dollarnya naik.

    Buku ini berisi panduan mendulang uang melalui program Google Adsense. Setelah membaca sekilas isi buku, sambil bawa kitab suci baru ini jadilah saya menjadi penunggu Internet. Mulailah saya membuat website saya menggunakan dua Platform yakni (1) Blogger dan (2) 50web.com.

    Satu minggu itu menjadi satu minggu saya berpacaran dengan dunia maya dan setelah pulang kuliah langsung saja ke Warnet dengan billing lumba-lumbanya. Kala itu warnet paling murah itu mematok harga 3.000 rupiah perjam dengan billing lumba-lumbanya.

    Berbekal informasi dari Buku dan setelah satu minggu menjadi penunggu warnet, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti. Satu minggu di warnet cuman bisa launching blogspot doang. Setelah itu gak ide, stak dan tidak tau buat apa.

    Ada banyak masalah yang saya temukan setelah satu minggu nongkrong mulai dari

    1. Tidak semua isi buku ini bisa dilakukan pada zaman itu, misalnya mencairkan kiriman uang dari Luar Negeri untuk pelaku usaha mikro.
    2. Beberapa isi di buku juga sudah tidak working
    3. Tidak ada teman berbagai jadinya tidak tau mau ngapain, help Need Assistance.

    Tidak ada dukungan ini bukan berarti ada yang menghalangi tapi sendirian di tengah informasi yang simpang siur di Internet dan tanpa ada dukungan komunitas, mencari uang di internet seperti tidak semudah yang saya bayangkan.

    Selain itu, pada masa tersebut itu memasukkan uang dari Luar ke Indonesia dalam jumlah kecil adalah hal yangs angat sulit. Dunia perbankan belum secanggih sekarang. Untuk membuat akun Paypal saja butuh waktu yang lama bahkan lebih lama dari Paypal membuat Perusahaannya sendiri.

    Namun kebiasaan ke Warnet itu tidak pernah berhenti, bahkan saya ada Kaskuser sejati sejak tahun 2009 dan akunya masih aktif hingga hari ini. Selain ngaskus, saya paling menghabiskan waktu main game di Facebook atau stalking orang-orang yang tidak saya kenal di Friendster.

    Kembali ke Mantan

    Seiring bertambah waktunya saya sudah lupa dengan target menghasilkan uang melalui internet sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk lanjut kuliah ke Jenjang S2 di kota Pelajar, Jogja, tahun 2014 silam. Secara tidak sengaja ketika seorang teman yang berasal dari daerah yang sama itu setiap malam datang ke kosan untuk numpang Wifi-an.

    Beberapa hari di kosan membuat saya penasaran dengan aktivitas yang ia lakukan malam sampai subuh di depan Laptop dan di teras yang banyak nyamuknya. Ternyata dia adalah seorang blogger dan bedanya, dia sudah berpenghasilan dari internet melalui platform blogspot.com.

    Seketika kenangan dengan mantanku yang sudah lama kutinggal sejak di Makassar kini kembali lagi. Tanpa perlu penjelasan panjang lebar saya langsung saja percaya bahwa benar Blogger memang bisa membuat seseorang berpenghasilan, hanya saja saya tidak tau caranya dan tidak ada orang yang bisa saya temui bahwa ia benar-benar memiliki penghasilan melalui blogger.

    Kali ini berbeda, dua pertanyaan terjawab sekaligus yakni:

    1. Cara mencarikan uangnya ada
    2. Orang yang mendapatkan uangnya juga ada.

    Dengan penuh semangat akhirnya saya pun mulai kembali ke Blog yang sempat mati suri ini. Blog tersebut kembali aktif dan tidak butuh berapa hari saja blog saya sudah memenuhi syarat untuk daftar Adsense. Kalau saya tidak salah ingat hanya butuh 2 hari.

    Saya ingat konten yang saya tuangkan adalah tugas-tugas saya sebagai mahasiswa pendidikan selama menempuh jenjang S1 di Makassar. Saya tuangkan ke Blog dan di hari 3 saya mendaftar. Bahkan syarat mendaftar yang ia jelaskan itu masih berlaku sampai sekarang.

    1. Daftar Google Adsense melalui Blog
    2. Daftar Google Adsense melalui WordPress

    Blogging sendirian vs Blogging bareng-bareng itu rasanya benar-benar beda. Apalagi pas ketemuan dengan komunitas blogger yang isinya orang-orang yang sangat senang berbagi. Hampir setiap malam ngumpul untuk berbagi hal-hal sederhana sampai hal yang sulit untuk dilakukan membuat aktivitas Blogging saya berbeda seperti yang saya rasakan 2009 lalu.

    Akun Google Adsense Pertama

    Setelah mengikuti tutorial di atas, saya termasuk orang yang beruntung mungkin ketemu dengan komunitas yang tepat. Pasalnya konon ada banyak orang yang sudah daftar Adsense namun termakan hasutan dan jasa daftar yang tidak jelas. Bahkan saya pernah ketemu senior di Makassar yang sudah main blog mulai tahun 2008, konsisten malah belum tidak lulus sampai tahun 2016. Barulah tahun berikutnya bisa membuat akun Google Adsense, itupun dengan tips yang ada di atas.

    Memang sakti tips tersebut!. Sangking sakitnya saya share ke teman-teman komunitas tahun 2022 masih Work. Gak perlu bayar ma kursus segala.

    Balik lagi, saya mendapatkan akun Google Adsense yang pertama setelah 2 hari memperbaiki blog dan mendaftarkannya. Tidak lama setelah review situs, mungkin 4 sampai 5 jam setelah daftar akun saya pun disetujui. Kala itu masih ada tipe Akun Hosted dan Non-Hosted. Akun Hosted itu disponsori oleh Blogger yang merupakan platform milik google dan Non-Hosted itu jika daftar dengan website ber TLD.

    Perbedaan detailnya

    HostedNon-Hosted
    Hanya bisa dipasang di BlogspotBisa dipasang di Blogspot dan Domain manapun
    Waktu Review Cepat (orde jam)Waktu Review Paling cepat 2 minggu
    Sharing Revenue bisa jadi 51 % atau 68 %Sharing Revenue pasti 68%
    Screenshot akun Google Adsense Pertama Saya
    Akun GA Pertama (2014)
    Akun Google
    Akun GA Peningkatan Status

    Akun Google Bukanlah Chicken Dinner

    Yah Bukan Chicken Dinner seperti ketika anda berhasil standing alive di PUBG aling terakhir. Akun GA hanya sebatas Akun GA.

    Saya lahir di dunia blogger pada tahun 2014, dimana pada masa itu ada akun GA adalah barang langka. Banyak orang yang berburu akun mulai dari kursus jutaan rupiah sampai-sampai berseliweran penjualan Akun Adsense.

    Saya sendiri pernah menjual akun Adsense Fresh dengan harga 500.000 rupiah untuk dashboard Indonesia pada tahun 2016 silam. Di tahun yang sama, akun GA dashboard USD tahun 2014 yang di atas pernah di tawari 15 juta rupiah. Hanya untuk satu akun.

    Perubahan TOS google bisa dibilang hampir setiap minggu dan kala itu belum ada TOS peninjauan Situs. Sekali seseorang mendapatkan akun, Iklan bisa dipasang di 500 website berbeda baik itu memenuhi syarat GA ataupun tidak.

    Tahun ini sudah tidak demikian, Google sudah lama memperbaharui aturannya di mana pemilik akun harus tetap meminta peninjauan agar bisa memasang kode iklan di website lain.

    Memang Akun GA itu sangatlah prestise di kalangan Blogger Indonesia. Yang tidak punya Akun GA, tetap berjuang mendapatkan receh dengan Publisher Adsense lain seperti Kliksaya, AdsenseCamp, MGID, Propeller dan sejenisnya.

    Yang kekeh dengan GA biasanya ada jasa Joint Venture, dimana orang yang punya Akun GA akan menawarkan kode iklannya ke Blogger yang belum punya, agar iklan bisa tayang di blog mereka. Jasa JV paling besar itu adalah suhu Sugeng.

    Kembali lagi ke topik Akun GA bukan Chicken Dinner?

    Mengapa demikian? Yah karena penghasilan seorang blogger ditentukan dari seberapa banyak pengunjungnya bukan seberapa banyak Akun Adsense Nya. Bahkan sebagaimana yang saya sebutkan di atas, 1 Akun GA itu sudah cukup untuk 500 situs loh.

    Cuan dari GA akan datang seiring dengan datangnya Pengunjung. Semakin banyak pengunjung yah semakin banyak uang. Perubahan nilai CPC dan CPM memang selalu terjadi, hal ini juga berkaitan dengan niche apa yang kamu bahas di situs kamu, tapi sebagai gambaran umum paling tidak untuk 10 tahun terakhir website Niche Finansial dan teknologi masih berada di kasta tertinggi.

    Misalnya berdasarkan pengalaman, mendapatkan 3000 pengunjung (UV) harian untuk Niche Teknologi bisa menghasilkan sampai 10$ sedangkan jika kalian memiliki situs pendidikan hanya 3$. Niche paling rendah masih diisi website gado-gado seperti berita yang 3000 pengunjung biasanya hanya berpenghasilan 2$.

    Nah masalahnya di mana ada gula disana banyak semut. Jika kamu ingin bersaing di Niche Teknologi dan Finansial tentu saja ada banyak orang yang berupaya keras ke sana. Hal ini membuat jagat Google dan SE lainnya akan ramai dengan situs-situs dari perusahaan besar.

    Mari kita cek hasil pencarian artikel untuk kata kunci Asuransi di Google Misalnya:

    Jumlah Artikel yang membahas Asuransi di Google

    Berdasarkan data base google ada 52,3 juta artikel yang membahas Asuransi yang sudah diindeks oleh Google, yang tidak diindeks entahlah. Satu laman Google saja hanya menampilkan 10 artikel teratas, lalu dilanjut di halaman berikutnya. Kalau Artikel berada di tengah-tengah atau peringkat 25 juta, yang pengunjung harus mengklik laman berikutnya hingga ke halaman 2,5 juta.

    Sungguh samudra artikel yang maha luas. Jangankan di halaman 2,5 juta, halaman ke-dua saja orang terkadang ogah berkunjung.

    Mari bandingkan dengan kata kunci yang kurang populer, misalnya Desa Wisata Cebba

    Kata Kunci Desa Wisata Cebba Kabupaten Bone

    Hanya ada 666 artikel, jadi anda hanya harus bersaing dengan 666 artikel lainnya. Konsekuensi pencari juga sedikit, bukan?

    Apakah persaingan di Google Search engine sebegitu ketat? Bisa dibilang yah dan bisa di bilang tidak. Google itu menarik, karena memiliki algoritma unit terutama setelah AI berkembang dengan pesat. Hasil pencarian setiap orang belum tentu saja, dan diantara 280 juta penduduk Indonesia masa ia tidak ada yang tertarik mengunjungi blog kamu.

    Misalnya saja Blog Matamu ini, meskipun artikel kadang ngawur dengan Niche semi gado-gado. Ada-ada saja yang berhasil datang. Paling tidak sehari ada seribuan UV.

    How Much Google Pay me?

    Artikel ini sebenarnya masih panjang dan akan saya update nanti ketiak senggang, namun saya tahu bagi yang serius membaca artikel ini akan sampai pada rasa penasaran ke pertanyaan ini.

    Berapa banyak sih penghasilan dari GA?

    Sayangnya GA sudah membatasi jumlah penghasilan secara keseluruhan, namun paling tidak kita masih bisa melihat penghasilan 3 tahun terakhir yakni

    Screenshot penghasilan Adsense

    Apakah ini penghasilan maksimal dari GA? Tentu saja tidak bahkan masih masuk kategori Rendah, belum masuk penghasilan menengah atau atas.

    Screenshoot penghasilan GA

    Screen yang ke dua ini bukan punya dan juga bukan penghasilan paling besar di Adsense. Masih banyak suhu Adsense di luar sana. Kapan saya bisa menunjukkan Screen seperti ini? Jika saya sudah bekerja sama kerasnya dengan Suhu M. Efendi Pemilik Screenshot 3 Juta sehari di atas

  • Review Pengalaman Cara Daftar Google Adsense Juni 2022 dan Syarat Websitenya

    Review Pengalaman Cara Daftar Google Adsense Juni 2022 dan Syarat Websitenya

    Kali ini saya akan membagikan pengalaman Daftar Google Adsense yang saya lakukan pada Juli 2022. Sebelumnya saya sudah memiliki 2 akun Adsense Tahun 2014 waktu Google Adsense Asia Tenggara dipusatkan di Marina View, Singapura dashboard-nya masih Dollar khas akun tua. Akun tersebut masih aktif sampai sekarang dan alhamudillah masih terus mengalir hingga hari ini.

    Akun Google adsense lama yang keren dengan dashboard Dollar

    Nah saya berinisiatif coba-coba daftar itu berangkat dari keresahan saya lihat. Pasalnya banyak-banyak orang jualan akun Adsense fresh di forum-forum Adsense Facebook seperti Adsense Seceret Indonesia dengan harga tidak wajar.

    Yah memang sih hak penjual untuk menentukan harga, tapi perasaan saya aneh saja gitu, cara daftar Adsense sudah mudah banget kok masih kepikiran bayar buat beli fresh akun yang gak ada jaminan cuan dalam waktu dekat.

    Jadi saya coba deh daftar Adsense dan hasilnya keterima pakai dua akun. Berikut ini hasil review Daftar Saya

    A. Syarat Daftar

    Syarat daftar ini saya simpulkan sendiri saja yah gan, jadi tidak perlu tanya-tanya dari situs mana. Namanya saja review cara daftar.

    1. Akun Gmail yang belum terhubungan dengan Google Adsense
    2. Website CMS WordPress
    3. Templete Gratisan pakai Education Hub
    4. Melengkapi Identitas Situs seperti About Me, Privacy Polish, Disclaimer, dan Contact Us.
    5. Medaftarkan website ke Google Webmaster
    6. Memiliki 8 Artikel unik / Tidak kopi paste.
    7. Panjang Artikel lebih dari 300 kata
    8. Setiap artikel sebaiknya memiliki gambar Featured Image
    9. Tidak ada link mati yang ada di website

    Nah itu saja sih syaratnya. Tapi ada beberapa pertanyaan dari teman tentang daftar. Jadi sebelum saya menjelaskan, ceritanya saya daftar dulu terus ada teman yang juga coba dengan cara yang sama persis saya lakukan dan Alhamudulillah Lulus. Dalam proses daftar ada beberapa pertanyaan yang diajukan jadi saya jawab saja disini

    FAQ Seputar Daftar Adsense

    Q: Berapa lama usia domain baru daftar?
    A: Posisi Daftar untuk dua domain berusia 2 minggu

    Q: Berapa minimal pengunjung?
    A: Belum ada pengunjung sih untuk dua adsense yang lulus

    Q: Kok bisa? Hoax nih?
    A: Cek aja sendiri bang di infokotak.com dan phydu.com

    Q: Berapa lama waktu tunggu?
    A: Dua minggu sih setelah daftar tiba-tiba iklan muncul

    Q: Niche websitenya apa?
    A: Karena saya orang fisika, jadi saya bahasa materi fisika. Kadang isinya gak nyambung juga sih.

    Q: Gambarnya dapat dari mana gan?
    A: Dari google saja, terus edit pakai editor online Photopea.com (Belum ada bajet buat beli Photoshop) soalnya)

    Screen Akun Fresh Domain
    Screenshoot Google Adsense Baru Dashboard Rupiah

    B. Cara Daftar

    Cara daftar yah sama seperti umumnya orang mendaftar website ke adsense

    1. Logging masuk di Google Adsense dan ajukan website.
    2. Setelah itu akan muncul instruksi untuk memasukkan kode iklan umum, kode ini bisa dipasang di mana saja tapi supaya HTML saya rapi saya letakkaan di bagian Head tempelete website.
    3. Setelah itu akan muncul informasi “Kami akan segera meninjau webiste anda dst”.
    4. Selesai

    Tips daftar GA

    1. Selama proses menunggu reviewn dan pengumuman, saya upayakan posting satu artikel setiap hari, tapi kadang bolong juga. Pada intinya saat dinyatakan lulus artikel saya baru 16.
    2. Pada saat proses daftar saya tidak pernah share ke Media sosial, kalau ditanya alasannya kenapa Yah karena malas saja, soalnay artikelnya jelek. Yang saya kejar bukan kualitas artikel tapi unik atau tidak terdekteksi plagiats
    3. Masalah plagiat saya tidak cek dengan webiste apapun, saya percaya kok kalimat yang saya tulis sendiri itu pasti tidak kopi paste.
  • Google Adsense – Cara Meningkatkan Rate CPC Iklan di Website dan Blog

    Google Adsense – Cara Meningkatkan Rate CPC Iklan di Website dan Blog

    Matamu.NET – Nilai CPC adalah hal yang penting dalam meningkatkan penghasilan blog kamu. Contoh perhitungannya begini, misalkan Rate CPC blog 0.02 $ dan 0.7 $. Kedua blog ini memiliki pengunjung yang sama dan CTR yang sama.

    Misalkan CTR 2 % dengan total pengunjung 1000 orang perhari, maka perhitungannya dihitung dengan persamaan CPC x CTR x Pengunjung.

    Blog A : 0.02 $ x 2 % x 1000 = 0,4 $
    Blog B : 0,7 $ x 2 % x 1000 = 14 $

    Perbedaan cpc ini mebuat blog pnya penghasilan 0,4 $ atau 5.818 rupiah sedangkan blog B adalah 14$ atau 200.000 perhari.

    1. Meningkatkan Kualitas Situs

    Menurut informasi yang didapatkan di laman situs prosedur dari sebuah iklan bisa tayang di sebuah laman website melalui proses lelang. Proses-nya sebagai berikut :

    Google akan membuat kategori iklan berdasarkan Bid yang mereka pasang. Semakin tinggi Bid yang dipasang oleh pengiklan semakin tinggi kategorinya. Misalkan kategorinya adalah 80, 50, 30, 10, dan 5.

    Ketika laman kamu tayang, Google akan memberikan kategori pada laman kamu sesuai dengan kaulitas website kamu. Misalkan kualitas webisite adalah 40. Hal ini membuat iklan yang bisa ikut lelang dan tayang di website kamu adalah iklan dengan kategori 80 dan 50, sedangkan kategori 30 ke bawah tidak punya kesempatan untuk ikut lelang.

    Googel akan menempatkan iklan dengan kategori tinggi lebih dulu, di bagian slot iklan bagian atas lalu kategori di bagian bawah.

    Dari pernyataan ini kita dapat simpulkan bahwa iklan berkualitas hanya akan muncul di situs yang berkualitas. Tapi ingat harus tetap sesuai dengan kategori dan behavioral user selama berselancar di internet.

    2. Performa Iklan

    Beberapa pengiklan dengan kategori tinggi membuat Bid yang tinggi pada iklan mereka agar bisa tayang di website dengan pengunjung yang berkualitas. Bukan pengunjung yang tersesat di laman karena masuk serampangan tapi pengunjung yang benar-benar menikmati konten yang ada dalam website.

    Nah ketika pengunjung sedang menikmati konten, proporsi tampilan iklan bergantung dair ukuran ikalnnya. Pada iklan besar, sebagian dari iklan akan terpotong dan jika proporsinya tayangnya kurang dari 50 % google selama 1 detik menganggap-nya tidak tayang.

    Pada Iklan dengan ukuran kecil, Iklan yang tayang dianggap oleh pembaca tidak mengganggu sehingga dibiarkan saja tampil di device selama membaca. Iklan yang tampil keseluruhan dianggap memiliki nilai Active View CPM yang tinggil Ilustrasinya mungkin seperti gambar di bawah !

    Tampilan Iklan dengan ukuran

    Jadi perhatikan behavioral pembaca kamu dan tipe konten kamu untuk menentukan ukuran iklan kamu. Jika ingin mudahnya buat saja iklan dengan tampilan Responsive sehingga Algoritma Google lah yang menentukan ukuran iklan yang tampil.

    3. Selektif Memblokir Iklan

    Google adsense punya layanan blokir iklan dimana Publisher bisa memilih iklan yang tidak ingin mereka tayangkan di situs mereka. Biasanya beberepa Publisher memblokir banyak jenis iklan karena mereka anggap tidak sesuai dengan kriteria situs mereka.

    Padahal, masalah iklan yang tayang di situs kamu itu tidak hanya berdasarkan artikel yang kamu terbitkan atpi bisa jadi berdasarkan perilaku pengunjung situs kamu. Misalnya pengunjung kamu baru saja mencari informasi tentang obat pelangsing, terus setelah tiba tiba kepikiran untuk browsing harga Hp Samsung terbaru dan masuk ke situs kamu.

    Ada kemungkinan Iklan yang tayang adalah iklan Obat Pelangsing bukan iklan dari Market Place yang ada di situs kamu.

    Semakin banyak kamu blokir iklan ini berarti semakin kecil potensi iklan muncul di Situs kamu sehingga iklan dengan bidding yang terlalu rendah punya kesempatan lebih besar tayang di situs kamu.

    Jadi sialhkan blokir iklan seperlunya.

    Tipsnya sih “Jangan pernah Blokir Iklan “play.googlepaly.com”

    Menu Blokir iKlan di Google Adsense

    4. Go Internasional

    Sudah bukan rahasia lagi jika CPC di negara-negara maju jauh lebih tinggi dibanidngkan dengan CPC di negara berkembang seperti Indonesia.

    Jadi buatlah situs kamu dikunjungi dari luar negeri. Caranya seperti menyediakan konten bahasa Inggris yang banyak di cari.

    Misalnya saja, Kata Kunci Asuransi dalam di Indonesia diberi harga CPC maksimal hanya 7$ sedangkan di Amerika dan sebagain Uni Eropa kata Kunci Insurance bisa samapi 98 $. Hampri 15 kali liat bukan.

    5. Niche Ber-CPC Tinggi

    Sudah bukan rahasia lagi jika perusahaan dengan Produk Teknologi, Asuransi, Pasar Saham, Otomotif, Pendidikan dan Wisata memiliki budget yang tinggi untuk biaya promosi mereka. Hal ini juga berdampak pada tingginya nila Bid Iklan yang mereka pasang.

    Aga iklan dari produk-produk di atas memiliki peluang yang tinggi untuk tampil di situsmu, kamu harus membahas artikel yang berhubungan dengan produk tersebut.

    Sederhananya buatlah situs dengan Niche yang memiliki Rate Iklan yang tinggi. Niche situs dengan Rate CPC tinggi itu adalah :

    1. Finansial
    2. Asuransi
    3. Pasar Saham
    4. Fintect
    5. Firma
    6. Review Gadget
    7. Wisata

    6. Manfaatkan Momentum

    Pada saat mementum khusus seperti Big Sale 11.11, Ramadhan, Liburan Akhir Tahun. Para pemasang iklan akan berlomba-lomba memasang iklan dengan bid yang tinggi agar semakin banyak orang yang datang menggunakan prodak atau jasa yang mereka tawarkan.

    Nah sebagai Blogger, manfaatkan momentum tersebut dengan maksimal agar iklan dengan Bid CPC yang tinggi ikuta nyangkut di situs kamu.

    Contohnya misalnya sekarang sudah bulan Oktober atau masuk november, tidak ada salahnya kamu membuat artikel yang membahas mengenai Liburan akhir tahun. Kalau situs kamu wisata yah bahas tentang tempat wisata akhir tahun dan sejenisnya.

    Lah kalau situs saya misalnya Teknologi gimana hubungkan dengan liburan?

    Yah memang sih butuh creatifitas, mungkin kamu bisa buat article tentang Gadget yang tidak boleh ketinggal di akhir tahun atau memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan harga tiket murah online.

  • Googel Adsense – Jenis dan Tipe Earning CPC, CPM, Active View

    Googel Adsense – Jenis dan Tipe Earning CPC, CPM, Active View

    Matamu.NET – Bagi para publisher, penghasilan Google Adsense setelah tayang di sebuah website dikonversi menjadi uang (Rupiah atau Dollar) melalui tiga jenis penghasilan.

    Grafik nilai CPM CPC dan CPM di Dashboard Google Adsense

    1. CPC

    CPC adalah singkatan dari Click Per Cost atau Biaya per Klik (BPK). Pengertian sederhana dari CPC adalah biaya yang didapatkan oleh Publisher ketiak sebuah ikan di klik di situs mereka. Misalkan nilai CPC dari sebuah Iklan itu adalah 0,02 $ maka nilai yang didapatkan setiap kali klik adalah 0,02 $.

    Ketika iklan yang sama di situs kita klik 10 kali maka penghasilannya adalah 0,02 $ x 10 = 0,2 $, namun kondisi sangat sulit terjadi karena iklan yang tayang di sebuah situs tidak hanya dipengaruhi oleh isi artikel tapi juga cache dan cookies pengguna selama berselancanr di Internet.

    Prosedur Iklan Tayang di sebuah website

    Saya memiliki situs bertema finasial dengan kata kunci yang nilai cpc-nya berdasarkan Semrush 3,13 $, tapi kok di dashboard saya cpc rate-nya hanya 0,03 $?

    Nilai yang ditayangkan di Semrush adalah nilai taksiran dari Semrush itu sendiri, kendati nilainya tidak jauh. Namun mari kita anggap nilainya memang sama dengan nilai yang ada di GA.

    Angka 3,13 $ bukanlah nilai CPC actual tapi bid maximal yang pernah ditawarkan oleh pengiklan kepada Google adsense untuk sebuh keyword. Setiap kata kunci di Google Adsense memiliki range CPC misalnya mulai dari 0,2 $ sampai 3,13 $.

    Ketika sebuah situs menayang slot iklan di situs mereka tampil di user maka slot iklan tersebut dilelang kepada pemasang iklan. Tentu saja nilai iklan yang lebih tinggi akan memiliki kesempatan tampil lebih tinggi namun google membatasi nilai bid iklan yang bisa tayang disebuah website berdasarkan kualitas dari website itu sendiri, jadi tidak serta merta karena Keywordnya semata.

    Misalkan sebuah situs peringkat 500 akan memiliki kesempatan untuk menayangkan iklan dengan Bid maks 3,13 $ tapi di situs dengan peringkat 2.000.000 hanya akan mendapatkan kesempatan untuk menayangkan iklan dengan Bid maks 0,07$. Jadi masih ada kemungkinan iklan yang tayang akan memiliki nilai pada Bid Max.

    Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi Bid Maksimal iklan yang tayang disebuah situs kita mulai dari kualitas Domain, Kualitas Page, Kontent, dan posisi penempatan iklan.

    Proses perhitungannya sebagai berikut : Google memberikan peringkat dari seluruh pemasang iklan di Google Adword berdasarkan nilai Bid yang mereka pasang. Semakin tinggi nilai bid semakin besar peringkatnya.

    Mari kita asumsikan ada 5 buah iklan yang sedang bersaing untuk sebuah kata kunci dengan peringkat iklan 80, 50, 30, 10 dan 5. Jika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut dan membuka sebuah situs dengan kriteria peringkat minimal dari Google adalah 40, maka hanya iklan peringkat 80 dan 50 yang bisa tampil.

    Urutan tayangnya sebagai berikut : Iklan peringkat 80 akan muncul di bagian atas artikel (muncul duluan) sedangkan iklan dengan nilai 50 akan muncul di bagian bawah. Iklan yang nilainya 30, 10 dan 5 tidak akan punya kesempatan muncul di website asumsikan.

    Mudahnya Iklan mahal akan tampil di situs premium, sedangkan iklan murahan akan tampil di situs ecek-ecek.

    2. CPM

    CPM adalah singkatan dari Cost per Mile atau Biaya per 1000 kali tampil. di Google Adword Bid ini disebut View Cost Per Mile yakni biaya yang harus di bayar oleh pemiliki iklan setiap 1000 kali iklan mereka tampil.

    Lah apakah saya harus menunggu iklan ini tayang 1000 kali disitus saya baru bisa dapat CPM?

    Jawabannya tidak, karena setiap kali sebuah iklan tayang di Google Adsense maka pemilik sudah mendapatkan bayaran yang tersebut saja, misalkan sebuah iklan dengan Bid vCPM mereka 10$, maka setiap kali tayang, pemilik situs akan mendapatkan 10 $ / 1000 atau 0,01 $.

    CPM yang ditayangkan di Dashboard Publisher Iklan itu adalah Rate CPM yang sudah tayang dari banyak di situs anda.

    Semua pengiklan pasti memiliki Bid CPM, sekalipun mereka tidak memasang Bid tersebut. Jika di Set 0, maka iklan mereka tidak akan pernah tayang sama sekali.

    3. Active View CPM

    Active View CPM adalah biaya iklan yang anda dapatkan setiap kali tayang. Active Biew CPM ini punya nilai yang berbeda beda dan Bid yang lebih tinggi namun ada syaratnya.

    Persyaratannya bid Iklan ini akan terhitung jika iklan terlihat di screen dengan ukuran lebih dari 50% dan tayang paling 1 detik. Proses perhitungan sama dengan CPM, nilainya saja yang lebih besar.

    Ukuran iklan kecil di dalam artikel ini sangat diuntungkan dengan Bid tipe Active View CPM.

  • Google Adsense – Pengertian SEO untuk Pemula

    Google Adsense – Pengertian SEO untuk Pemula

    Matamu.NET – Apa itu SEO? SEO merupakan singkatan dari Search Enggine Optimazation yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat dari sebuah websisite berdasarkan Search Engine Result Position.

    Artikel ini adlaah artikel panduan yang membahas mengenai menghasilkan uang dengan Google Adsense sehingga kita akan merujuk Paramter SEO dari Google Search Enggine.

    Misalkan mari kita mengecek kata kunci di Google “Menghasilkan Uang Online”. Maka hasil yang didapatkan pada April 2020 di Makassar dengan Browser Googel Chrome menujukkan hasil sebagai berikut !

    Hasil SERP dari Google Search Enggine

    Hasil pencarian ini selanjutnya di sebut sebagai SERP atau Search Engine Result Position dimana google menempatkan artikel dari situs Merdeka.com pada urutan pertama dan 99.co di urutan ke dua. Tentu saja Website di urutan teratas memiliki peluang yang lebih besar untuk dibaca.

    Agar bisa mencapai posisi ini artikel kita harus ramah SEO dan meyakinkan google bahwa artikel memiliki kriteria yang membuatnya layak untuk berada pada posisi tersebut.

    Faktor SEO Friendly Article

    Pada awal berkembang Algoritma pengindesan dan penyusunan SERP, faktor-faktor disusun kaku sehingga bisa dipastikan sebauh website akan mencapai posisi 1 ketika mengikuti semua langkah yang disyaratkan oleh Google.

    Namun hal ini ternyata berdampak jelek terhadap ekosistem search Engine karena para blogger lebih cenderung memenuhi permintaan mesin. Hasilnya banyak artikel yang tidak enak dibaca oleh manusia dan lebih memenuhi sisi tehnis saja seperti lengkap Heading, Banyak turunan kata, memiliki backlink yang banyak tapi dibuat sendiri.

    Padahal sejatinya, google ingin Konten yang berkualitas yang tayang di laman satu agar ekosistem Search Enggine mereka lebih hidup.

    Google akhirnya membuat AI yang mencatat semua tingkah laku User selama berada di sebuah laman dan menjadikan aktifitas tersebut sebagai catatan bagi mereka dalam memberikan rangkin laman yang ada di halaman satu mereka.

    Namun mari kita membahasa faktor-faktor yang bisa membuat Google SE menyukai artikel kita.

    A. Google Loves Human

    Prinsip utama yang dikembangkna oleh google dalam mengembangkan search Enggine adalah Google Loves Human. Oleh karena itu semua update algoritma yang dikembangkan oleh google akan berupayan menomor satukan konten yang dibuat oleh manusia dengan bahasa yang juga disukai oleh manusia.

    Bagaimana cara googel mengetahui jika sebauh konten disukai oleh user (manusia)?

    Sederhana, Googl ecukup melacak aktifitas user selama berada di laman sebuah website. Jika kebanyakan user dengan cepat meninggalkan laman website tersebut itu berarti website tersebut tidaklah baik. Oleh karena Prinsip ini dikembangkan menjadi parameter SEO utama.

    Selanjutnya prinsip ini dikembangkan menjadi faktor turunan sebagai berikut :

    1. Konten tidak bertele-tele

    Siapa sih yang suka konten bertele-tele dengan tata bahasa yang ribet? Semua pengunjung Blog atau website berharap segera paham setelah membaca sebuah artikel bukannya mendapatkan masalah baru.

    Oleh karena itu dalam membuat artikel sebaiknya pilih kalimat yang efektif dan efisien dalam menjelaskan sesuatu sebagai contoh kalimat berikut ini :

    SEO merupakan sebuah istilah yang berasal dari singkatan atau Akronim dari Search Engine Optimization yang berarti upaya yang dilakukan oleh pemilik website untuk meningkatkan posisi situs pada hasil pencarian mesin pencari terhadap website mereka dengan cara mengikut seluruh aspek dan rambu rambu yang telah ditetapkan oleh Google Sebagai Search Engine sebelumnya.

    Mari kita bandingkan dengan kalimat berikut :

    SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Istilah merujuk pada upaya pemiliki situs meningkatkan posisi mereka di hasil pencarian Search Enggine. Secara umum dilakukan dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Search Enggine.

    Jika dibandingkan, kalimat manakah yang lebih informatif?

    Alur Pengembangan Artikel

    Selain dari dari pemilihan diksi dan penyusunan suku kata, Alur pengembangan artikel akan menjadi faktor utama pengunjung betah berada dalam sebuah artikel.

    Misalkan saja saja seorang datang ke Website dengan kata kunci “Cara Menghapus Cache dari Browser”. Maka sebaiknya artikel ini berisi mengenai langkah-langkah menghapus Cache. Karena pengunjung yang datang di situs tersebut sedang ingin menghapus cache browser mereka bukan yang lainnya.

    Misalnya saja karena kamu mengejar rating tinggi di SERP maka di bagian pembuka kamu menjelaskan mengenai Cache, Lalu menejlaskan peran Cache, Alasan mengapa Cache harus disimpan, lalu pad abagian terakhir barulah kamu menjelaskan cara menghapus Cache.

    Jika cara ini yang kamu lakukan maka ada kemungkinkan pengunjung belum sampai ke tujuan mereka dan baru membaca paragraf pertama sudah meninggalkan situs kamu.

    2. Artikel Lengkap

    Lengkap dan bertele-tele adalah dua hal yang berbeda. Lengkap itu murujuk pada isi dari konten yang memberikan penjelasan kepada user dengan banyak fasilitas seperti kata, gambar, grafik atau Video. Jika diperlukan, kamu mungkin memberikan link rujukan untuk sebuah istilah yang terlalu panjang untuk dijelaskan dalam artikel.

    3. Desain minimalis

    Minimalis desain sudah terbukti secara statistik membuat pengunjung betah di sebuah situs. Perhatikan situs-situs besar yang berada di laman satu Google ketika kamu mencari informasi. Kebanyakan situs-stius tersebut menerapkan desain minimalis.

    Desain sederhana misalnya background putih dengan tulisan hitam, jenis huruf yang enak dibaca dan navigasi yang sederhana.

    Jangan membuat desain dengan menonjolkan sisi artisitik kamu dengan membuat latar belakang berwarna gelap dengan gelap juga, navigasi yang ribet, biar keren dan situs kamu seperti teka-teki. Hanya Serlock Holmes yang tidak tersesat di situs kamu.

    Idenya sih sederhana, jangan pernah membuat pengunjung susah!!!

    Lah bagaimana dengan Blog Donwload yang linknya sangat susah?

    Blog download sangat jarang menggunakan iklan dari Google Adsense, selain itu Blog Download memiliki paradigma yang terbalik dengan blog artikel. Pada blog artikel, pengunjung akan selalu merasa ada website lain jika website kamu terlalu ribet.

    Pada blog download, Pengunjung akan selalu merasa bahwa inilah satu-satunya tempat Download aplikasi berbayar secara gratis. Hal ini akan membuat pengunjung dengan sabar mengklik iklan yang tampil di blog mereka sampai Software berhasil terdownload.

    4. Ringan

    Apa yang kamu lakukan jika kamu sedang membuka situs lalu kamu hanya menyaksikan laman yang sedang loading.

    Come on!!!, pastinya kamu langsung keluar dari mencari situs lain bukan.

    Google Developer juga menjelaskan jika waktu tunggu paling selama sebelum konten tayang disebuah website itu rata-rata hanya 3 detik. Kebanyakan pengunjung akan meninglkan situs setelah menunggu 4 sampai 5 detik namun laman masih tetap loading.

    Jadi tugas kita untk menyelesaikan masalah adalah memilih templet yang ringan dan sederhana. Saat ini sudah banyak templete yang disediakan sangat ringan. Untuk mengetahui Templete tersebut baik atau tidak, kita bisa memanfaatkan fasilitas Pagespeed Insight dari Google.

    Hasilnya dari analisis untuk matamu.Net seperti berikut :

    Hasil analais PAge Spee Insight Matamu

    Lantas bagaimana kalau saya ingin menyediakan Video dan Gambar di Artikel saya yang tentunya akan membuat waktu tunggu semakin lama?

    Tidak masalah, justru semakin lengkap isi dari artikel kamu akan semakin baik pula hasilnya. Kamu hanya perlu menggunakan Tag Asyncornous untuk menampilkan Video dari YouTube yang akan membuat Video akan Loading paling belakang setealh semau konten loading.

    Hal ini akan membuat pengunjung tetap melihat artikel sekalipun Video dan gambarnya belum loading atau muncul belakangan.

    B. Direkomendasikan Situs Lain

    Kapan sebuah rumah makan dikatakan memliki rasa enak dan recomended? Ketika ada satu orang teman kamu yang usulkan rumah makan tersebut? Atau lebih banyak banyak teman kamu yang usulkan?

    Google juga mengadapatasi sistem ini dalam membeirkan peringkat pada sebuah situs. Jika situs kamu dirujuk oleh situs lain maka google menganggap situs kamu penting. Semakin banyak yang merujuk situs kamu maka semakin baik pula peringkat kamu di sebuah situs.

    Dalam dunia SEO, teknik ini disebut sebagai Backlink. Lantas bagaimana jika tidak ada yang merujuk situs saya?

    Banyak Praktisi SEO dengan sengaja membuat Backlink untuk situs mereka agar semakin banyak rujukan yang mengarah ke situs mereka. Namun lambat laun cara ini ternyata membuat banyak website yang tidak bermutu dari sisi konten karena kebanyakan pemilik website memetingkan jumlah backlink dibanidngkan dengan kualitas kontennya.

    Hasilnya google merombak algoritma mereka dimana hanya Backlink yang baik yang akan dihitung sedangkan backlink yang dicurigai berasal dari IP yang sama dengan yang dirujuk akan dinilai negatif. Jadi harus orang lainlah yang merujuk kamu bukan diri kamu sendiri.

    Caranya agar dirujuk oleh orang lain tentu saja kembali ke aturan awal, buat konten yang berkualitas.

    1. Domain Perujuk

    Mari kita analogikan terlebih dahulu kasus ini!

    Misalkan ada dua buah restoran yang salah satunya direkomendasikan oleh Chef Juna sedangkan yang lainnya direkomendasikan oleh orang yang tidak kamu kenal? manakah menurut kamu yang lebih credibel?

    Kalau kamu tidak ngotot sih, jawabannya pastilah yang direkomendasikan oleh Chef Juna. Alasannya yang pertama karena Chef Juna lebih terkenal dan kedua dia adalah pakar dan praktisi di bidang masak-memasak.

    Jadi misalkan kamu bahas Artikel teknologi nah tiba-tiba kamu dirujuk oleh situs dengan Niche Misteri misalnya, nah backlink ini tentu saja memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan backlink yang berasal dari situs teknologi juga atau artikel yang membahas teknologi.

    Selain situs, TLD juga berpengaruh. Misalkan TLD dari .go.id dan ac.id. Dua TLD ini tidak bisa dimiliki oleh sembarangan orang sehingga situs-situs ini tentu saja akan dilekola secara kredibel. Dengan demikian Backlink dari ac.id tentu saja memiliki skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan backlink yang berasal dari .com apalagi kalu dari blogpspot.com.

    2. Over Backlink dan Sand Box

    Over Baclklink adalah kondisi dimana artikel kamu sangat sedikit terindeks tapi jumlah Backlinknya sangat banya. Jika sumber backlinknya berkualitas sih tidak masalah namun jika sumber backlink mencurigakan atau malah berasal dari situs tidak relevant maka wajar saja jika artikel yang diberikan backlink dicurigai.

    Jika kamy terlalu memaksakan diri membuat banyak Backlink untuk situs kamu padahal kontentnya masih minim dan tidak berkualitas ada kemungkinan kamu akan kena Sandbox. Sandbox adalah pinalty dari google untuk situs-situs yang banyak menggunakan Paid Link, Spam Comment dan Blog Network dalam membuat Link Rujukan ke situs kamu.

    Dampaknya situs kamu bakalan ditenggelamkan oleh Google di SERP sehingga pengunjung sulit menemukannya kamu. Dampak paling buruknya adalah situs kamu akan di deindex (dihapus oleh indeks google) dan tidak akan mau mengindeks situs kamu lagi.

    Kesimpulan

    Nah Itu dia artikel pengantar yang singkat untuk pengertian SEO. Sebenarnya ada 200 Aspek lebih yang berkatian dengan SEO sebuah artikel. Penjelasan diatas hanya untuk SEO dasar yang sebaiknya dilengkapi untuk memabuat artikel di awal-awal daftar google Adsense.

  • Belajar Google Adsense

    Belajar Google Adsense

    Matamu.NET – Google Adsense adalah salah satu program afiliasi dari Perusahaan Google yang memberimu kesempatan meraih penghasilan melalui mekanisme Monetise Trafik dari konten-konten yang kamu sediakan.

    1. Pengenalan Program dan Pendaftaran Google Adsense

    Yuk mulai mencari penghasilan dengan Google Adsense buat para blogger pemula. Tidak susah kok, semua bisa dimulai dari langkah yang sederhana.

    1. Pengenalan Program Googel Adsense
    2. Memilih Niche Website
    3. Daftar Googel Adsense dengan Blogger
    4. Mulai membuat Konten
    5. Blogger vs WordPress
    6. Menghindari Banned Akun

    2. Meningkatkan Pengunjung Dan Penghasilan

    Yuk mulai tingkatkan pengunjung agar penghasilan juga mulai meningkat!!!

    1. Pengertian SEO
    2. Keyword Volume dan CPC
    3. Jenis Earning : CPC, CPM, Active View CPM
    4. Cara Meningkatkan CPC
    5. Membuat konten Viral / Andalan
    6. Backlink
    7. Structure Link Building
    8. Ukuran dan Penempatan Iklan GA
    9. Memanfaatkan Sosial Media
    10. Pengunjung Dari Pinterest
    11. Gnews
    12. Black Hat !!!
    13. Private Blog Network (PBN)

    3. Maintenance dan Penanganan Masalah

    Berikut beberapa masalah yang ditemukan ketika menjadi publiser dan cara mengatasinya

    1. Mengatasi Boom Klik
    2. Membuat Ads TXT di Blogger dan WordPress
    3. Membuat Ads TXT melalui di OS Server NginX

    Tutorial Google Adsense dalam proses penyusunan karena Penyusun juga sedang ada pekerjaan Lain. Semoga Bisa segera melengkapi Artikel dan bermanfaat bagi pembaca.

  • Google Adsense – Keyword Volume dan CPC dalam Menaksir Penghasilan GA

    Google Adsense – Keyword Volume dan CPC dalam Menaksir Penghasilan GA

    Matamu.NET – Ada banya tools dan website yang bisa digunakan untuk mengetahui Keyword search Volume dan CPC Bid dari sebuah website. Tools ini biasanya dikategorikan sebagai Search Engine Optimization tools (SEO), seperti Semrush, AhRef, Keywoordtool.io dan lain-lain.

    Tujuan penggunaan tool ini ada beragam, seperti mengintip bancklik situs lain, mengetahui kualitas Page dan Domain situs lain, Menelusuri Kata kunci (keyword) dan mengitung nilai cpc dari Keyword.

    Mari kita bahas dua outputnya saja yakni Kewyord Volume dan CPC. Kita ambil contoh hasil analasis Keyword dari Semruhs :

    Hasil Analsisi Dari Semrush

    Perhatikan kata Ski Jackets! Disana ada informasi Volume : 12.100 dan CPC : 1,93 $. Hal ini berarti kata Ski Jackets 12.100 kali diketikkan dalam sebulan di Search Enggine. Jika situs kamu memenangkan kata kunci ini itu berarti ada 12.100 pengunjung dalam satu bulan di situs hanya untuk kata kunci ini.

    CPC adalah singkatan dari Cost per Click yang artinya artinya adalah taksiran penghasilan yang kamu dapatkan dari iklan yang tayang dari kata kunci ini.

    Mari kita hubungkan dengan aturan Google adsense tentang maksimal klik iklan hanya 20% dari total penampilan. Namun rata-rata CTR yang saya dapat hanya 2 % dari total tayangan. Hal ini tergantung dari penempatan iklan tapi kita pakai 2 % saja. Maka taksiran perhitungan sebagai berikut :

    Penghasilan : 12.100 x 2% x 1,93 $ = 467.06 $.

    Jadi dalam sebulan dari kata kunci ini menghasilkan 467.06 $ dalam sebulan hanya dari kata kunci Ski Jackets saja. Kalau dirupiahkan taksiran penghasilan situs kamu sekitar 6.800.000 rupiah.

    Sangat jarang sih sebuah situs memenangkan hanya satu kanca, biasanya ketika kita memenangkan satu kunci, pada kata kunci turunannya juga ikutan melipir, meskipun tidak di posisi satu tapi kemungkinan untuk ikutan nangkring di laman satu juga besar.

    Perhatikan kata kunci Ski Jakets kembali, disana ada kata kunci turunan Ski Jaket yang juga dicari lebih 5400 kali dalam sebulan. Ada kemungkinan artikel kita juga diakses seteleh seseorang menuliskan kata kunci tersebut.

    Catatan :

    CTR = Click Trough Ratio
    CPC = Cost per Click
    CPM = Cost per Mile
    RPM = Rate per Mile

  • Google Adsense – Daftar Program GA dengan Platform Blogger

    Google Adsense – Daftar Program GA dengan Platform Blogger

    Matamu.NET – Blogger.com adalah platform yang menyediakan layanan membuat website basis CMS. User akan diberikan kesempatan untuk membuat website dengan Bandwith, Storage, dan CDN yang tidak terbatas secara gratis selama tidak melanggar aturan komunitas mereka.

    Membuat Website dengan Blogger.

    1. silahkan logging di Gmail pada browser yang kamu gunakan
    2. masuk ke blogger.com lalu klik buat akun
    3. Buat nama blog, Sesuai dengan keinginan kamu. Namanya sama dengan website lain juga tidak masalah
    4. buat URL parameter yang akan ditampilkan dalam bentuk namadomainkamu.blogspot.com. Url ini harus unik atau tidak boleh sama dengan milik orang lain
    5. Tunggu Beberapa saat dan Blog kamu selesai dan kini sudah bisa diakses oleh orang lain.

    Catatan :

    Jika kamu ingin website kamu terlihat lebih profesional, ada baiknya kamu menyediakan domain TLD seperti .com, .net, .id dan sejenisnya. Setelah itu, redirect url namadomainkamu.blogspot.com ke namadomainkamu.com misalnya.

    Fasilitas re-direct dapat diakses di Setelan > mempublikasikan

    Layanan redirect Domain dari Blogspot ke TLD

    Menyiapkan website

    Sebelum mendaftarkan ke program Google Adsense sebaiknya kita siapkan persyaratan yang harus dipenuhi :

    1. Ganti templete yang kamu gunakan dengan Templete yang valid HTML 5. Sebaiknya gunakan pengembang Templet Profesional seperti Sugeng.ID
    2. Siapkan identitas situs :
      1. About Us – Penjelasan mengenai siapa kamu atau situs kamu
      2. Privacy Policy – Penjelasan mengenai aturan kebijakan yang kamu terapkan di blog kamu. Aturan ini mengikut dengan platform blogger. kamu boleh kok meniru Privacy Policy dari blog orang lain
      3. Disclaimer – Penjelasan seputar hak dna kewajiban yang didapatkan pengunjung selama berada di situs kamu. Sama dengan Privacy Policy kamu bisa meniru dari blog orang lain.
      4. Contact Us – Informasi dan cara menghubungi administrator seperti alamat email atau formulir online.
    3. Perbaiki Navigasi di Blog kamu seperti artikel berdasarkan label lalu dijadikan Navigasi atas, sedangkan Identitas situs dijadikan di bagian footer.
    4. Mulai buat artikel melalui Postingan.

    Catatan :

    Buatlah identitas situs kamu di Laman / Page bukan di Postingan.

    Indetitas Situs dengan Laman Page di Blogger

    Mendaftar Google Adsense

    Setelah melakukan 2 langkah-langkah yang ada di atas berikut ini ada ceklist yang harus kamu pastikan sebelum mendaftar Program Googel Adsense :

    1. Templete sudah valid HTML 5 cek di validator.w3.org
    2. Terdaftar pada Google webmaster dan kirim sitemap .xml
    3. Hubungkan dengan google analitik
    4. Terdapat minimal 10 artikel dengan jumlah kata lebih 500 kata
    5. Tidak ada link mati / error 404
    6. Navigasi Artikel berjalan baik
    7. Identitas situs lengkap dan tampil di setiap laman

    Catatan :

    Jika semua ceklist tersebut terpenuhi, saatnya untuk mendaftar google adsense. Kamu bisa daftar google adsense melalui Dashboard kamu di https://www.google.com/adsense/ atau melalui dashboard blogger :

    Daftar Google Adsense melalui Dashboard

    Silahkan ikut petunjuk yang ada di Google Adsense. Jangan lupa untuk simpan Googel Adsense Publisher Id di Head Templete blogger kamu untuk memudahkan proses verifikasi.

    Jika sudah, silahkan menunggu hasil verifikasi dari tim Google Adsense. Biasanya akan ada pemberitahuan jika website kamu gagal atau lulus paling cepat 3 hari paling lama 14 hari setelah mengajukan daftar program.

    Penting !!! – Selama proses review Google Adsense ada baiknya kamu mem-posting satu artikel setiap hari minimal 300 kata. Ini berdasarkan pengelaman saja sih

  • Google Adsense – Memilih Niche Website

    Google Adsense – Memilih Niche Website

    Matamu.NET – Sebelum membuat website, ada baiknya kita memulai dengan memilih Niche (ceruk pasar) website. Sederhanya, Niche itu berbicara tentang topik utama dari website yang kamu buat. Misalnya Niche Tenokologi, itu artinya situs kamu membahas mengenai seputar gadget, Computer, Laptop, Kamera dan sejenisnya.

    Niche itu menentukan iklan yang tayang di website. Misalnya website kamu adalah website dengan Niche Wisata maka besar kemungkinkan iklan yang tayang adalah iklan hotel, tiket dan hal-hal yang berkaitan dengan perjalanan.

    Uniknya, Iklan-iklan dengan niche tertentu memiliki nilai CPC yang tinggi sehingga sedikit klik saja akan membuat kamu mendapatkan banyak earning.

    Berikut ini urutan Niche Webiste dengan nilai CPC tertinggi di Google Adsense

    Bahasa Inggris

    1. Insurance
    2. Loans
    3. Mortgage
    4. Attorney
    5. Credit
    6. Lawyer
    7. Donate
    8. Deegre
    9. Hosting
    10. Claim

    Bahasa Indonesia

    1. Keuangan
    2. Trading
    3. Home Desain
    4. Wisata
    5. Kesehatan
    6. Tekno
    7. Game
    8. Pendidikan
    9. Berita
    10. Hiburan / Enterteinment

    Pertingan kasarnya seperti ini :

    1. Misalkan CPC Niche Keuangan Rp 1.500 dan Niche Pendidikan Rp. 200.
    2. 10 klik di situs keuangan setara dengan 15.000 rupiah sedangkan di Niche pendidikan sebesar 2.000 rupiah
    Hasil Screenshoot Analisis CPC Website dengan Semrush

    Pertimbangan Memilih Niche

    Kalau bisa memilih Niche yang lebih tinggi kenapa harus yang rendah secara potensi penghasilan lebih besar!

    Memang pernyataan ini tidak ada salahnya dan logis namun misalnya saja kamu mulai membahas tentang keuangan tapi tenyata kamu sekali tidak menegerti tentang keuangan, maka kemungkinan artikel-artikel yang kamu terbitkan akan sulit dipahami oleh pembaca.

    Kamu hanya menerbitkan artikel hasil re-write murni tanpa ada tambahan atau ide yang datang dari pengetahuan kamu sendiri. Dalam kasus ini menulis 20 sampai 30 artikel mungkin belum menjadi masalah, tapi untuk perkembangan website kamu hal ini bakalan menyusahkan.

    Selain itu dimana ada gula di stu akan banyak semut bro. Semua orang yang punya modal besar akan berpikir hal yang sama sehingga Situs-Stius dengan Niche tinggi bakalan diisi sama sesepuh SEO atau perusahaan dengan modal besar.

    Tips saya sih, buatlah Niche yang paling dekat kehidupan kamu sehingga kamu bisa menikmati setiap artikel yang kamu terbitkan. Kejar prestasi saja terlebih dahulu, Uang hanyalah Reward yang kamu dapatkan setelah berprestasi.

    Blog Gado-Gado

    Selain dari Niche tunggal beberapa Blog juga bisa memungkinan dibuat dengan banyak Niche alias Blog Gado-gado. Blog gado-gado ini jauh lebih nyaman sih sebenarnya dimiliki karena kita bisa dengan bebas membuat artikel sesuai dengan mood kita sehingga bakal akan ada banyak artikel yang bisa kita terbitkan.

    Begitu ketemu ide, kita bakalan bahas ide tersebut. Begitu ada yang trend kita akan bahas yang trend tersebut.

    Tapi ada dua kekurangan dari Blog Gado-Gado.

    Pertama – Google menganggap blog ini tidak ditulis secara profesional karena ditulis bukan oleh orang yang punya kompetensi khusus.

    Kedua – nilai CPC nya sangat kecil karena iklan yang muncul bisa random

    Saya sendiri memulai website saya dengan Niche Gado-gado pada tahun 2014 yang lalu. Dan tidak sampai satu tahun sudah ada 800 artikel yang terbit yang artinya sehari saya bisa terbitkan 2 artikel. Penghasilannya juga lumayan cuman jika dibanidngkan dengan teman yang punya Website dengan Niche tunggal hasilnya jauh lebih besar sih. padahal jumlah pengunjung sama.

    Semi Wallpaper

    Selain Niche tungal, sebenarnya jenis website bisa dilihat berdasarkan kecedenrungan menampilkan kontent. Pada umumnya Jenis Webiste tersebut adalah :

    1. Blog Wallpaper – isinya hanya gambar-gambar saja buat didownload dan dijadikan wallpaper
    2. Blog Semi Wallpaper – Isinya gambar-gambar dengan penjelasan singkat (100 sampai 200 kata) mengenai gambar tersebut
    3. Blog Donwload – Blog yang isinya link download film, software, templete dan sejenisnya.

    Sayangnya google sangat membeci dua jenis Blog di atas karena rentang dengan pelanggaran hak Cipta. Sampai hari ini yang masih banyak rekomendasikan adalah Blog Semi Wallpaper dimana Setiap Gambar yang kamu unggah akan dijelaskan dengan keterangan yang teridiri dari 100 sampai 200 kata.

    Keterangan inilah yang membuat content kamu bisa terhindar dari plagiasi jika hanya berisi gambar yang kita sendiri ambil dari internet.

  • Google Adsense – Pengenalan Program GA dan Menghasilkan Uang Online

    Google Adsense – Pengenalan Program GA dan Menghasilkan Uang Online

    Matamu.NET – Google adsense adalah program monetize online content yang kalian miliki dengan platform yang sesuai dengan ketentuan dari Google. Platform yang diizinkan oleh google Adsense adalah :

    1. Website
    2. Channel Youtube
    3. Apk yang diverifisikasi oleh Google Play

    Gampangnya sih gini, kamu punya Website dengan pengunjung. Iklan akan tayang di website kamu. Dari iklan ini google akan membagi biaya iklan yang dibayar oleh pengiklan ke Goole

    Hebatnya lagi kamu bisa mendapatkan 68% persen total biaya yang dibayarkan oleh pengiklan ke Google. Sisanya milik Google.

    Pembagian Hasil Jasa Pengiklan dari Google Adsense

    Siapa saja yang bisa daftar Google Adsense?

    Google adsense memberikan izin akun secara individu dan perusahaan di lebih dari 80 Negara termasuk Indonesia. Jadi kalau kamu adalah Warga negara Indonesia dengan usia lebih dari 17 tahun dan memiliki KTP maka kamu punya kesempatan memiliki akun Google Adsense.

    Buat kalian yang belum 17 tahun, anda tetap bisa mendapatkan akun Google Adsense dengan bantuan Orang dewasa atau orang tua yang membuat data pribadi mereka sebagai pemilik akun.

    Dimana saya bisa mengambil uang hasil Adsense saya?

    Pengelola keuangan Google Adsense paling dekat berada di Singapura, Marine View Lantai 8. Uang yang kalian dapatkan dari Google Adsense akan ditransfer langsung ke Rekening Bank kamu setelah melakukan verifikasi Bank.

    Sampai saat ini saya masih mencairkan saldo adsense menggunakan dua bank, yakni Mandiri dan BNI. Beberapa teman juga menggunakan BCA, BRI dan beberapa bank dalam negeri baik BUMN maupun Swasta.

    Uang akan ditransfer minimal 100 $ atau Rp 1.300.000 di akhir bulan dan akan cari pada akhir bulan. Kebanyakan sih cair dalam rentang tanggal 21 sampai 27 pada bulan berjalan.

    Jika saldo tidak mencukupi pada bulan tersebut, maka saldo tersebut akan disimpan dan diakumulasikan dengan saldo pada bulan berikutnya.

    Bagaimana Skema Menghasilkan Uang Googel Adsense?

    Google adsense mendapatkan melalui pengiklan yang menggunakan jasa Google Adwords. Iklan kemudian ditayakan secara acak dengan parameter-paramater yang telah diatur oleh google agar iklan tayang ke orang yang tepat.

    Anda hanya perlu menyediakan Platform seperti yang website, Channel Youtube atu apk. Setelah itu daftarkan paltform andadi program Google Adsense. Jika lulus review, Iklan akan mulai tayang dan akan dikonversi menjadi uang.

    Dashboard Googel Adsense pakai Dollar

    Apakah Program Google Adsense ini berbayar?

    Tidak, ini pertanyaan paling klasik yang selalu diajukan, tapi jawabannya Googel tidak pernah meminta uang kepada Publisher mereka.

    Apakah yang Harus Saya Siapkan Agar bisa Daftar Google Adsense?

    Dalam artikel ini, kita akan lebih berfokus pada daftar google Adsense melalui paltform Website. Artikel-artikel berikutnya akan membahas mengenai cara dan strategi mendaftar google adsense dan pada tingkat intermediette kita akan membahasa mengenai strategi mengingkatkan penghasilan Google Adsense.

    Kembali ke pertanyaan awal, untuk bisa daftar google adsense, kita cukup punya website yang bisa didaftarkan ke Googel adsense. Saya akan buat dia kategori :

    1. Gratis – Blogger.com
    2. Self-Hosted Website – WordPress.

    Apakah saya harus bisa Coding agar bisa buat Website dan Daftar Google Adsense?

    Jawabannya tidak, sama sekali tidak butuh coding jika cuman pengen punya website dan daftar google adsense. Tugas kita sebagai publisher adalah mengatur dan manage content yang akan kita tampilkan di website.

    Kalau kamu pernah ngerjain tugas mengarang pas lagi belajar Bahasa Indonesia, maka bekal itu sudah cukup untuk belajar menghasilkan uang melalui google adsense.

    Tapi kalau pengen mengembangkan keterampilan di dunia Website, memahami coding itu perlu.

    Akhir Kata

    Nah itu dulu sekumpulan Pertanyaan Mengenai Program Google Adsense. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar atau DM di Instagram @ahmadzargon.