Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Apa Itu Shuttercount Dalam Kamera dan Mengecek Jumlahnya

1 min read

Shuttercount sebuah kamera

Matamu.Net – Shuttercount atau biasa disebut dengan SV merupakan jumlah berapa kali tombol Shutter kamera ditekan atau dipencet sehingga menghasilkan sebuah foto yang mulai dihitung dari saat penggunaan pertama kamera sampai dengan terakhir kali kamera digunakan untuk memotret.Daftar Isi

Manfaat Mengetahui Shuttercount

Perlu diketahui bahwa terdapat dua manfaat mengetahui Shutter Count pada kamera, seperti berikut ini.

  1. Manfaat pertama mengetahui Shutter Count pada kamera adalah tentunya secara tidak langsung dapat tahu sampai dititik mana kamera akan bekerja secara maksimal. Hal tersebut dikerenakan Shutter Count dapat bekerja secara maksimal apabila tidak melewati titik atau batas penggunaan. Diketahui setiap kamera memiliki batasan maksimal pemakaian. Adapun kamera yang baik adalah kamera yang mempunyai standar Shutter Count sekitar 100 ribu kali.
  2. Manfaat kedua mengetahui Shutter Count pada kamera adalah dapat dijadikan sebagai suatu pertimbangan ketika akan membeli kamera yang bukan baru atau bekas. Dengan begitu, dapat diketahui atau diprediksi sampai kapan kamera tersebut dapat bekerja secara maksimal.

Ketika Kamera Memasuki Batas Maksimal Shutter Count 

Mungkin bagi sebagian orang atau fotografer yang masih pemula bingung apa yang harus dilakukan ketika kamera yang dimilikinya telah memasuki batas maksimal Shutter Count.

Apabila hal tersebut terjadi maka fungsi mekanis komponen pada kamera tentunya tidak akan bekerja walaupun tombol Shutter ditekan. Namun, tidak perlu khawatir hal yang dapat dilakukan adalah tentunya mengganti komponen Shutter yang mengalami masalah.

Cara Cek Jumlah Shutter Count

Setiap merk kamera memiliki cara tersendiri untuk mengecek jumlah Shutter Count. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah yang data dilakukan untuk mengecek jumlah Shutter Count khusus pada kamera Canon dan Nikon. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cara mengecek jumlah Shutter Count kamera Canon

  • Hal pertama yang dilakukan adalah tentunya harus memastikan bahwa kamera dalam keadaan mati total atau off.
  • Selanjutnya biarkan atau diamkan kamera selama 15 detik. Kemudian hubungkan kamera dengan perangkat komputer dengan menggunakan kabel USB.
  • Setelah sudah terhubung maka langkah selanjutnya adalah hidupkan kembali kamera atau tekan tombol on kamera.
  • Untuk mengecek jumlah Shutter Count maka terlebih dahulu harus menginstall software program EOS Utility.
  • Langkah berikutnya adalah membuka serta mengoperasikan aplikasi Canon EOS Camera Info v1.2 untuk mengecek jumlah Shutter Count. Untuk mengetahui jumlah SC maka diperlukan waktu beberapa menit sampai data SC muncul di layar komputer. Setelah itu barulah jumlah SC dapat dilihat. Disarankan untuk mengecek secara teliti SC kamera.
  • Langkah terakhir ketika sudah mengetahui jumlah Shutter Count, matikan kamera dan klik Ok apabila tampil windows success.
cara mengecek Shuttercount di amera Canon

2. Cara mengecek jumlah Shutter Count kamera Nikon

Seperti yang kita ketahui bahwa pada kamera Canon, Shutter Count dapat dicek secara langsung tanpa harus online. Namun, berbeda dengan kamera Nikon yang dimana untuk mengecek jumlah Shutter Count-nya harus dilakukan secara online. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengunjungi website camerashuttercoun.com.
  2. Selanjutnya, upload satu foto yang berasal dari kamera ke dalam situs tersebut. Lantaran dilakukan secara online maka hal tersebut juga dapat dilakukan dengan menggunakan smarphone maupun laptop atau PC.
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai muncul kotak notifikasi Camera Shutter Count.
  4. Kemudian secara langsung jumlah Shutter Count akan muncul disertai dengan tipe dari kamera Nikon yang digunakan.

Itulah penjelasan singkat tentang Shutter Count pada kamera. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memahami Shutter Count maupun mengetahui cara cek Shutter Count pada kamera.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *