Stock Photo – Contoh Model Release Dalam Bahasa Indonesia

1 min read

Contoh Foto Model Release Microstock

Matamu.NET – Model Release adalah salah satu dokumen yang dijadikan standing legal dalam transaksi jual beli foto yang didalamnya terdapat model berupa orang atau kekayaan intelektual dari orang atau lembaga. Isi yang disampikan adalah Model Release ini adalah pernyataan pemberian hak penggunaan lisensi secara komersil dari objek yang ada dalam foto ke fotografer.

Beberapa situs microstock menjadi syarat model release untuk penjualan foto dengan tujuan komersial. Model release sendiri, secara umum terbagi ke dalam dua jenis yakni :

  1. Model berusia 18 tahun ke atas.
  2. Model berusia di bawah 18 tahun (Model release anak-anak)

Berikut ini contoh Model Release dalam bahasa Indonesia.

1. Model Release Format 1

Surat Pernyataan Model

Saya bertanda tangan di bawah ini

Nama : ____________________________
NIK : ______________________________
Usia : ______________________________
Alamat : ___________________________

Dengan ini saya yang tercantum namanya di atas memberikan izin kepada fotografer dan/atau perwakilannya yang beridentitas di bawah sebagi berikut :

Nama : ____________________________
NIK : ______________________________
Usia : _____________________________
Alamat : ___________________________

Menerankan bahwa memberikan lisensi penggunaan foto-foto yang telah dimabil oleh fotografer yang disebutkan namanya di atas untuk semua keperluan apaun baik untuk keperluan editorial maupun jurnalistik.

Saya setuju bahwa saya tidak memiliki hak lagi atas foto tersebut dan semua hak yang ada pada foto tersebut saya limpahkan kepada fotografer. Saya tidak akan mengajukan klaim, tuntuta atau tindakan apapun kepada fotografer dan perwakilannya.

Saya setuju pernyataan ini semua ahli waris saya kelas dan tidak dapat dibatalkan untuk semua tempat dan tanpa batas waktu.

Saya menjadi bahwa saya telah berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki kapasitas hukum untuk menandatangani surat pernyataan ini.

Bandung, 12 Maret 2022

Fotografer Model


Nama Terang Fotografer Nama Terang Model

Saksi I

Nama Terang Saksi I

Saksi II

Nama Terang Saksi

Bentuk visualisasi dalam bentuk word seperti di bawah

Contoh Model Release Bahasa Indonesia

2. Model Release Format 2

Formulir Model Release

Saya, ________________________ (Nama Model), dengan memberikan kekuasaan penuh kepada ________________(Nama Fotografer) atas penggunaan foto untuk kebutuhan komersial terhadap foto yang telah fotografer tersebut ambil pada _____________________ (tanggal) di ________________ (alamat).

Foto-foto tersebut boleh dipublikasikan untuk berbagai macam tujuan termasuk dipublikasikan pada kalender, periklanan, bukun tahunan, majalah, majalah, dan semauh hal yang erbisfat komersial selama tidak melanggat ketentuan hukum yang berlaku di negara tempat foto tersebut diterbitkan. Saya juga menyatakan tidak akan menuntut apapun kepada fotografer atas penggunaan foto-foto yang dimaksud di atas dari segala bentuk editing untuk keperluaan penggunaan foto.

Saya menyataan telah berusia 18 tahun lebih saat menandatangani formulis ini dan telah membaca dan memahami semua ketentuan dan dampak yang ada dalam model releasi ini :

Nama Model : _____________________
Alamat : __________________________

Tanda Tangan Model : ____________________________ Tanggal ______________

Nama Saksi
Tanda Tangan Saksi : ____________________________ Tanggal _______________

Visualisasi dalam bentuk Word :

Contoh Formulir Model Release dalam Bahasa Indonesia

Akhir Kata

Nah Dua model release tersebut bisa digunakan untuk keperluan jualan foto online termasuk di di Shutterstock. JIka masih ragu bisa menggunakan bahasa Inggris dengan Format yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *