Membeli Saham Apple Pertama Saya di Pasar Modal Amerika dengan Aplikasi Go Trade

3 min read

Cara Mudah Membeli Saham di pasar Amerika Serikat

Matamu.NET – Kemajuan Teknologi dan Informasi di seluruh bidang memang sangat mengasikkan. Yah bukan main malam ini, saya baru saja membeli saham pertama saya di Bursa Efek Amerika Serikat hanya dengan sentuhan jari dari sebuah Desa di Kabupaten Gowa. Yah Anak Kampung seperti ternyata bisa juga jadi pemegang saham perusahaan sebesar Apple dengan call Name AAPL.

Oh iya Bursa Efek di Amerika itu ada banyak loh, kalau kita cuman punya BEI, di Amerika itu ada NASDAQ, Wall Street, NYSE dan lain-lain.

Berkenalan dengan Go Trade

Saya mengenal applikasi Go Trade dari Adik saya yang sudah lebih dulu membeli saham di pasar modal Amerika. Aplikasi ini bisa di download di Appstore dan Googel Playstore. Layanan yang diberikan adalah jual beli (trading) saham di pasar modal Amerika Serikat dengan minimal transakasi 1 USD.

Setelah baca-baca sekilas revies Go Trade dari situs luar akhirnya saya memutuskan untuk membuka akun di Go Trade. Caranya pun cukup mudah yakni hanya tinggal Download Applikasinya lalu ikuti langkah pembuatan akunnya.

  1. Donwload aplikasi Go Trade di Google Playstore atau iOS
  2. Masukkan kode referal dari orang yang sudah lebih dulu menginstal aplikasi ini
  3. Silahkan mulai daftar dengan isian berupa (standar informasi akun finansial):
    1. Email
    2. Nama Lengkap,
    3. No ID (Kalau Indonesia yah NIK)
    4. Alamat
    5. Foto Kartu Identitas Pribadi
    6. Selfie Foto kamu.
  4. Setelah itu selesaikan langkah demi langkah yang ada di aplikasi, cukup singkat kok cuman butuh waktu kurang dari 5 menit dan jika sudah selesai kamu dapat bonus 3$.
  5. Jika sudah selesai Aplikasi ini akan memintamu untuk top up saldo rekening sekuritas minimal 10$ agar dapat bonus lagu 3$, jika tidak mau kamu bisa skip. (tapi sayang-sayang loh, saya sendiri top up pake VISA dari Jenius tipe e-card dari bank andalan saya BTPN)
  6. Setelah itu tunggu sampai akun kamu verifikasi. (Informasi dari Applikasi butuh waktu 1 sampai 2 hari, tapi saya tidak butuh waktu lama kok, cuman 6 jam. Kebetulan saya daftar siang hari jadi di Amerika Malam hari, nah pas disini malam, disana sudah siang, jadi labgusng terbuka deh)
  7. Setelah verfikasi dia akan meminta kita untuk men-share aplikasi di Sosial media jika dilakukan dapat bonus 1 $ (Ini bonus terakhir) jika tidak bisa di skip. Jadi total 7 $ bonus untuk pembukaan akun. (Pengalaman buka Akun sekuritas di Mandiri Sekuritas dapat bonusnya 1 rupiah yang masuk ke rekening Sekuritas)

Dan benar sesuai dengan tag line mereka “Invest with Ease“, saya bisa dengan mudah membuka akun. Kerennya akun baru yang terferifikasi bisa mendapatkan bonus saldo sampai 7$ loh.

Beli Saham Mulai 1$

Hal yang unik dari Go Trade ini adalah metode pembelian sahamnya. Buat kalian yang sudah terbiasa membeli saham di pasar modal Indonesia (Bursa Efek Indonesia), satua pembelian saham itu minimal 1 Lot yang isinya 100 lembar saham (Shares). di Wall Street kita bisa membeli saham minimal 1$, sekalipun harga saham perusahaan yang diincar harganya lebih dari 1$ per lembar.

Misalnya, harga satu lembar saham yang kamu incar 100 $ perlembar, nah dengan uang 1$ kamu tetap bisa dapatkan sahamnya. Volume sisa di bagi dong, jadi 1 $ dari 100 $ itu setara dengan 0,01 Shares.

Biar tidak bingung, berikut ini pengalaman pertama saya membeli saham di Wall Street dengan Saldo 17$. Saldo tersebut saya gunakan membeli saham Apple (AAPL) sebanyak 17$ di posisi 140$ per shares. Karena uang hanya 17$ maka saya hanya mendapatkan 0,121220764 shares saja.

Proses pembelian sahamnya juga dilakukan pada jam-jam operasi (jam kantor) di Wall Street. Perbedaan jam kita 12 Jam pas, karena Wall Street ada di New York. Jika kamu membeli saham di laur jam operasi maka posisnya akan pending dan akan dieksekuasi pada jam kerja.

Jika sudah berhasil membeli maka akan ada pemberitahuan melalui email.

Nota Pembelian Saham Apple di Wall Street dengan Aplikasi Go Trade
Struk Pembelian Saham Apple di Wall Street melalui Go Trade

Setelah itu silahkan lihat di Aplikasi kamu. Disana kamu bisa dengan mudah memantai Capital yang kamu beli apakh sudah untuk atau rugi. Saya memtusukan membeli Apple karena kebiasaan saya jika tidak punya ide invesitasi maka saya akan membeli saham produknya saya pakai seperti BMRI, TBIG, di Indonesia,. Karena saya pengguna Apple maka saya beli aplle, kalau saya pengguna Windows, mungkin saya beli saham Microsoft.

Dan tidak butuh berama lama nilai sahamnya naiknya jadi seperti di bawah ini :

Pantaua saham dan investasi saham di Wallstreet

Nah benar kan tidak sampai beberapa detik sudah dapat untuk 0.09 $. Tapi tunggu dulu. Ada yang unik dengan saham di Wallstreet.

Jika di Indonesia pembagian Dividen perusahaan pada umumnya hanya dilakukan sekali dalam setahun, Saham-saham Di Wallstreet kebanyakan bagi dividen 4 kali dalam setahun. Tapi yah tetap juga ada perusahaan yang malah gak bagi dividen sama sekali, jadi hanya berharap dari Gain Capital nya saja.

Dan jadi deh saat ini saya menjadi salah satu pemegang saham, Apple. Songong dong, meskipun cuman 17 $ atau senilai 0,12122764 shares saja. wkwkwk.

Gimana tertarik buka saham?

Jika kalian tertarik dan butuh code referal silahkan hubungi saya atau tinggalkan kolom komentar di bawah.

Oh iya share Code referal itu sama sekali tidak ada untungnya bagi saya loh. Cuman memberi jaminan kepada Sekuritas jika orang yang sedang membuka akun di Sekuritas mereka sudah pernah mendapatkan penjelasan mengeani aplikasi Go Trade.

Ringkasan Produk Go Trade

  1. Commison Fee : Gratis
  2. Deposit dengan Akun Rapyd : Gratis
  3. Withdrawa dengan akun Aplaca : 12 $
  4. Sekuritas Fee : 5,10 $ untuk setiap transaksi senilai 1.000.000 $
  5. Pajak Transaksi : 0,000119 $ per share (jadi kalau beli 1$ yah silahkan dibagi lagi, pasti lebih kecil)
  6. Pajak kenaikan harga saham (Capital Gain Tax) : Gratis
  7. Pajak Dividen : 0 – 30 % disesuaikan dengan pajak di Amerika

Oh iya Jajan saham di Wall Street menggunakan Aplikasi Go Trade itu ada kekuranganya yakni kamu hanya bisa jual beli sebanyak 3 kali dalam 5 hari kerja jika Portofolio kamu kurang dari 25.000 $ (Jumlahnya mungkin 363 juta rupiah), jika dibnadingkan dengan Pasar Modal Indonesia kamu bisa transaksi sampai capek selagi uang kamu memang cukup untuk jual beli saham.

Apakah Sekuritas dan Aplikasi ini Aman?

Kalau diminta jawaban berdasarkan pengalaman sepertinya jawabnya sudah bisa ditebak. Karena saya buat tulisan ini tidak lama setelah saya berhasil membeli saham pertama saya. Tapi menuru banyak review dari Trader berbagai Negara, Go Trade aman kok karena dijalankan perusahaan-perusahaan besar.

Setiap akun di di Go Trade terdaftar secara resmi dan dilindungi oleh SIPC (Securities Investor Protection Corporation) , sejenis dengan OJK gitu. Nilai jaminan pun sampai 500.000 USD (7,2 Milliar Rupiah). Mau bandinkan dengan Sekuritas Indonesia? Pada umumnya hanya memberikan jaminan sekitar 50 sampai 200 juta rupiah.

FaQ

T : Selain Jenius BTPN, bisa pakai Bank Apa saja untuk deposit?
J : Banyak, saya lihat di infomrasi akunnya bisa transaksi pakai Bank Mandiri, BNI, BCA, dan BRI. Semuanya gartis tapi butuh waktu paling lama tiga hari. Tapi lagi lagi nih berdasarkan pengalaman langsung saja kok.

T : Saya mau belajar Invest di Wall Street, tapi perusahaan apa yang paling menguntungkan?
J : Ya elah kalau pertanyaan macam gini, dimana jawabnya yah. Mungkin Perusahaan yang untung adalah perusahaan yang nggak rugi.

Gini Sob, Investasi saham itu parameter banyak, yang intinya kembali ke kinerja masing perusahaan dan stabilitas ekenomi dan keamaan dari sentra-sentra produksi dari perusahaan yang bersangkutan. Kalau bisa menjawab pertanyaan tersebut secara pasti, semua orang pasti bakalan jadi trader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *