Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui Software Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator

1 min read

Matamu.Net – Membuat media pembelajaran berbasis Android sebenarnya hal-hal yang susah-susah mudah, namun dalam ranah pembelajaran atau seorang guru maka tigas kita adalah tidak berpusat pada sistem teknis dalam hal pengkodean dalam membuat aplikasi, melainkan memanfaatkan seluruh resource yang ada.

Salah satu skema pembuatan Android yang nyaris tanpa coding sama sekali adalah melalui mekanisme (1) Membuat Tampilan Slide to Slide, (2) mengkonversi ke HTML 5, dan (3) mengkonversi File HTML 5 ke Andorid.

Ketiga langkah tersebut dilakukan melalui bantuan Software yang sudah familiar digunakan. Tujuannya tentu saja agar memudahkan proses perancangan dalam kasus ini guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan struktur penggunaan media untuk pembelajaran. Dan seminimal mungkin dalam persiapan teknis pengembangan media.

Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android

Langkah pertama yakni membuat tampilan slide to slide akan dikembangkan menggunakan bantuan software pembuatan slide, bisa dengan bantuan Power point atau Articulate. Langkah ini mempertimbangkan desain, warna dan huruf yang nyaman dibaca.

Perbedaan antara Articulate dan Powerpont hampir tidak ada kecuali articulate lebih handal dalam menyediakan menu menu untuk desain Website. Salah satunya adalah menu Scroll Bar dimana satu laman bisa digeser sampai ke bawah dengan panjang artikel yang lebih panjang dari bada artikel, namun tentu saja aplikasi ini berjalan lebih berat dari Power Point.

Hal ini tentu saja membuat kita lebih nayaman mendasin kerangka awal media pembeljaran di Power Point, kemudian menyempurnakan navigasinya di Storyline Articulate.

Langkah kedua akan dilakukan adalah mengkonversi file slide yang telah dirancang ke bentuk web statis dalam file HTML 5. Dalam kasus ini Power Point belum memiliki layanan untuk mengkoversi/mengekspor file mereka ke file HTML 5, namun Articulate Storyline sudah memiliki fasilitas ini.

Slide yang anda kembangkan melalui Articulate hanya perlu di konvert ke File HTML 5 melalui fasitilah Articulate. Setelah file terkespor, maka anda sudah memiliki Website statis Offline dari slide yang telah rancang sebelumnya.

Namun bagi anda yang mengembangkan media ini melalui software Power Point, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengekspor power point yang anda gunakan menggunakan Articulate dengan cara membuka file tersebut melalui aplikasi Articulate, lalu memastikan semua Navigasi berjalan dengan baik, setelah export ke File HTML 5.

Logo HTML 5 stroyline Articulate

Lengkah ketiga atau langkah pembuatan aplikasi ini akan dibantu dengan Apk generator yang banyak tersedia di internet. seperti Aplikasi Geizer, Web2Apk dan sejenisnya. Langkah ini terbilang cukup praktis karena anda hanya perlu mengkonvert dan menunggu Wesite atau Aplikasi tersebut membuat Aplikasi berdasarkan file HTML yang anda kirim.

Sebagai salah satu contoh Aplikasi yang telah dibuat mengunakan Skema adalah Mattampu yang ada di Google Play Store.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Tips dan Pengertian Fotografi Sport

Matamu.Net – Fotografi merupakan sebuah proses melukis atau menggambar dengan menggunakan media cahaya. Atau lebih singkatnya adalah sebuah metode untuk menghasilkan gambar dari suatu...
Dzargon
3 min read

Apa Itu High Key Fotografi?

Matamu.Net – Dalam fotografi istilah ‘Brightness’ merupakan salah satu yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan keren....
Dzargon
1 min read

Kompetensi IT Dasar Pendidik Pada Era Pembelajaran Abad 21

Matamu.Net – Perkembangan teknolgi dan informasi terutama masa Industri 4.0 membuat Pembelajaran berbasis Daring atau Online bukan lagi menjadi sebuah pilihan tapi menjadi sebuah...
Dzargon
4 min read

22 Replies to “Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui…”

  1. Bismillah, apakah dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android ini memiliki sistem kelemahan? Jika iya apa sajakah kelemahan hal tersebut?
    Sekian.

  2. Assalamu'alaikum, nama saya kurniasih utami a (1916042019). Pertanyaan saya, mengapa file slide harus di konversi ke dalam bentuk web statid file HTML 5?
    Trima kasih.

  3. Terima kasih artikelnya sangat bermanfaat. Apakah setelah mengkonvert file html di apk generator, aplikasi tsb sudah ada di playstore?

  4. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak, sya Deviani L dari kelas pendidikan IPA reguler A ingin bertanya apakah ada kendala yang di alami dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui Software Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator?
    Terima kasih

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pak, saya Deviani L ingin bertanya apakah ada kendala yang sering dialami dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui Software Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator ini?
    Terima kasih

  6. Mengapa pada Power Point belum memiliki layanan untuk mengkoversi/mengekspor file mereka ke file HTML 5, sedangkn Articulate Storyline sudah dpt mengkonvensi?

  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh . Saya Nur Aulia Fadhillah kelas IPA A, ingin bertanya. Apa perbedaan HTML dan HTML5? serta apa saja kekurangan dan kelebihannya dalam langkah langkah membuat media pembelajaran android melalui Sofware Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator". Dan apa pengaruh penggunaan multimedia articulate dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android?

  8. Assalamualaikum pak, saya Rifky M Fahrezy S dari kelas IPA A, dalam pembuatan aplikasi melalui software tersebut bagaimana cara memberikan variasi atau animasi agar tampilannya lebih menarik lagi?

  9. asslamualaikum wr.wb, apa keunggulan dari Articulate dan powerpoint? Dan yang mana yang lebih mudah digunakan dalam merancang media dalam pembelajaran?

  10. Selain aplikasi Articulate ini berjalan lebih berat dari Power Point, apakah ada kekurangan lain atau kendala yang mungkin dihadapi oleh pengguna aplikasi tersebut ?

  11. Assalamualaikum wr.wb. Saya Yunika Rifki Apriliani dari IPA Reg A 2019. Saya ingin bertanya, apakah aplikasi yg dibuat dgn skema diatas itu dapat memiliki kualitas yg sama dengan aplikasi yg dibuat dengan coding? Dan apakah aplikasi yg telah dibuat melalui skema tersebut sewaktu-waktu dapat di upgrade?

  12. assalamu'alaikum saya Dyah Sekar Pratiwi dari kelas Reguler A, Pak saya ingin bertanya apakah ada kelebihan dan kekurangan dari masing – masing aplikasi generator seperti yang telah disebutkan diatas dan apakah bapak bisa memberikan saran jikalau ada aplikasi generator yang lebih unggul dalam (fungainya) dari beberapa macam aplikasi generator lainnya yang dapat lebih memudahkan kami dalam membuat media pembelajaran berbasis android dengan bantuan aplikasi generator.

  13. Bismillah. Nama sya M. Febryan Gusti P. Yang ingin saya tanyakan pak apakah boleh membuat apk selain dari langkah-langkah yang bapak paparkan, dlm kata lain dengan cara yang berbeda pak?
    Terima kasih

  14. Mengapa Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melibatkan Software Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator?

  15. Terima kasih pak atas informasinya, Saya Nurrahmadani A. Kelas Pendidikan IPA Reguler A meminta saran pak apk generator apa yang paling bagus digunakan untuk pembuatan aplikasi diantara semua yang disebutkan diatas pak? Terima kasih pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *