Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Mengenal Apa Itu Paypal dan Cara Daftar Akun Paypal

3 min read

Matamu.Net – Mendengar kata Paypal mungkin bagi sebagian orang terdengar asing di telinga. Akan tetapi, bagi pecinta teknologi pasti telah mengetahui istilah Paypal atau metode pembayaran online. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam dunia bisnis online terdapat sejumlah sistem pembayaran. Sstem pembayaran tersebut mulai dari transfer melalui rekening bank lokal sampai dengan penggunaan uang virtual.

Akan tetapi, pembayaran melalui transfer rekening bank lokal memiliki mekanisme yang berbeda dari pembayaran secara virtual. Apabila menggunakan pembayaran secara virtual, maka terdapat beberapa sistem dan mekanisme lantaran sistem yang dimiliki sangatlah kompleks.

Tak hanya itu, pembayaran menggunakan virtual atau online ini tak semata-mata melibatkan dua pihak saja. Tapi terdapat pihak ketiga dalam sistem cara kerjanya seperti Secure Payment Gateway dan Credit Card Authorization Service, diantaranya adalah Paypal, Ipayment, Nochex, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, dari sekian banyaknya alat pembayaran online yang ada Paypal menjadi alat pembayaran yang cukup banyak diminati penggunaannya. Apalagi bagi oorang-orang yang sangat senang dalam belanja online di berbagai market place maka Paypal lah yang menjadi alat pembayaran wajib yang harus disiapkan.

Untuk dapat menggunakan Paypal maka penggunanya harus membuat akun Paypal. Sebelum membahas tentang cara membuat akun Paypal terlebih dahulu kita mengetahui secara jelas apa yang dimaksud dengan Paypal serta keuntungan dengan menggunakan Paypal.

Apa itu Paypal?

Paypal merupakan sebuah alat pembayaran (Payment Processor) virtual yang kebanyakan digunakan oleh internet marketer dengan tujuan agar transaksi mereka dapat dilakukan dengan aman. Jadi, Paypal dapat disebut rekening virtual yang berbeda dengan rekening bank lokal.

Perbedaan keduanya yaitu rekenig bank lokal biasanya hanya dapat digunakan untuk transaksi dala satu negara saja. Sedangkan Paypal penggunaannya lebih luas lagi yaitu dapat digunakan dalam transaksi oleh seluruh pengguna internet dan dapat digunakan di negara mana pun dengan syarat telah memiliki akun Paypal.

Sejarah awal munculnya adalah Paypal dulunya merupakan merger dari sebuah perusahaan bernama Confinity dengan X.com pada tahun 2000 yang lalu. Tak butuh waktu lama yaitu pada tahun 2002 perusahaan tersebut diakuisisi oleh situs lelang dunia yang dikenal dengan nama eBay.

Namun, sejak tahun 2014 eBay diketahui memutuskan hubungannya dengan Paypal agar dapat berdiri sendiri dan membangun sendiri perusahaan Paypal. Kini, perusahaan Paypal telah berhasil dan banyak digunakan oleh orang-orang dalam bertransaksi online.

Cara transaksi Paypal pun cukup sederhana hanya dengan mengetahui email Paypal pengguna, seseorang dapat melakukan transaksi virtual ke akun Paypal yang dituju. Paypal tak hanya dapat digunakan untuk mengirim uang saja, akan tetapi juga menerima uang.

Paypal biasa digunakan untuk membeli barang, membeli lisensi software original, membeli e-book, dan masih banyak lainnya. Situs e-Commerce dan situs lelang online biasanya sering menggunakan alat pembayaran Paypal dalam melakukan transaksi.

Keuntungan Menggunakan Paypal Bagi Pembeli dan Penjual

Keuntungan yang diperoleh pagi pihak pembeli apabila menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran yaitu pihak pembeli dapat dengan mudah melakukan komplain kepada Paypal ketika barang yang dibeli dengan menggunakan Paypal belum juga sampai dalam kurung waktu yang telah ditentukan atau barang yang diterima oleh pembeli ternyata berbeda dengan yang dijual oleh penjual.

Menariknya lagi apabila terjadi penipuan bagi si pembeli dan memiliki bukti kuat maka secara tidak langsung pembeli akan mendapatkan ganti rugi dengan pengembalian uang dari pihak perusahaan kartu kredit. Paypal juga berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi semua pihak dan tak berpihak pada satu pihak saja.

Sementara itu, keuntungan yang didapatkan oleh penjual dengan menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran adalah penjual dilindungi dari pembeli yang berniat melakukan kebohongan atau niat buruk lainnya. Prosedur perlindungan tersebut dibuat secara tertulis agar penjual terbebas dari klaim atau penipuan dari pembeli.

Oleh karena itu, tak perlu khawatir menggunakan alat pembayaran Paypal karena semua pihak dilindungi dan transaksi dijamin aman. Apalagi setiap transaksi dilakukan maka secara otomatis Paypal akan mencatat dan memiliki bukti pembayaran untuk setiap akun Paypal yang melakukan transaksi baik pembeli dan penjual.

CAra daftar Akun dan Logo Paypal Online Money

Cara Membuat Akun Paypal

Setelah mengetahui apa itu Paypal dan keuntungan menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran kalian pasti penasaran bagaimana cara membuat akun Paypal. Untuk membuat akun Paypal maka ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu harus memiliki akun e-mail aktif dan juga penggunanya telah berusia 18 tahun atau lebih. Apabila kedua syarat tersebut telah terpenuhi maka kalian sudah bisa membuat akun Paypal.

Langkah-langkah membuat akun Paypal:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka website Paypal yaitu www.Paypal.com. Setelah itu, lihat pada bagian atas halaman dan pilih salah satunya akun tersebut untuk pribadi atau untuk bisnis. Kemudian jika sudah memilih salah satunya misalnya untuk pribadi maka klik untuk pribadi dan klik tombol ‘Daftar’ pada bagian kanan atas.
  2. Selanjutnya pilih jenis akun yang diinginkan ‘Pribadi’, ‘Primer’, atau ‘Bisnis’ sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya memilih ‘Primer’ yang dapat digunakan untuk membeli dan menjual secara online.
  3. Setelah itu, isi data secara lengkap yang telah disediakan kemudian klik tombol ‘Setuju dan Buat Rekening’.
  4. Kemudian akan tampil halaman verifikasi yang berfungsi untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang telah disediakan. Selanjutnya klik tombol ‘Lanjutkan’.
  5. Selanjutnya klik tombol ‘Masuk ke Rekening Saya’ dan akan tampil halaman akun Paypal Anda.
  6. Setelah itu, cek e-mail untuk melakukan konfirmasi.
  7. Nantinya akan tampil halaman baru dan meminta anda memasukkan Password Paypal yang sebelumnya telah dibuat.
  8. Kemudian, anda akan diarahkan untuk membuat pertanyaan keamanan. Pertanyaan keamanan dibuat agar ketika anda lupa Password maka pertanyaan keamanan tersebut akan membantu untuk dapat login. Selanjutnya klik tombol ‘Kirimkan’.
  9. Setelah selesai maka anda telah berhasil mempunyai akun Paypal. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah dengan masuk ke halaman rekening Paypal dengan memasukkan data kartu kredit pengguna. Tujuannya yaitu agar akun Paypal dapat terhubung dengan rekening bank pemilik.

Setelah selesai membuat akun Paypal maka perlu diingat juga bahwa pengguna akun harus menunggu verifikasi dari pihak Paypal. Verifikasi dibutuhkan agar akun Paypal dapat digunakan sebagai alat pembayaran baik itu menerima uang maupun membeli sesuatu.

Cara agar akun Paypal dapat diverifikasi yaitu dengan cara pengguna harus memasukkan data kartu kredit atau dengan VCC (Virtual Credit Card) ke dalam akun Paypal yang telah dibuat.

Penggunaan Paypal dibutuhkan yang namanya kartu kredit agar dapat menambah jumlah saldo Paypal. Akan tetapi, jika tidak memiliki kartu kredit jangan khawatir karena penggunanya dapat menggunakan sebuah jasa yang namanya VCC (Virtual Credit Card) dengan harga yang ditawarkan cukup dapat dijangkau. Oleh karenanya, Paypal dapat digunakan walaupun tidak memiliki kartu kredit.

Itulah penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan Paypal, keuntungan dari menggunakan Paypal, serta langkah-langkah membuat akun Paypal dengan mudah. Semoga artikel tentang Paypal ini dapat membuat para internet marker dalam melakukan transaksi yang aman dan cepat.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *