Karir Sarjana Pendidikan Selain Menjadi Guru

1 min read

Perjalanan Karir Sarjana Pendidikan

Matamu.NET – Salah satu pertanyaan yang paling banyak di ajukan oleh mahasiswa keguruan yang kuliah di LPTK adalah Bagiamankan Potensi Perjalanan Karir Sarjana Pendidikan jika tidak Menjadi seorang Guru atau Dosen?

Pertanyaan semakin banyak diajukan setelah MenPAN-RB tidak lagi membuka formasi Guru pada CPNS yang dilaksanakan tahun 2020 dan 2021 ini. Keputusan ini dianggap sangat merugikan bagi para pemegang Title S.Pd dalam persaingan kerja dan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak.

Karir Sarjana Pendidikan

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita batasi dulu defenisi karir. Karir yang yang dimaksud tentu saja memiliki pekerjaan pada perusahaan besar atau BUMN bukan pada perusahaan kecil (CV) atau malah wirausaha.

Nah saya sendiri seorang Sarjana Pendidikan pada bidang kajian Fisika yang sekarang berkeja sebagai seorang Dosen di LPTK (Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan) di salah satu kampus negeri besar.

Beberapa teman saya yang memegang Title Sarjana Pendidikan ternyata tidak memilih mengembangkan karis sebagai Guru, apapun alasannya. Mulai dari memang tidak memiliki fashion menjadi seorang pengajar atau memang lebih tergiur dengan gaji besar di perusahaan.

Yah memang bukan rahasia lagi sih jika Gaji PNS Guru itu tidak begitu besar jika dibandingkan dengan gaji karyawan BUMN.

Misalnya saja. Saat ini ada tiga orang teman yang bekerja dan memiliki posisi yang baik di BUMN. Karena belum minta izin untuk mention namanya di sini maka saya kasi inisial saja yakni HWD yang bekerja di Pegadaian, DRC di Bank Mandiri, dan FZN yang bekerja di BPJS.

Agar lebih jelas saya mencoba mencari informasi mengenai lowongan kerja di BUMN saya dapat dari Detik.com dan hasilnya screenshootnya sebagai berikut :

Lowongan Pekerjaan Sarjana Pendidikan
ScreenShoot Lowongan Pekerjaan

Dari Cuplikan di atas memang tidak disebutkan secara eksplisit jika menerima Sarjana Pendidikan tapi frasa Seluruh Jurusan itu merujuk pada semuan enyandang gelar sarjana dengan perguruan tinggi terkareditasi minimal B.

Dengan demikian buat kalian pemegang title S.Pd tidak usah berkecil hati jika tidak lulus pada Tes CPNS sebagai seorang Guru, Ijazah kalian juag masih laku untuk melamar pekerjaan di BUMN.

Membangun Karir

Nah jika anda sudah kerja di sebuah perusahaan, kesempatan membangun karir bagi semua karyawan itu sama. Entah itu pemegang Sarjana Pendidikan Fisika, Sarjana Tehnik dan lain sebagainya.

Karir semua karyawan itu ditentukan dari banyak hal dan yang paling besar adalah kinerja karyawan itu sendiri. Biasanya karyawan yang memiliki kualitas kompetensi 4C yang tinggi akan memiliki peluang pengembangan karir lebih baik.

Kompetensi 4C itu sendiri adalah :

  1. Creative
  2. Critical Thinking
  3. Collaborative
  4. Comunication

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.