Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Cara Install dan Buat Akun Aplikasi Zoom Cloud Meeting di HP Android

2 min read

Cara mudah buat Akun zoom Meeting di HP

Matamu.Net – Layanan Video Conference menjadi salah satu primadona media yang banyak digunakan kala menemui keterbatasan ruang dan waktu untuk bertemu. Terutama pada saat masa covid-19 yang praktis membuat semua aktifitas dilakukan melalui media online.

Layanan Video Conference yang stabil dan handal dalam menangani masalah jumlah peserta yang gartis tidaklah banyak, namun Applikasi Zoom Clound Meeting menjadi salah satu aplikasi Conference yang bisa diandalkan.

Meskipun tidak sepenuhnya gratis, karena akun host harus punya akun premium untuk membuat conferensi dengan durasi lebih dari 40 menit, namun user zoom tetap bisa digunakan secara gratis.

Keren-nya lagi aplikasi tidak hanya bisa digunakan menggunakan Laptop atau PC tetap juga bisa digunakan di perangkat mobile seperti Smartphone ataupun Tablet.

Buat kalian yang ingin membuat akun dan menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di HP, berikut ini caranya.

1. Download Aplikasi

Aplikasi Zoom bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Hati-hati dsana ada banyak palikasi serupa yang memang menyediakan fasilitas dari Zoom meeting melalui API Zoom asli, namun bisa saja ada hal lain yang mereka ingin lakukan.

Sebut saja seperti code tertentu yang disembunyikan untuk mereka manfaatkan atau malah aplikasi yang berisi iklan dari mereka yang pastinya bakalan memberikan user experience yang buruk saat menggunakan aplikasi zoom dari pihak ke 3 (Third Party)

Link Zoom asli di APP store bisa dilihat melalui link berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=us.zoom.videomeetings

atau bisa didapatkan melalui situs resmi zoom yakni Zoom.us.

2. Sign Up

Sign Up adalah membuat akun di Zoom, jika kamu hanya sebagai user bukan host atau penyelenggara meeting maka kamu bisa menggunakan gratis.

Adapun cara buat akun di zoom meeting

  • Buka akun Zoom Meeting yang sudah di Install
  • Pilih Sign Up jika kamu belum punya akun.
  • Masukkan alamat email kamu, kemudian nama depan dan nama belakang, centang “I agree to terms of service”. Lallu tekan ok/sign in.
Tampilan Awal Aplikaso Zoom Cloud Meeting Mobile
Tampilan Awal Aplikasi Zoom Cloud Meeting Mobile

Setelah proses tersebut, zoom akan melakukan verifikasi kasi email di email kamu. Buka email tersebut melalui smarpthone kamu lalu klik link verifikasi di email tersebut.

Setelah diklik, Website Zoom akan terbuka secara otomatis dan meminta anda untuk membuat password. Kriteria passwordnya adalah

  • Minimal 8 Karakter
  • Kombinasi huruf besar dan kecil
  • Memiliki minimal 1 angka

Setelah memasukkan password yang kamu inginkan, silahkan confirmasi password tersebut dengan mengetikannya ulang di kolom yang berikutnya. Jika sudah selesai centang kirim atau continue. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, setelah itu silahkan keluar.

Sekarang kamu sudah memiliki akun Zoom user tanpa batasan waktu namun jika sebagai host kamu hanya bisa menggunakan 40 menit. Untuk menggunakan zoom silahkan masuk ke Aplikasi Zoom di HP kamu sampai masuk.

Setelah masuk silahkan sign sesuai dengan email dan password yang kamu masukkan.

3. Sign In

Buat kalian yang tidak mau ribet mendaftar akun Zoom, kalian juga bisa menggunakan zoom dengan cara sinkronisasi Zoom menggunakan akun Facebook dan Gmail. dengan cara mengklik tab yang ada di bagian bawah kolom user dan password.

4. Join a Meeting

Join Meeting adalah fasilitas untuk ikut bergabung dalam Video Conference di Zoom. di Zoom sendiri ada dua cara yakni pertama yakni silahkan copy paste link meeting diberikan host kepada ada lalu paste di kolom link join meeting.

Caramudah Join Zoom Meeting di CPU dan Computer
Cara join meeting di Zoom

Jika anda tidak memiliki link, maka cara berikutnya adalah memasukkan ID meeting dari Zoom yang tentu saja dibagikan oleh Host atau akun yang memulai conference.

Setelah memasukkan Link atau Meeting ID silahkan klik join, lalu masukkan Password pada kolom yang muncul. Setelah silahkan tunggu Moderator me-moderasi anda untuk join. Anda akan menunggu di Waiting room, namun terkadang host menghilangkan sistem moderasi sehingga bisa langsung join begitu mengetahui link atau Meeting ID yang diberikan.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *