4 Jenis Fotografi Komersial yang Laku Terjual Sepanjang Masa di Microstock

2 min read

Konsep Fotografi Komersial dengan Smatphone IpHone dan Macbook

Matamu.NET – Jika kamu memiliki niat untuk menjual foto di situs-situs mikrostock tapi belum memiliki rencana mengenai konsep foto yang diinginkan? Mungkin tidka ada salahnya kalian mencoba untuk merencanakan konsep foto Komersial.

Konsep foto koemrsila menjadi salah satu konsep foto yang terjual dengan harga tinggi di situs-situs microstok. Pembelian tipe foto Komersial sangat jarang terjual dengan tipe Subscription dan secara umum terjual dengan tipe on demand atau sedang dicari.

Kendati demikian, tidak semua fotografi komersial bisa laris manis terjual karena pada genre tertentu, Foto tersebut tidak bisa digunakan secara umum. Seperti misalnya fotografi Komersial untuk fashion. Tentu saja karena setiap brand tentu saja sudah menyiapkan sesi foto untuk produk mereka sendiri-sendiri.

4 Jenis Fotografi Komersial yang Trending Sell di Microstock

Berdasarkan catatan penjualan di Situs Microstock seperti 500px dan Shutterstock, ada empat jenis Fotografi komersial yang laku terjual secara online. Empat topik foto tersebut sebagai berikut.

1. Konsep Bisnis dan Office

Fotografi dengan Konsep Bisnis dan Office adalah foto-foto seputar kegiatan dunia usaha dna perkantoran. Pada umumnya foto-foto yang terkait dengan konsep ini terbagi ke dalam dua kategori besar yakni :

  1. Formal Business and Office
  2. Creative Industry (UKMK)

Konsep pertama yakni Formal Business and Office biasanya berbentuk foto dengan objek pekerja kantoran yang terlihat profesional dan elegan dengan pakaian kerja formal seperti Blazer untuk wanita dan jas untuk pria.

Konsep ini biasanya disertai dengan background dan detil foto yang menggambarkan suasan kantor. Detil tersebut seperti Laptop, buku catatan, grafik laporan penjualan atau suasan kantor yang nyaman.

Konsep Foto Model Profesional kerja di Kantoran

Namun di era Industri 4.0, konsep bossiness dan kantor tidak hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar yang sangat formal dalam membuat SOP. Industri Kreative dengan suasana kantor yang bebas dan nayaman dengan pakaian casual juga menjadi trend.

Trend ini selanjutnya terbawa ke dalam konsep fotografi bertema bissunes dan Office. Dalam bahasa Indonesia mungkin dikenal dengan sebutan UMKM dan Industri Kreative.

Konsep fotografi keren dengan Suasana kantor

2. Kegiatan Industri

Berdasakan hasil riset yang dilakukan oleh McKinsey & Company, Wabah Pandemic telah membawa banyak perubahan dalam berbagai sektor di dunia. Salah satu dampak yang paling besar terasa adalah kegiatan jual beli.

Hal ini membuat sebagian besar pemiliki usaha merubah konsep marketing mereka yang awalnya basisnya adalah kesenangan dan layanan yang didapatkan setelah membeli produk, bergeser ke arah memastikan semua produk yang dijual mematahi standar kesehatan dan kualitas produksi.

Hal ini adalah peluang bagi fotografer untuk menvisualisasikan kegiatan produksi dari industri-industri tersebut agar costumer yakin untuk menggunakan produk mereka. “Behind Scene” mungkin sudah menjadi ide utama dari foto komersil ini.

Foto home Industri Youtuber

3. Lingkungan

Lingkungan adalah salah satu isu yang dekade ini menjadi isu yang hangat dibicarakan. Hal ini membuat dunia jurnalistik dan gerakan cinta lingkungan akan selalu membutuhkan foto-foto yang mendukung gerakan mereka.

Foto-foto yang masuk dalam tema Lingkungan atau Environment adalah :

  1. hutan
  2. pohon
  3. persawahan
  4. pantai tercemar
  5. tempat sampah
  6. penggunaan sampah plastik
  7. laut
  8. upaya penghijauan
  9. pembibitan
  10. berkebun
  11. teknologi ramah lingkungan
  12. protes dan demonstrasi seputar lingkungan
  13. energi terbarukan
  14. Global warming
  15. Dampak Penggunaan bahan bakar minyak

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Getty Images menemukan bahwa artikel yang dilengkapi dengan gambar visual mengenai lingkungan akan jauh lebih menarik.

Tumpukan sampah yang merusak alam

Foto-foto tersebut akan digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan bahwa mereka telah menerapkan konsep cinta lingkungan dalam proses produksi mereka atau mereka mendukung gerakan cinta lingkungan.

4. Kegiatan Harian

Produk yang paling banyak dibeli ulang (Repeat order) akan selalu berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Kegiatan dan akatifitas yang bisa dilakukan di rumah baik itu produk untuk konsumsi, teknologi, dan pakaian. Tugas fotografer adalah memikirkan peran produk yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja foto orang yang sedang menggunakan Earphone dalam aktifitas sehari-hari. Wajah dari model yang terlihat santai menunjukkan kalau dia sangat menikmati aktifitas yang ia sedang lakukan.

Foto tersebut bisa digunakna oleh banyak judul artikel seperti iklan :

  1. Layanan Musik Streaming
  2. Earphone
  3. Penggunaan Samrtphone
  4. Stay at Home

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah dan bernilai bagi perusahaan. Kita hanya perlu sedikit kreatif dengan memberikan sentuhan yang membuat foto kita bisa dibeli oleh pengguna di Mikrostok.

Contoh foto komersial cewek Cantik Yoga di Rumah

Akhir Kata

Nah itu dia 4 sub genre fotografi komersial yang bisa anda coba untuk jualan foto di Microstok. Silahkan tunggu update terbaru lainnya dari Matamu.NET

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *