Contoh dan Cara Membuat Surat Panggilan Wawancara Kerja

1 min read

Ilustrasi Wawancara Kerja Perusahaan

Matamu.NET – Pada anda atau perusahaan sedang melakukan seleksi penerimaan karyawan baru, salah satu dokumen penting adalah menyediakan surat panggilan wawancara kerja. Surat ini berguna untuk memangil para pelamar kerja yang surat lamaran kerjanya lulus tahap seleksi dokumen.

Wawancara atu Interview menjadi bagian penting mengenali lebih dalam calon pekerja kamu. Ada tiga hal yang sebenarnya yang akan akan dipastikan melalui seleksi interview calon pelamar kerja. Yakni :

  1. Apakah Hardskill yang tertulis di surat lamaran kerja betul-betul dikuasai oleh kandidat karyawan baru.
  2. Apakah Calon Pegawai baru memiliki soft skill yang baik yang sesuai dengan atsmosfer perusahaan atau instansi kalian.
  3. Mengetahui berapa standar gaji yang diinginkan oleh calon karyawan yang tentu saja harus disesuai dengan job desk dari divisi tempat karyawan tersebut diterima.

Contoh Surat Panggilan Interview

Surat pangilan wawancara kerja adalah dokumen resmi perusahaan yang harus disusun secara formal. Sekalipun calon karyawan adalah orang yang mungkin posisinya paling bawah, namun surat ini bukanlah nota dinas yang diberikan atasan ke bawahan, oleh karena harus mengandung unsur :

  1. Kop Surat yang berisi identitas perusahaan / instansi
  2. Sekretariat
  3. Perihal
  4. Nomor surat
  5. Personal yang dituju
  6. Salam Hormat
  7. Isi Surat
  8. Tanggal dan Lokasi Wawancara
  9. Mekanisme reimbursement jika ada, jika tidak ada diinformasikan bahwa biaya akomodasi ditanggung pelamar
  10. Penutup

Adapun contohnya sebagai berikut :

Contoh Surat Panggilan Wawancara Kerja Perusahaan

PT. MATAMU MEDIA KARYA
Jl. Boulevard, No 75 Makassar. Telp. 0411-123456 e-mail : Rekrutment@matamu.net

Makassar, 24 Juni 2022

No : 13/RK/HRD/MMK/VII/2022
Perihal : Panggilan Tes Wawancara
Lampiran : –

Kepada yth.
Saudara Abd. Haris S.Adm Di Tempat

Salam Hormat,
Sehubungan dengan hasil seleksi berkas rekrutmen karyawan baru PT Matamu Media Karya yang telah kami lakukan secara seksama pada 15 Juni 2022. Saudara atas nama Abd. Haris S.Adm dinyatakan sebagai salah satu kandidat yang memenuhi persyaratan administrasi sebagai pelamar pada posisi Staff Administrasi di perusahaan kami. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi pada laman matamu.Net/rekrutment/pengumuman.

Melalui surat ini kami mengundang saudara untuk mengikuti tes wawancara kerja yang akan diadakan di perusahaan kami, oleh karenanya Saudara diharapkan hadir di Kantor pusat pada :

Hari, Tanggal : Selasa, 28 Juni 2022
Waktu : 08.00 WITA
Tempat : Kantor Pusat PT Matamu Media Karya, Makassar

Jika saudara berasal dari daerah Luar Kota Makassar, kami menyediakan penggantian biaya perjalanan dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Peserta dari Kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar tidak mendapatkan penggantian biaya perjalanan dan akomodasi
  2. Peserta dari Sulawesi Selatan diluar dari daerah yang disebutkan di point 1, akan mendapatkan biaya pengganti perjalanan maksimal sebesar Rp. 300.000 Rupiah.
  3. Peserta dari luar Sulawesi Selatan akan mendapatkan biaya pengganti perjalanan maksimal Rp. 2.000.000,-
  4. Biaya penggantian diajukan pada bagian Keuangan pada hari wawancara dengan membawa bukti pembayaran tiket, tiket yang digunakan, dan foto kopi KTP.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

Nasrul Ihsan S.Psi
Manager Personalia

Akhir Kata

Demikian contoh dan cara membuat surat panggilan wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu efektifitas kerja perusahan anda. Terima kasih atas kunjungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *