Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Tips dan Pengertian Fotografi Sport

3 min read

Matamu.Net – Fotografi merupakan sebuah proses melukis atau menggambar dengan menggunakan media cahaya. Atau lebih singkatnya adalah sebuah metode untuk menghasilkan gambar dari suatu objek dengan cara menangkap pantulan cahaya yang kemudian mengenai objek pada media yang peka terhadap cahaya. Seperti yang kita ketahui bahwa alat yang digunakan untuk menangkap cahaya adalah kamera.

Kendati demikian, fotografi terdiri dari beberapa jenis salah satunya adalah fotografi sport atau fotografi olahraga. Adanya fotografi sport bertujuan untuk menangkap atau mengabadikan momen penting yang terjadi dalam suatu bidang olahraga. Oleh karena itu, fotografi sport adalah bagian dari fotografi yang mencakup semua jenis olahraga.

Tak hanya itu, hal terpenting yang harus dipahami dalam fotografi sport adalah selalu sadar akan berbagai kenyataan. Misalnya saja terdapat adegan yang penting terjadi akan tetapi karena cepatnya momen tersebut berlalu maka tak jarang yang dipotret justru berbeda dengan yang dilihat secara langsung oleh mata sang fotografer.

dua cewek manis dna seksi main bola paha kencang dan muus

Tidak mengherankan apabila menjadi seorang fotografer olahraga bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Di samping itu, fotografi sport juga merupakan jenis fotografi yang berbeda dari fotografi lainnya.

Biasanya dalam mengabadikan momen seorang fotografer hanya mengatur komposisi dengan cermat pada saat memotret, Namun untuk fotografi sport dibutuhkan insting yang kuat serta pengalaman dalam memotret adegan-adegan yang cepat untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Tips teknik dan setting dalam fotografi sport

Untuk menghasilkan foto yang keren dan berkualitas dalam fotografi sport, pastinya diperlukan yang namanya tips dan teknik yang mendukung. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips teknik dan setting yang dapat dilakukan untuk memotret fotografi sport dan menghasilkan gambar yang bagus. Berikut ulasannya.

1. Cari sebuah momen yang bersemangat

Perlu diketahui bahwa dalam sebuah olahraga tak hanya tentang melakukan aktivitas semata saja. Akan tetapi, olahraga juga berbicara tentang semangat tinggi sejumlah atlet serta para pendukungnya. Oleh karena itu, sebagai seorang fotografer, Anda memiliki tugas untuk mengabadikan momen-momen berharga dan menarik yang terjadi saat pertandingan.

Mulai dari mengabadikan momen pada saat para pendukung bersuka cita dalam merayakan kemenangan tim kesayangan sehingga terlihat dengan jelas wajah gembira disertai teriakan yang menghiasi momen tersebut.

Freze momen saat seorang cewek pemain Volley Terjatuh ketika hendak mengambil bola Volley

2. Membuat background terlihat kabur

Dalam fotografi sport, tips yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gambar yang bagus adalah dengan membuat foto memiliki latar belakang atau background yang kabur (blur). Hal tersebut didapatkan dengan membuat sebuah komposisi yang sempurna dengan mengatur aperture serta panjang fokus pada kamera.

Adapun bukan aperture yang dapat digunakan adalah mulai dari f/5.6; f/4 maupun f/2.8 ditambah dengan menggunakan lensa yang panjang. Tujuannya agar dapat memaksimalkan perbedaan dalam fokus yang tajam yang terjadi antara objek dengan background.

3. Gunakan burst mode

Pada kamera jenis DSLR yang professional diketahui mempunyai yang namanya frame rate yang dapat dengan cepat memotret gambar secara terus menerus. Selain itu, cobalah untuk menggunakan fitur continue shoot yang terdapat pada kamera. Hal tersebut dapat membantu untuk mencegah buffer ketika kamera mengunci objek yang akan dipotret.

4. Gunakan cahaya alami dan pahami teknik segitiga eksposur

Apapun kondisi cahaya yang tersedia maka kegiatan olahraga akan tetap berlangsung. Oleh karena itu, sebagai seorang fotografer dalam bidang olahraga pastinya harus memahami kondisi tersebut. Untuk dapat mengabadikan momen-momen tersebut saat itulah kemampuan yang dimiliki oleh sang fotografer dikeluarkan. Dalam hal ini harus menguasai berbagai teknik seperti mengontrol ISO, aperture, sampai dengan shutter speed.

5. Memperhatikan space yang ada pada frame

Apabila fotografer menggunakan lensa tele dalam memotret kegiatan olahraga maka untuk menghasilkan sebuah objek yang dekat maka sebaiknya menjaga kekososngan frame serta membuat sebuah perhitungan yang matang dalam menyediakan ruang pada frame. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah komposisi yang menakjubkan dan keren.

Kendati demikian, kunci utama dalam teknik ini adalah sang fotografer selalu untuk menjaga hal-hal sederhana serta memastikan objek utama walaupun dalam frame ukurannya tidak terlalu besar.

sunset landscape keren fotografi jatuh naik sepeda

6. Gunakan ISO tinggi

Dalam fotografi olahraga sangat disarankan untuk menggunakan shutter speed yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan kegiatan olahraga yang pergerakannya sangat cepat sehingga secara otomatis fotogafer juga harus cepat dalam mengambil gambar. Dengan begitu, fotografer membutuhkan kecepatan rana yang lebih dari 1/1000 detik apabila ingin membekukan gerakan.

Akan tetapi, untuk melakukan hal tersebut pastinya bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan lantaran cahaya yang masuk ke body kamera akan berkurang sehingga menghasilkan foto yang under exposure. Maka dari itu, untuk mencapai kecepatan tersebut dibutuhkan ISO yang sangat tinggi pada kamera yang menyebabkan sensor lebih sensitif.

Di samping itu, selalu pertimbangkan dengan baik sebelum menggunakan ISO yang tinggi karena kemungkinan besar akan menyebabkan noise pada foto yang dihasilkan. Oleh karena itu, atur sedemikian upa diafragma, shutter speed, serta ISO untuk menghasilkan foto yang bagus dan juga mengurangi adanya noise.

7. Gunakan kartu memori yang berkualitas bagus

Untuk menghasilkan foto yang bagus dan berkualitas maka diperlukan sebuah kartu memori yang berkualitas. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kecepatan baca file foto yang cepat pada kamera. Misalnya pada kegiatan olahraga seperti downhill, sepakbola, renang, sampai dengan tenis dibutuhkan hasil potret yang maksimal dari kamera. Di samping itu juga harus menggunakan kartu memori yang mempunyai kecepatan writing membuat hasil foto semakin sempurna terlihat.

Disarankan untuk memilih kartu memori dengan kecepatan writing mulai dari 90MB/s ke atas, apapun merek dari kartu memorinya.

8. Selalu fokus dan gunakan kedua mata

Bukan sesuatu yang asing lagi apabila kebanyakan fotografer lebih menyukai memotret objek menggunakan viewfinder. Akan tetapi, untuk fotografi sport justru sangat disarankan juga untuk menggunakan mata serta tetap fokus lantaran hal tersebut bisa saja dapat menghasilkan atau menemukan momen yang unik dan luput dari penglihatan fotografer lain.

Setelah mendapatkan momen tersebut barulah sebaiknya fotografer menggunakan viewfinder dengan tujuan agar objek yang akan dipotret tidak meleset. Adapun tujuan dengan menggunakan kedua mata secara langsung adalah untuk menganalisa kejadian serta suasana yang terjadi pada kegiatan yang berlangsung secara cepat.

9. Ambil foto siluet

Apabila kondisi cahaya pada kegiatan olahraga lebih banyak cahaya backlight maka fotografer tidak perlu khawatir. Mungkin Anda dapat mengubah angle pengambilan foto dengan begitu akan memunculkan sebuah cerita pada foto dengan sedikit efek siluet.

Ketika menggunakan efek siluet maka selalu jaga jarak kiri dan kanan objek dengan frame bidik. Dengan begitu, secara jelas akan terlihat apa yang tengah dilakukan oleh objek. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan shutter speed yang tinggi dengan syarat cahaya backlight lebih kuat.

10. Gunakan teknik panning

Jika memungkinkan maka fotografer juga bisa menggunakan teknik panning apabila dibutuhkan untuk menambah cerita pada sebuah kegiatan olahraga. Dengan menggunakan teknik panning maka besar kemungkinan akan dapat menggabungkan objek yang tajam dengan background yang speed-infused.

Itulah informasi yang berkaitan dengan fotografi sport mulai dari apa yang dimaksud dengan footgrafi sport sampai dengan tips teknik dalam menghasilkan fotografi sport yang keren dan menakjubkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Apa Itu High Key Fotografi?

Matamu.Net – Dalam fotografi istilah ‘Brightness’ merupakan salah satu yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan keren....
Dzargon
1 min read

Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui…

Matamu.Net – Membuat media pembelajaran berbasis Android sebenarnya hal-hal yang susah-susah mudah, namun dalam ranah pembelajaran atau seorang guru maka tigas kita adalah tidak...
Dzargon
1 min read

Kompetensi IT Dasar Pendidik Pada Era Pembelajaran Abad 21

Matamu.Net – Perkembangan teknolgi dan informasi terutama masa Industri 4.0 membuat Pembelajaran berbasis Daring atau Online bukan lagi menjadi sebuah pilihan tapi menjadi sebuah...
Dzargon
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *