Kenalan dengan Image Signal Processing (ISP) – Chipset Buatan Xiao Mi

1 min read

Image Signal Processing ISP Xiaomi Surge C1

Matamu.NET – Seolah tidak ingin kalah dengan Apple Silicon yang telah meluncurkan Chipset M1 dan Samsung dengan Exynos-nya, Produsen HP raksasa China juga mengeluarkan Chipset yang diberi nama Image Signal Processing atau ISP. Chipset pertama Xiao Mi di rilis dengan code name Surge C1.

Pembuatan Chipset ini adalah langkah konret dari China dalam menghadapi kelangkaan pasokan dan tekanan dari Amerika Serikat. Xiao Mi sepertinya belajar dari Huawei Technologies yang sudah lebih dahulu merasakan pahitnya embargo dari AS. Dengan beredarnya ISP di pasaran ini menambah daftar jenis-jenis Chipset yang bisa dipilih konsumen di pasaran.

Sesuai namanya, Pengembangan dari Image Signal Processing lebih menitikberatkan pada image yang dihasilkan. Xiao Mi mengembangkan sistem proses analisi data gambar dengan logik yang lebih sedikit dan konsumsi memory yang minim. Teknologinya ISP Surge S1 menggunakan sistem algoritma 3A yang dimabil dari singkata AF (Auto Focus), AWB, (Accurate WHite Balance) dan AE (Auto Exposure).

AF bertujuan untuk mengalaisi gambar yang dihailkan sudah tajam dan fokus pada kondisi minim cahaya yang dibantu dengan kinerjad dari AE. AE kemudian mengatur jumlah exposure cahaya yang digunakan dengan rentang Dynamic Range yang tinggi. Terakhir untuk menghasilkan gambar yang lebih natural AWB digunakan untuk mengkoreksi wanra Hitam dan Putih yang adalam frame.

Chipset ISP terbaru dari Xiao Mi terbaru dan manis

Dari sisi kinerja Chipset, Surge C1 diklaim Xiao Mi memilik filter ganda yang bisa memproses kekuatan sinyal rendah dan tinggi secara pararel sehingga bisa mengatasi GAP Lag pada saat peralihan kekuatan sinyal yang sering terjadi di beberapa layanan Internet Service Provider (ISP).

Pengembangan Xiao MI ISP Sruge C1 ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2014 dan sudah mulai dikenakan pada tahun 2017 namun mengalami kemunduran dalam hal Launching. Hal ini disebabkan oleh keinginan Xiao Mi membuat Chipset yang tidak melekat pada perangkat Motherboard Xiao Mi sheingga membutuhkan Logic IO yang lebih canggih. Tujuannya agar Chipset ini juga bisa digunakan oleh produsen Smartphone lain yang mungkin tertarik dengan produk mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *