Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

3 Cara Screenshot di Laptop Untuk Windows

2 min read

Shortcut Metode Print Screen di Windows

Matamu.Net – Punya pekerjaan dimana kamu harus screenhoot layar Laptop atau PC kamu. Berikut ini panduan dan cara simple untuk lakukan Screenshoot di Laptop kamu.Daftar Isi

1. Memanfaatkan Fasilitas Print Screen

Windows membekali operating system mereka dengan fasilitas print screen yang bisa langsung diakses melalui Shortcut Keybord. Fasilitas sudah diberikan sejak Windows 2000 sampai sekarang di Windows 10

Caranya cukup sederhana yakni dengan cara menekan Printscrean yang ada di daerah sekitar pojok kanan atas laptop, tapi bergantung dari jenis latopnya juga sih. Hanya saja pada umumnya akan diletakkan disana.

Sebagai contoh pada keyboard Asus di bawah Ini

Letak Shortcut untuk Print Scree di KEywbord Windows
Letak Shortcut untuk Print Scree di Keywboard

Nama-nama perintah Printscreen di Keyborad mungkin berbeda-beda tapi untuk mengenalinya sangatlah mudah karena hanya diambil dari singkatannya saja seperti

  • Printscreen
  • PrtScn
  • PrtnScrn
  • PrtSc

Setelah menakan tombol tidak akan terjadi apa-apa karena perintah ini bertujuan untuk menyimpan gambar dilayar secara keseluruhan, tugas anda hanya mem-Paste gambar tersebut di apliaksi yang dibutuhkan seperti Word, Power Point, Photoshoop dan sejenisnya.  

Menyimpan Hasil Print Screen Sebagai File

Ketiak Print screen ditekan maka layar secara otomatis akan tersimpan di Clipboard dan tidak akan bisa dimanfaatkan tanpa dimasukkan ke dalam aplikasi, namun terkadang kita ingin mengirim file tersebut ke teman atau menguploadnya, jadi mau tidak mau, hasil print screen harus tersimpan sebagai file.

Untuk kasus ini windows juga sudah memberikan fasilitas di Printscreen namun masih perlu sedikit tambahan perintah. Perintahnya yang Alt + PrntScrn, jika tidak berfungsi lakukan dengan perintah Alt + Fn + PrntScrn.

Setelah menekan tombol tersebut layar Laptop akan terlihat sekilas mengedip. Hal itu berarti task sudah dikerjakan oleh Windows dan kamu bisa melihat filenya di menu Document > Picture > Screenshoot.

2. Memnfaatkan Fasilitas Snipping Tools

Fasilitas Printscreen sebenarnya memiliki keterbatasan karena perintha tersebut menyimpan seluruh layar secara keselurahan padahal terkadang kita hanya ingin mengmabil sebagai dari layar tersebut.   Dalam kasus ini Windows juga sudah memiliki solusinya dan sudah diperkenalkan sejak Windows Vista. Layanan tersebut adalah Snipping Tools.

Layanan ini bisa didapatkan dengan cara masuk ek Windows > Accessories > Tools > Snipping Tolls. Setelah itu Aplikasi akan terbuka. Untuk mulai merekam gambar silahkan pilih Snipping Tool > New setelah pilih area yang ingin di Screenshoot.

Setelah memilih area silahkan simpan di folder yang diinginkan. 

3. Menggunakan Aplikasi Ligthshoot

Fasilitas Snipping Tools memang sudah bisa menyediakan layanan Screenshoot area tertentu tapi cara ini masih ribet karena kita harus masuk ke aplikasi terlebih dahulu dan terkadang Dialog Box Aplikasi menutupi Area yang ingin di Shoot.

Agar lebih simple sebaiknya gunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan namun pengalaman penulis sangat nyaman menggunakan apliaksi Ligthshot yang bisa di download gratis di https://app.prntscr.com/en/index.html. atau ketik saja Ligthshot di Google.com.

Bahkan saya sudah pake sejak tahun 2014 baik di Windows dan juga Macbook

Aplikasi ini sangatlah ringan bahkan hanya sekitar 2,7 MB untuk windows. Setelah download silahkan langsung instal tanpa perlu aktifasi. Untuk menggunakannya anda hanya perlu menekan Printscreen karena Aplikasi ini akan menggeser peran Printscreen default dari Windows.

Setelah menkan Printscreen maka akan muncul pointer yang memberikan anda layan untuk memilih area di layar yang ingin screenshoot. Selain itu anda bisa melakukan editing kecil seperti memberi tanda panah, brush, Marking menggunakan stabillo, memberi tulisan dan lain-lain.

Hebatnya lagi tanpa membuka aplikasi lagi. Setelah dirasa cukup silahlan pilih metode penyimpanan yakni di Clipboard dengan logo Copy atau menyimpannya sebagai file dengan menu Save As yang dilambangkan dengan icon Disket terbalik.

Applikasi Ligthshoot Windows Screen Shoot
Aplikasi Ligthshoot untuk Windows

Akhir Kata
Nah itu dia tiga cara Screenshot di Laptop biar pekerjaan kamu lebih mudah.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Cara Mengatasi Blue Screen di PC dan Laptop OS…

Matamu.Net – Salah satu masalah yang sering terjadi pada PC atau laptop yang menggunakan Windows XP, Windows 7, Windows 8 atau 8.1, sampai dengan...
Dzargon
1 min read

Kenali Jenis-Jenis Blue Screen – Penyebab dan Cara Memperbaiki…

Matamu.Net – Blue Screen adalah masalah yang terjadi pada perangkat Windows dimana system akan masuk ke layar sejenis CMD tapi berwarna Biru. Layar tersebut...
Ananda Dwi Putri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *