Kamera yang Cocok untuk Jualan Foto di Microstock

1 min read

Jenis kamera yang cocok untuk jualan foto di Shutterstco

Matamu.NET – Artikel ini saya buat karena banyaknya teman yang ingin mulai jualan foto di Microstok menanyakan perihal jenis kamera. Shutterstock adalah jenis kamera yang cocok digunakan untuk jualan foto online di Shutterstock?

Sebelum menjawab pertanyaan ini yuk kita bahas Syarat agar foto bisa lolos di Shutterstock.

Sebuah foto bisa dipajang di situs Shutterstock jika sudah melalui proses kurasi. Kurasi ini dilakukan dilakukan secara manual oleh orang yang menjadi kurator dari Shutterstock. Oleh karena itu tugas pertama Contributur agar foto mereka bisa lulus adalah penuhi kriteria kurator.

Selain dari kriteria dari kurator ada juga kriteria tehnis yang harus diikuti dari sebuah foto agar bisa lulus. Kriteria tehnis tersebut adalah :

  1. Ukuran dimensi terpendek adalah 2000 Px dengan kata lain pasti ukuran minimum 4 Mega Pixel, tapi foto 4 Mega Pixel belum tentu punya dimensi terpendek 2000 Px
  2. Tidak Noisy, Blur, Cromatik Aberation, Shake, Over dan under Exposure

Jadi secara tehnis ada dua syarat tehnis dari sebuh foto dapat diterima. Dengan demikian kita bisa menentukan jenis kamera yang dibutuhkan.

Tapi kalau kembali ke kebutuhan tehnis tersebut maka seluruh kamera Mirrorless dan DSLR pasti sudah memenuhi syarat ini.

Misalnya kita cek Kamera Entry Level dari Canon yakni Mirrorless M50 yang dibanderol dengan harga 6 sampai 7 jutaan. Kamera ini sudah punya spesifikasi tehnis seperti dimensi Foto sampai 24,1 MP.

Jadi kalau kamera entry level sudah cukup untuk masuk di Shutterstock gimana dengan kamera Pro dengan ukuran sensor Full Frame, sudah pasti masuk kriteria.

Jenis Kamera HP

Oh iya, tidak hanya foto dari kamera profesional yang bisa laku di shutterstock loh, tapi juga foto dari kamera Handphone. Seperti foto saya yang satu ini :

Jualan foto di Shutterstock dengan kamera Handphone

Perhatikan foto nomor 2 yang gambar akar dari batang pohon yang dicangkok, foto yang laku dibeli dari Tulungagung. Foto tersebut saya ambil dengan kamera Xiao Mi Note 7 yang saya beli dengan harga 2.500.000 rupiah.

Baca Juga : Jualan Foto di Shutterstock pake Kamera HP

Yang ingin saya sampaikan disini adalah, kamera dari HP midlle end saja masih bisa lolos kurasi bahkan sampai laku. Jadi sepertinya tidak perlu ditanyakan lagi mengenai jenis kamera yang cocok karena saya pikir saat ini semua kamera sudah sesuai dengan kriteria microstock.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *