Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Kenali Jenis-Jenis Processor dan Chipset pada HP dan Smartphone

2 min read

Jenis Jenis CPU dan Chipset pada Android

Matamu.NET – Ketika anda inign membeli sebuah smartphone untuk bermain jangan pernah terpaku dengan kebanyakan orang awam pada umumnya yang hanya mementinkan kapasitas RAM saja, padahal RAM bukanlah faktor utama yang menunjang kecepatan dari sebuah Device.

Selama ukuran dan kapasitas RAM maka Performa dari Android tetaplah aman, kalaupun tidak performa Android kamu hanya kehilangan kemampuan multi tasking tapi tidak menurunkan performa utamanya, kamu hanya perlu mengeluarkan beberapa APK yang berjalan di layar untuk sementara agar performa baik kembali.

Namun jika yang bermasalah adalah kemampuan Prosessornya maka, seberapun kamu berupaya memaksimalkan penggunaan source, Android kamu tetaplah pada kondisi cetek.

Procesor atau dalam Handphone lebih disebut sebagai Chipset merupakan otak utama yang menentukan kinerja secara keseluruhan dari sebuah Smartphone. Syarat utama dari sebuah Aplikasi berjalan entah itu Game atau sejenisnya setelah kesesuaian API OS adalah kemampuan Chipset-nya.

Dalam dunia Komputer dan Laptop mungkin istilah porsesor sudah lebih dulu dikenal, biasanya dikenal dengan Intel Prosesor seperti Pentium IV, Dual Core, Celeron, Core to Duo yang paling anyar adalah Core i9. Jika bukan Intel, biasanya orang akan mencari kompetitornya yakni AMD yang terkenal dengan type Atlhon, Liano, Sempron dan yang paling terekahir adalah Ryzen.

Hampir sama dengan Prosesor yang ada di Laptop dan Computer, Chipset di HP juga terdiri dari banyak merek dan macam. Mungkin berikut ini adalah beberapa Vendor yang paling banyak digunakan oleh Developer Smartphone.

1. Qualcomm Snapdragon

Bisa dikatakan ini adlaah Intelnya Smartphone, Hampir bisa dipastikan bahwa banyak Smartphone dengan tag Kinerja berat mempekerjakan Snapdargon di bilik prosesornya.

Chipset Snapdragon memang terkenal memiliki daya tahan yang tinggi, performa yang stabil, dan apik dalam manajemen daya sehingga penggunaan dayanya sangatlah hemat jika dibandingkan dengan layanan yang diberikan.

Terlepas dari itu, Snapdragon memang menjadi salah satu Chipset yang memiliki kamampuan yang handal dari sisi integrated grafis, apalag ijika saat ini Qualcomm sudah membenamkan dukungan dari jaringan 5G.

Chipset Prosesor tercepat Qualcomm Snapdragon

2. Samsung Exynos

Jika kamu pengguna Smartphone dari samsung ada kamu kemungkinan perangkat kamu dibekali dengan Chipset dari Exynos.

Samsung mengembangkan Exynos agar bisa memainkan game-game HD tanpa Lag, mengingat samsung memang berjuang mati-matian untuk menampilkan grafi yang sempurna yang selama ini masih di pegang oleh iPhone dari Apple.

Meskipun baru dikembangkan pada tahun 2011 untuk smartphone type Galaxy S, nyatanya saat ini Samsung Exynos sudha memiliki banyak varian dan sudah bisa ditemukan muali dary level Entry sampai High End seperti Samsung Galaxy Note.

Sangking Handalnya, Chipset ini juga bakalan kamu temukan di perangkat milik Meizu dan juga Lenovo.

3. MediaTek

MediaTek atau MTK adalah salah satu ChipSet buatan China yang paling banyak digunakan samrtphone di kawasan Asia.

Sasaran memang smartphone kelas lew end agar Budget produksi mereka tetap rendah. Meskipun murah namun MediaTek tidak bisa dipandang sebelah mata, karena jika kinerja dibandingkan dengan harganya skornya dari Media Tek.

Salah satu seri MTK yang paling handal di kelas adalah Helio Seria A dan Seri P. Kedua ChipSet tersebut sudah memiliki prosesor 10 into-core dengan kecepatan 64 Bit up to 2,2, GHz. Sedangkan untuk Grafis, MTK membuat GPU Mali 450 yang luamyan handal untuk GPU berharga murah.

4. Intel

Setelah berjaya di perangkat PC dan Laptop, Intel juga menyasar perangkat Smartphone. Berpengalaman menangani prosesor dengan kinerja optimal di low energy consumption dan suhu yang rendah.

Andalan dari Intel di kelas Smartphone adalah Intel Atom X3 yang memiliki kemampuan dual core namun diklaim setara dengan prosesor quadcore. Asus adalah salah satu Developmetn yang sering menggunakan Intel sebagai Vendor Chipset mereka.

5. Hisilicon Kirin

Banyak pihak yang selalu menyandingkan kualitas dari SnaDragon setara dengan Kirin, namun di Indoensia sendiri namanya kurang familiar pasalnya Kirin hanya diproduksi untuk Smartphone Huawei saja.

Sekedar informasi saja, Huawei adalah pioner dalam jaringan 5G jadi wajar saja jika mereka harus mengatur seluruh perangkat yang melekat pada Device-device mereka comptible dengan prinsip kerja yang cepat.

6. Apple Bionic

Kalau dilihat dari namanya sepertinya kita sudah bisa menebak Smartphone ada saja yang menggunakan Chipset merek ini.

Apple Bionic merupakan Chipset yang diproduksi oleh perusahan asal California. Produk teranyar dari Apple Bioni dapat dilihat di Iphone 11 dan kemungkinan besar akan digunakan oleh iPhone 12.

7. Nvidia Tegra

NVidia tidak melulu soal GPU handalnya yakni GForce, tapi Produsen ini juga bermain di ChipSet untuk Samrtphone.

NVidia memproduksi Tegra yang merupakan pencetus Quadcore di Smartphone. Salah stau produk andalannya adalah Tegra X1 yang dibenamkan Quad-Core Cortex A57. Prosesor ini khusus di buat untuk bermian game HD dalam waktu yang lama tanpa LAG.

Hanya saja Kinerja dari Prosesor ini setara dengan konsumsi daya yang sangat besar. Jadi memang hanya ditemukan di beberapa Smarthpne yang memiliki fitus berat berat seperti Tablet.

Chipset terkeren Nvidia Tegra

Akhir kata
Nah itu dia 7 Prosesor dan ChipSet yang paling banyak digunakan oleh Smartphone, Smartphone kamu pake yang mana? Tapi kalau bisa ditebak sih kemungkinan besar dari Snapdragon dan Exynos.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Fakta Teknologi Layar IPS Pada Laptop

Matamu.Net – Sampai hari ini belum pernah ditemukan teknologi atau sistem tunggal pada layar Laptop atau Monitor yang lebih bagus dari sistem layar IPS....
Dzargon
1 min read

Mengenal Apa itu Layar IPS LCD

Matamu.Net – Liquid Crystal Display atau dikenal dengan singkatan LCD belakangan ini namanya sudah sangat terkenal dan sangat banyak digunakan pada smartphone, tablet, televisi,...
Dzargon
2 min read

Perbedaan layar IPS LCD vs Super AMOLED

Matamu.net – Zaman sekarang smartphone sebagian besar tersusun atas layar. Tak hanya itu, untuk smartphone kalangan kelas atas justru memiliki dua jenis layar, yaitu...
Dzargon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *