Singkatan dan Istilah Mobile Legend yang Wajib Diketahui Penduduk Land Of The Dawn

3 min read

Istilah-Istilah dalam Game Mobile Legend

Chatting dalam game bergenre 5 vs 5 sebenarnya digunakan untuk meningkatkan strategi dan perpindahan player selama permainan. Namun kadang informasi yang ingin disampaikan terlalu panjang sehingga muncullah singkatan dan istilah mobile legend yang kadang malah membingungkan para newbi.

Apa saja istilah tersebut? Berikut ini ulasannya

1. META

Meta adalah singkatan dari Most Effective Tactics Available. Makna Meta ini bagi para ML newbi biasanya hanya seputar Hero META yakni Hero yang lagi OP (over powered). Padahal META tidak sesempit memilih dan Banned hero META.

Pada game 5 vs 5, seperti ML, DotA, dan sejenisnya, META berkiatan dengan strategi yang akan digunakan dalam termasuk Hero yang akan dipilih. Bisa jadi Hero yang kita pilih tidaklah masuk Hero OP tapi masuk dalam startegi perang kita misalnya yang suka Gang maka memiliki DPS tipikal Area dab 2 Hero Crod Control juga salah satu jenis META.

Memilih Hero anti Hero lawan (counter) juga masuk dalam kategori Meta, sehingga META lebih bersifat menyeluruh mulai dari strategi dan pemilihan Hero dan formasi Hero.

2. OP

OP adalah singkatan dari Over Powered, biasanya merujuk pada Hero dengan damage atau durability yang terlalu kuat sehingga sulit untuk mendapatkan hero counter.

Mengapa Hero OP ini bisa muncul?

Bukankah game 5 vs 5 itu harapannya mengutamakan keterampilan player dalam memainkan Role, Efek Skill, Skill, dan Formasi.

Yah memang itu adalah harapan idealis namun pada proses pengembangan Hero, User Experience ini hanya bisa diketahui ketika Hero digunakan di arena pertarungan. Nah dari sini akan ada feed back dari berbagai user mengenai seberapa besar Durability, Efek Skill dan Skilldari hero tersebut. Biasanya Hero OP bisa bertahan dari gempuran Hero lawan tanpa bergantung dengan hero tim sendiri. Nah padahal ini kan game Tim bukan Individu.

Hal ini juga berpengaruh terhadap Role Assassin, dimana Assasin memang memiliki damage tipe ambush, setelah ambush harusnya Asssasin jadi memble dan harus menunggu moment ambush berikutnya. Jika setelah Ambush hero Assassin masih memiliki durabilitas tinggi maka ini masuk katgeori OP dan harus di NERF.

3. Nerf

Nerf adalah istilah bahasa Inggris Amerika yang digunakan secara Informal yang diartikan sebagai tidak efektif.

Nerf (v) : cause to be weak or ineffective

Nerf memiliki dua arti dalam game yakni melemahkan karakter hero tertentu sehingga skill dan efek skill dan Durabilitas sama sekali tidak berguna dalam game. Biasanya hero yang yang di NERF adalah hero yang terlalu OP dengan damage yang tidak masuk akal.

Selain itu Nerf juga bisa merujuk pada hero yang memang sudah sangat lamah karena tidak pernha mengalami perubahan atribute sehingga sangat jarang di Pick dalam mode Draft Pick khususnya mode Ranked.

4. GG

GG di laur negeri atau dalam bahasa Inggris singkatan dari Good Game yakni ketika seorang Player dapat memaksimalkan peran Hero dalam permainan. Namun di Indonesia diplesetkan menjadi Gak Guna alias Player super nube yang cuman jadi beban.

5. GGWP

GGWP adalah singkatan dari Good Game, Well Play yakni kata pujian yang digunakan untuk player memainkan role mereka. Konstribusi player GGWP terasa nyata dalam menentukan kemenangan tim. Kadang juga diasosiakan dengan istilah Auto Win.

6. Carry

Bukan Heri Marksman di Mobile legend, Carry dalam bahasa Inggris berarti membawa atau bertanggung jawab. Istilah ini diambil dari game DotA (Defend of the Ancient) yang merujuk pada Hero yang memiliki peran penentu dalam permainan.

Carry ini belum tentu hero yang memiliki DPS tertinggi, bisa saja Hero Tanker yang sangat lihat membuka dan mengendalikan War atau Scouting (open Map).

Carry juga bisa dari Hero Mage, untuk yang Efek Skillnya memang bisa membantu kemenangan dalam War atau Tim Fight. Dengan demikian Carry itu tidak terikat pada Role Hero tertentu, misalnya Mobile Legend Meta April-Mei 2022 itu Carry tim banyak jatuh di Esteh yang rolenya adalah Support.

7. DPS

DPS adalah damage per second atau Hero yang memiliki nilai Damage paling tinggi dalam satu tim. Biasanya Jatuh pada Hero Marksman yang fragile tapi attack speed dan attack powernya paling tinggi.

Sebagai gantinya DPS ini paling rentang kena ambush karena memiliki durability paling rendah, hampir sama dengan Mage. Mage yang tidak memiliki Effect Skill Tim Fight biasanya bisa berperan sebagai DPS. Contoh Vale jika di set untuk efek crowd control maka perannya bisa sebagai Carry namun jika di Set untuk Damage maka perannya sebagai DPS.

8. Hyper

Hyper adalah hero yang memiliki pertumbuhan level paling tinggi, biasanya juga disertai dengan pertumbuhan Gold yang lebih tinggi. Hyper ini harus mendapatkan dukungan dari rekan Se TIM dimana Hyper akan diberikan keleluasaan untuk menikmati semua Buff, Monster, Kalomang, Lithowanderer bahkan dibantu dalam turtling.

Hyper ini memliki meta yang berubah-ubah, namun pada umumnya hanya pada Role Assassin atau Marksman saja.

Meta DPS Carry

9. Line

Line adalah jalur yang ada pada arena pertandingan, masing-masing jalur ini memiliki keunikan dalam hal creeps. Setiap Role harus memilih line yang tepat agar mengalami perkembangan sesuai dengan role masing-masing.

a. Gold Line

Gold line adalah line yang berisi 3 minion dengan minion terakhir membawa Gold. Hero yang ada di Jalur ini akan mendapatkan Gold lebih dari setiap minion yang dibunuh. Line cocok untuk mereka yang membutuhkan item dalam meningkatkan skill seperti MM.

b. Exp Line

Exp line atau experience line adalah jalur terisi 3 minion dengan minion paling akhir membawa gulungan yang berisi EXP. Hero pada jalur ini akan mendapatkan pengalaman lebih sehingga levelnya akan lebih cepat berkembang.

Line ini cocok untuk Hero tipikal Early Game yang didominasi oleh Hero Figther.

c. Mid Line

Mid Line adalah jalur yang ada di bagian tengah. Jalur ini terisi 4 minion dan cocok diisi untuk Hero yang memiliki Effeck Skill unik seperti Mage. Line biasanya berisi adu strategi dalam mengeluarkan Skill yang ML palyer biasanya sebuat sebagai Adu Mekanik.

Jalur ini juga sebaiknya diisi oleh hero Roamer yakni hero dengan mobilitas tinggi yang bisa segera membantu Gold dan Exp Line begitu kena Gang.

d. Junggle

Junggle bukanlah line khususnya namun posisi dari monster hutan yang tersebar di banyak titik map. Junggel ini bisa dibagi ke Exp dan Gold Liner tapi pada umumnya META yang digunakan selalu memanfaat satu Hyper yang terdiri dari Assasisn sebagai pembunuh DPS.

9 Cara Mengatasi Lag Parah Saat Bermain Mobile Legend

Matamu.Net – Mobile Legend menjadi salah satu game yang sangat ramai dimainkan di Indonesia bahkan terhitung ada sekitar 12 juta akun yang bermain Game...
Ahmad Dahlan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.