Jenis Pekerjaan dan Profesi yang Cocok Bagi Pecinta Marketing

2 min read

Cewek manis dna canitk bekerja di Divisi Marketing

Matamu.NET – Menyukai Dunia Marketing adalah salah satu modal besar yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pasalnya 9 dari 10 lapangan pekerjaan yang ada di muka bumi itu hanya berkaitan dengan jual beli. Satu bagian lainnya hanya dari divisi Produksi yang masih terbagi ke dalam banyak cabang lagi.

Namun terkadang, lapangan pekerjaan di bidang Marketing hanya menawarkan metode-metode penjualan yang konvesional seperti Salest door to door yang dianggap kurang prestisius. Padahal, Marketing adalah salah satu divisi yang potensi penghasilan bisa melebihi gaji Direktur perusahaan tersebut. Potensi penghasilan akan berbanding lurus dengan kinerja yang kamu lakukan.

Buat kalian yang memiliki minat yang tinggi di bidang marketing dan pemasaran atau bahkan saat ini sedang kuliah pada jurusan tersebut, berikut ini ada beberapa pertimbangan profesi dan pekerjaan yang cocok untuk kalian coba-coba.

1. Content Writer

Saat ini kebutuhan tentang contetn writer sangatlah tinggi, terutama di era digital. Banyaknya usaha yang melebarkan saya mereka ke dunia Internet membuat kebutuhan jasa akan Content Writer (penulis konten) semakin meningkat.

Content writer memiliki tugas menulis deskripsi sebuah prodok atau kaliamt persuasif yang mengajak orang membeli produk baik itu Hard Selling maupun Soft Selling. Saat ini, Pekerjaan ini masih tergolong freelance sih sebenarnya tapi penghasilan tidak bisa dianggap sepele, terutama content writer berbahasa inggris.

1 artikel berkualitas baik dalam bahasa Inggris bisa dihargai sampai 100 USD loh. Lumayan buat jajan kan, apalagi kalau kamu mampu menulis artikel dalam sehari.

Cewek Cantik Bekerja sebagai Freelance content Writer

2. Copy Writer

Meskipun sedikit mirip, Content Writer dan Copy Writer memiliki tugas yang berbeda loh. Copy Writer memiliki tugas branding image atau mencari cara agar nama dari produk yang mereka pasarkan. Sehingga mereka bisa saja kembali memanfaatkan jasa orang lain seperti selebgram agar branding produk mereka bisa mendapatkan citra yang baik di masyarakat.

3. Social Media Specialist

Salah satu jenis Copy Writer mungkin Social Media Specialist tapi ruang kerja mereka berputar di seputar Sosial media populer semata seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Tujuannya adalah melakukan promosi dan branding image dari produk dengan memanfaatkan algoritma dari masing-masing produk.

Misalnya pada produk seperti instagram, mereka harus tau cara merancang Promotion Budgeting agar produk mereka tepat dilihat oleh-oleh orang yang berkemungkinan besar membeli produk yang dipasarkan. Selain itu, target bisa juga dilihat dari luas jangkauan dan usia dari penggunaan media sosial sehingga budget promosi mereka tetap sasaran tidak semata membakar uang.

Salah satu pekerjaan Freelancer Copy writer

4.Influencer

Influencer adalah orang yang saat ini kebanyakan berprofesi sebagai Selebgram dan Streamer yang mampu mebawa pengaruh besar dalam budaya pop. Misalnya saja Atta Halilintar salah satu Yotuber sukses Indonesia yang berhasil mempengaruhi banyak orang untuk ikut menjadi Youtuber. Barang-barang yang berakitan dengan Atta Halilintar juga banyak jadi bahan perbincangan.

Nah influencer ini adalah salah satu pekerjaan yang memiliki banyak kesempatan untuk menjadi Brand Ambasador dan juga Endorsment dari produk tertentu. Harga jasanya pun terbilang lumayan besar, bahkan konon Raditya Dika bisa tembus bayaran 1 Milliar untuk satu konsep Video Endorsement di Youtube.

Salah satu pekerjaan sebagai influencer yang

5. Account Executive

Account Executive adalah pekerjaan yang erat hubungan dengan marketing namun pada tingkat executive yakni kamu hanya akan berhubungan dengan penentu kebijakan dari perusahaan lain yang kemungkinan membuthkan jasa dari perusahaan kalian. Jadi penetrasinya tidak ke pasar umum melainkan membangun relasi dengan banyak perusahaan.

Berbeda dengan 4 profesi sebelumnya, Account Executive terbilang salah satu pekerjaan yang lebih profesional dan terikat konterak kerja sehingga ada target yang akan melekat dengan dirimua sebagi karyawan. Hal ini juga dimulai dengan mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai marketing di sebuah perusahaan untuk menunjukkan jika kamu punya niat bergabung dengan divisi marketing di perusahaan yang kamu incar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *