Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Aliran Foto Minimalis Dalam Fotografi

1 min read

Cara membuat Fotografi Minimalis

Matamu.Net – Belakangan ini, sangat banyak aliran fotografi yang populer dikalangan para fotografer, salah satunya adalah aliran fotografi minimalis. Fotografi minimalis merupakan jenis fotografi yang lebih menekankan konsep dengan jumlah objek maupun elemen foto seperti warna, bentuk, garis, sampai dengan tekstur seminimal mungkin.

Selain itu, aliran fotografi jenis ini juga lebih banyak mempunyai area kosong dalam foto. Walaupun terlihat sederhana, apabila digarap dengan baik maka akan menghasilkan karya yang keren dengan pesan yang kuat bagi yang melhat foto minimalis.

Jenis-Jenis Fotografi Minimalis

Berikut ini jenis-jenis dari fotografi minimalis yang perlu diketahui:

1. Less Element

Dalam fotografi minimalis maka sebaiknya menggunakan sedikit elemen, dimana di dalam foto terdapat subjek utama yang menjadi pusat perhatian. Di samping itu, untuk meningkatkan komposisi foto maka ditambahkan subjek pendukung, namun disarankan tidak menjadi pengalih perhatian dari subjek utama.

contoh fotografi kursi keren dengan background abu abu

2. Permainan Warna

Dengan adanya permainan warna misalnya campuran warna yang kontras dalam fotografi minimalis maka akan memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi ketika warna yang dimainkan menciptakan pola maupun garis.

Fotografi minimalis dengan warna langit kontras yang keren dan bagus

3. Small Object

Jadi perlu diketahui bahwa salah satu jenis dari fotografi minimalis yang sering digunakan adalah terdapatnya objek utama yang ukurannya kecil dibandingkan dengan total frame. Tak hanya itu, tipe small object juga bisa dibantu dengan background yang menarik perhatian.

Foto mantap keren dan bagus lomba fotografi

4. Geometri Sederhana

Geometri sederhana biasanya digunakan untuk unsur shadow dalam fotografi. beberapa bentuk geometri sederhana seperti lingkaran, kurva, ktak, silinder, persegi panjang, segitiga, dan lain sebagainya.

lomba fotografi keren anak-anak pulang lomba keren dan handal

Tips Menghasilkan Fotografi Minimalis

Perlu diketahui bahwa sebenarnya dalam fotografi minimalis tidak ada aturan yang ketat untuk menghasilkan karya yang keren. Malahan fotografi minimalis mempunyai sifat yang terbuka dan bebas dalam berkreasi. Akan tetapi, ada baiknya apabila megacu pada aturan minimalis yang sesungguhnya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips menghasilkan fotografi minimalis:

1. Memahami Minimalisme

Sangat penting bagi seorang fotografer untuk mengetahui dan memahami komponen dalam jumlah minimum misalnya warna, bentuk, garis, serta tekstur. Meski tidak mudah lantaran mengaitkan sejumlah pemikiran abstrak untuk memahami sebuah minimalisme dalam fotografi.

2. Tetap Sederhana

Sederhana bukan berarti sujek yang akan dipotret terlihat tidak menarik, malahan dalan fotografi minimalis diharuskan untuk mencari subjek yang menarik untuk dipandang mata. Selanjutnya, setelah mendapatkan elemen yang akan difoto maka seorang fotografer membayangkan subjek tersebut dalam keadaan sederhana.

3. Negative Space

Bukan hanya objek saja yang minimal dalam fotografi minimalis, tapi area kosong atau negative space dalam foto juga sebaiknya cukup luas sehingga foto yang dihasilkan menunjukkan karakteristik dari foto minimalis. Selain itu, dengan adanya negative space yang luas maka akan menonjolkan point of interest foto.

4. Komposisi

Komposisi merupakan bagian mendasar dan sangat penting dalam fotografi, tak terkecuali fotografi minimalis. Untuk memberikan kesan yang bagus dipandang maka fotografer sebaiknya tetap menggunakan rule of third.

5. Warna Pelengkap

Tips selanjutnya adalah memilih warna yang kontras dengan objek namun tetap sederhana. Di samping itu, cari cahaya yang dapat memperlihatkan kontras warna maupun tekstur bidang.

6. Garis Kuat

Tetap perhatikan garis horizontal dan garis vertikal agar membuat komposisi foto juga semakin kuat. Hal tersebut diketahui dapat memperlihat struktur yang solid pada gambar yang dihasilkan.

7. Menceritakan Kisahnya

Dalam fotografi minimalis yang baik dan menarik harus memiliki makna atau gambar yang dihasilkan dapat menyampaikan secara tidak langsung isi dari foto. Oleh karena itu, seorang fotografer harus membuat yang melihat foto minimalis memahami jalan cerita dalam foto.

Itulah beberapa informasi mengenai aliran minimalis dalam fotografi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *