5 Situs Microstock Tempat Jualan Foto Online Terbaik Cocok untuk Fotografer Pemula

2 min read

Tempat dan situs jualan foto

Matamu.NET – Punya hobi foto tapi tidak tahu mau diapakan? Tidak ada salahnya kamu coba jual foto di 5 situs Microstock berikut ini. Selain mudah foto kamu dibayar pakai dollar loh?

Cara cukup mudah kok, yakni dengan membuat akun dna melengkapi data diri seperti membuat facebook, lalu Upload foto yang akan kamu jual, entah itu baik atau jelek.

Apa saja lima situs mikrostock tersebut? mari kita simak ulasan matamu.net.

1. 500px

500px adalah satau situs komunitas fotografi yang juga menyedikan layanan jual beli foto. Situs ini terhitung sudah menghubungkan lebih dari 5 juta fotografer dari seluruh dunia untuk bertukar karya, sharing dan jualan foto.

Seluruh fotografer bebas mengupload karyanya di 500px dengan kriteria ukuran foto tidak lebih dari 500 pixel untuk sisi terpanjang. Untuk foto yang lolos kurasi akan ditayangkan ke situs 500 px.

Foto yang tayang ini ada kemungkinan terjual dengan harga 250 $ per licensi foto dengan sharing fee 70 % ke pemiliki foto dan 30% ke situs 500px degan dengan kata lain kamu berpeluang memperoleh uang sebesar 175 $ atau sekitar 2,4 juta rupiah untuk kurs 13,900 rupiah.

2. Shutterstock

Shutter adalah salah satu situs yang bisa memberikan penghasilan tambahan buat kalian para fotografer profesional maupun pemula. Pasalnya proses kurasi dari situs ini terbilang mudah.

Kamu bisa mengopload foto dengan ukuran terpendek dari sisi foto yang kamu upload adalah 2000 px, jadi bisa diartikan ukuran minimal 4 megapixel, namun foto 4 mega pixel belum tentu diterima jika ukuran sisi terpendeknya lebih kecil dari 2000 px.

Meskipun mudah, Shutterstock bukanlah situs kaleng-kaleng karena gambar kalian bisa terjual dengan lisensi standar sekitar 120$ dan shutterstock hanya memotong sekitar 20% sebagai fee mereka. Hal ini berarti anda mendapatkan bayaran sekitar 90 $ atau sekitar 1.3 juta rupiah.

Tapi tenang, mekanisme penjualan foto di Shutterstock juga menyediakan penjualan non lisensi. Mereka yang berminat dengan foto kamu tapi tidak punya cukup uang bisa mendownload foto-mu tapi tidak mendapatkan lisensi. Artinya kamu masih bisa menjual foto tersebut berkali-kali.

Penghasilan dari download untuk non lisensi buat kamu mulai dari rentang 0,10 $ sampai dengan 1,88 $ tergantung dari tipe akun pembeli foto tersebut. Jadi lumayan jika ada satu foto yang di download lebih dari sepuluh kali tapi hak dari foto tersebut masih melekat sama kamu.

Situs ini sudah membayar jutaan fotografer dari seluruh dunia dengan total transaksi lebih dari 500 juta $. Buat kalian yang berminat daftar shutterstock bisa lihat detailnya disini :Cara daftar Shuttertock

3. SmugMug Pro

SmugMug pro adalah salah satu situs microstock yang paling sedikit memotong fee dari setiap foto yang mereka jual yakni hanya sekitar 15%. Harga jual foto pun yang terbilang bersaing karena tidak terlalu mahal seperti 500 Px tapi tidak semurah Shutterstock.

1 harga foto dengan lisensi dijual dengan harga 10,79 $ hanya saja akun di situs terbagi atas dua yakni akun standar dan akun pro. Akun Pro mendapatkan biaya penjualan lebih tinggi namun dikenakan biaya beban setiap bulannya yakni sekitar 12,50 per bulan atau sekitar 150-an jadi memang harus serius untuk situ microstock atau kamu cukup punya akan biasa saja.

Sayangnya, untuk bisa memperoleh komisi yang besar itu, fotografer harus menjadi member premium, dengan biaya sekitar $12,50 per bulan atau sekira 150-an ribu rupiah.

Yang berarti komisi yang anda dapatkan adalah $ 8,50 atau 85% dari $ 10 tersebut. Cukup tinggi untuk situs penjualan foto saat ini.

Setelah mendaftar, Anda akan menunggah foto, lalu memilih produk yang ingin Anda jual sekaligus untuk menentukan harganya.

Dengan sistem demikian, saya menganggap situs web ini merupakan suatu situs web yang sesuai dengan pola pikir seorang wirausaha, karena Anda harus dapat menentukan biaya yang cocok untuk gambar Anda sendiri.

4. iStockPhoto

iStockphoto by GettyImage adalah situs microstcok yang sudah menjual foto sejak tahun 2001 dan menjadi salah satu situs yang fotonya banyak digunakan untuk oleh situs-situs besar.

Sebagai situs foto terpercaya, iStock menetapkan harga jual yang cukup tinggi yakni sampai 14.96 $ per gambar untuk tipe licensed dan 2,49 untuk tipe subscription atau non licensed. Namun buat kalian yang tidak serius bakalan sulit diterima di situs karena tim iStock memiliki kriteria yang ketat untuk contributor yang ingin bergabung.

Selain itu kamu hanya akan dapat sekitar 15% dari setiap foto kamu yang terjual. Dengan kata lain situs ini adalah situs yang paling banyak mengambil fee dari setiap pembelian foto. Ada sedikit keistimewaan untuk kontributor eksklusif dengan penghasilan sampai 45 % dari foto yang terjual namun iStock sangat genjar melakukan promosi penjualan foto diberbagai situs sehingga penjualan foto di iStock terbilang cepat laku.

5. Alamy

Alamy adalah situs microstock yang berasal dari Inggris. Berdiri sejak 1999, situs ini sudah melebarkan sayap dan membuka banyak kantor pengembangan di India dan Amerika Serikat.

Harga jual foto di Alamy juga terbilang menggiurkan untuk fotografer. Untuk penjualan tipe non lisensed, Subscription termurahnya adalah 19.99 $ atau setara 281 ribu rupiah.

Ada harga ada kualitas, begitu mungkin pepatah yang tepat untuk Alamy ini. Pasalnya kurator di Alamy ini sangatlah ketat dan berlapis, tidak seperti situs lainnya dimana kurasi hanya dilakukan sekali, di Alamy ada 3 kali proses kurasi termasuk dengan kurasi mesin di bagian awal, jadi karya mu harus benar-benar matang untuk bisa tayang di display mereka.

Akhir Kata

Nah itu dia 5 situs microstok yang direkomendasikan untuk jualan foto dan sudah terbukti membayar kontributor mereka. Bukan situs Scam yang tak kunjung mencairkan jerih payah kontributirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *