Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Cara Menjadi Fotografer Profesional

3 min read

Matamu.Net – Setiap orang yang memiliki hobi atau tengah mendalami aktivitas fotografi pastinya memiliki impian untuk menjadi seorang fotografer yang professional. Bagaimana tidak, selain mendalami hobinya tersebut seorang fotografer professional secara tidak langsung dapat menghasilkan pundi-pundi uang dari memotret objek.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa sebenarnya untuk menjadi seorang fotografer professional tidaklah terlalu sulit seperti yang selama ini dibayangkan. Namun, yang utama dan pertama yang harus dimiliki oleh seorang fotografer adalah dasar yang kuat, yaitu kemauan. Apabila kemauan ada, maka meski skill atau kemampuan yang dimiliki oleh seorang fotografer tidak terlalu handal, lama kelamaan apabila diasah pastinya akan menjadi fotografer professional dengan skill yang mumpuni.

Kata ‘Profesional’ yang disematkan pada fotografer bukan semacam kata-kata semata saja. Akan tetapi, sebutan fotografer professional adalah penghargaan yang diberikan kepada seorang fotografer yang mampu mneghasilkan gambar-gambar yang bernilai dan berkualitas baik itu foto bertema pemandangan alam, makanan, olahraga, bangunan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang fotografer professional membutuhkan waktu dalam mengasah kemampuan memotret dan tidak bisa didapatkan secara instan. Di samping itu, menjadi fotografer professional bukan terletak pada kamera yang digunakan fotografer.

Akan tetapi, dilihat dari kemampuan sang fotografer dalam memotret. Karena sebagus apapun kamera apabila tidak berada ditangan yang tepat maka hasil foto tidak akan bagus. Begitu pun sebaliknya baik kamera mahal ataupun murah tapi sang fotografer mampu menggunakannya maka hasil foto akan tetap berkualitas.

Cara menjadi Fotografer Profesional

Maka dari itu, untuk melatih kemampuan Anda dalam fotografi sehingga lebih professional berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar menjadi fotografer professional.

1. Banyak membaca buku mengenai fotografi

Sekarang ini, mencari referensi terkait dengan fotografi bukan lagi perkara yang sulit. Hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan berselancar saja di dunia maya. Diketahui sangat banyak artikel yang membahasa tentang fotografi, sejarah, sampai dengan teknik fotografi yang baik.

Di samping itu, Anda juga dapat mencari tau karya-karya yang dihasilkan oleh seorang fotografer professional dan melihat contoh-contoh karya mereka. Dengan mengetahui hal tersebut, maka bisa saja keinginan Anda untuk menjadi fotografer professional semakin tepacu untuk diasah.

2. Menggunakan peralatan yang tepat

Perlu diketahui bahwa jenis peralatan yang dibutuhkan setiap fotografer berbeda-beda, yaitu tergantung jenis pemotretan yang dilakukan. Namun, secara umum biasanya fotografer professional menggunakan dua kamera serta lensa yang bermacam-macam ukurannya.

Selain itu, yang perlu dipersiapkan adalah perangkat lunak atau software yang cocok digunakan setelah proses pengambilan gambar selesai. Hal tersebut bertujuan agar menghasilkan gambar yang lebih bagus dan keren. Oleh karena itu, selalu ingat bahwa gunakan alat yang tepat pada setiap jenis pemotretan.

3. Berlatih menggunakan kamera setiap hari

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjadi fotografer professional adalah biasakan untuk berlatih menggunakan kamera setiap hari. Potret apapun yang ada dihadapan Anda jangan pikirkan objek apa yang difoto maupun kamera apa yang dipakai untuk mengambil gambar. Terlebih dahulu fokus untuk memotret secara rutin.

Lakukan hal tersebut secara teratur alias setiap hari. Biarkan kegiatan tersebut mengalir apa adanya secara konsisten. Dengan begitu secara tidak langsung keterampilan teknik menggunakan kamera akan semakin terasah.

4. Mencari tahu keahlian atau keterampilan

Untuk mengetahui keahlian atau keterampilan yang dimiliki maka ambillah gambar pada setiap jenis fotografi yang Anda sukai. Hal tersebut dilakukan sebelium akhirnya menentukan bidang keahlian yang sebenarnya dimiliki. Dengan berkali-kali melakukan percobaan maka Anda nantinya akan mengetahui keahlian yang dimiliki entah itu jenis fotografi wedding, olahraga, pemandangan, modelling, atau jenis lainnya.

Apabila Anda telah mengetahui hal tersebut maka kesempatan untuk menjadi fotografer professional selangkah lebih dekat. Di samping itu, peluang untuk mendapatkan keuntungan juga semakin mudah apalagi jika dijadikan sebagai bisnis.

5. Pahami segitiga eksposur

Salah satu cara menjadi fotografer professional adalah dengan memahami yang namanya segitiga eksposur agar menghasilkan foto yang berkualitas dan bernilai tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa segitiga eksposur merupakan elemen dasar dari eksposure, yaitu ISO, Aperture, dan juga Shutter Speed.

Ketiga elemen tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga nantinya hasil bidikan menjadi seimbang. Dengan cara mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.

Ilustrasi keren tentnag Segitiga Exposure dalam fotografi

6. Memegang kamera dengan benar

Cara yang satu ini biasanya tidak diperhatikan oleh beberapa orang. Padahal memegang kamera dengan benar adalah sesuatu yang tak bisa disepelekan. Apabila cara memegang kamera dilakukan dengan benar dan tepat maka saat mengambil gambar atau memotret tidak terjadi guncangan yang menyebabkan foto tidak fokus.

Oleh kerena itu, memegang kamera dengan benar adalah sesuatu yang sangat penting agar hasil bidikan bagus serta fokus pada objek yang akan dipotret.

7. Mendekat ke obyek foto

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjadi fotografer professional adalah memotret objek dengan jarak dekat. Hal tersebut dilakukan agar menghasilkan foto yang kesannya lebih real atau nyata. Salah satu cotoh sederhananya adalah ketika memotret objek bunga maka usahakan dekatkan kamera dan buat fokus pada objek yang difoto.

8. Maksimalkan komposisi foto

Hal yang mendukung agar menjadi seorang fotografer professional yaitu dengan memaksimalkan komposisi foto. Perlu diketahui bahwa bukan hanya lensa saja yang mempengaruhi hasil foto. Akan tetapi, Anda juga harus mengasah kemampuan dalam komposisi foto pada saat mengabadikan gambar melalui kamera.

Paling tidak, usahakan menguasai satu jenis komposisi dan asah kemampuan tersebut sampai mahir. Setelah itu, kembali asah keterampilan dengan mempelajari jenis komposisi lainnya sampai semua komposisi dapat dikuasai sehingga dapat menjadi seorang fotografer professional.

Ruang keren pada fotografi mantap Segitiga Exposure

9. Bergabung dengan komunitas fotografer

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menjadi fotografer professional adalah dengan bergabung dengan komunitas fotografer. Perlu diketahui bahwa dalam mengembangkan ide-ide fotografi tak selamanya dapat dilakukan seorang diri, tapi membutuhkan partner atau orang lain.

Oleh karena itu, ada baiknya jika bergabung dengan komunitas fotografi yang ada disekitar Anda. komunitas tersebut tidak perlu semuanya beranggotakan fotografer professional karena tujuan Anda ingin belajar sehingga Anda dapat lebih mendalami keterampilan yang dimiliki. Selain itu, tak menutup kemungkinan anggota dalam komunitas tak segan-segan membagikan ilmu yang mereka miliki kepada anggota komunitas lainnya.

10. Belajar cara mengedit

Sangat penting bagi seorang fotografer untuk mengetahui cara menggunakan software yang tepat dalam proses editing foto. Seperti yang diketahui bahwa dengan menggunakan software yang berkualitas secara tidak langsung dapat menciptakan gambar yang bekualitas pula.

Saat ini sudah banyak software edit foto yang dapat diunduh baik itu yang gratis maupun berbayar. Mulai dari yang populer seperti Adobe Photoshop, Photo Pos Pro, PicturesToExe 9, GIMP, Lightroom, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu Anda menjadi seorang fotografer professional. Semoga artikel ini dapat membantu para fotografer yang ada di Indonesia menjadi seorang fotografer yang handal dan professional. Selamat mencoba.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *