Pengertian Jaringan Dalam Istilah Komputer dan IT

1 min read

Pengertian Jaringan Komputer

Matamu.NET – Jaringan (Network) dalam sistem yang dibangun untuk menghubungkan dua komputer/perangkat atau lebih agar bisa melakukan pertukaran data. Proses pertukaran data ini selanjutnya disebut sebagai transmisi data.

Dalam proses transmisi data, data tidak benar benar dipindah seperti ketika memindahkan air dari satu ember yang lainnya tapi data yang dikirim adalah salinan data dari satu komputer ke kumputer lain. Komputer yang mengirim data disebut melakukan porses Unggah (Opload) dan menerima data melakukan proses unduh (download).

Proses transmisi data dilakukan menggunakan media transmisi data. Saat ini media transmisi data yang paling populer digunakan ada tiga yakni ;

  1. Media Kabel Elektrik yang umumnya dalam bentuk Kabel LAN tipe RJ45.
  2. Media Kabel Serat Optik yang memanfaatkan GEM dengan kecepatan cahaya
  3. Jaringan Wireless seperti Gelombang Radio yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Jaringan ini yang sering disebut secara awam sebagai sinyal 3G, 4G, 4,5 G dan 5G

Prinsip Komunikasi Data

Dalam proses trasmisi data secara tradisional sebauh komputer harus berperan sebagi hosting yakni komputer yang melayani proses transmisi data tapi bukan berarti hanya komputer host yang bisa mengirim data, karena sejatinya proses pengiriman data bisa dilakuakn dua arah untuk dua komputer. Sedangkan pada tiga buah perangkat maka transmisi data dilakukan untuk guest to guest akan selalu melewati host.

Dalam proses transmisi data dibuat sistem transmisi data yang disebut sebagai Porotocol komunikasi. Protocok ini memberikan aturan dalam proses transmisi data agar proses transmisi data berjalan sesaui dengan keperluan. Hal ini juag secara terbatas menjadi jenis data yang bisa dikirim, ukuran data dan hak akses dalam proses transmisi data.

Jenis-Jenis Jaringan Berdasarkan Range

  1. LAN – Lokal Area Network yang menghubungkan dalam jangkuan kurang 10 km saja untuk penggunaan Wireless dan kurang dari 500 meter untuk penggunakan kabel LAN
  2. MAN – Metropolitan Area Network adalah layanan transmisi data yang terjadi di wilayah dengan cakupan 50 km
  3. WAN – Wide Area Network yang memiliki area cakupan antara negara dan memungkinan koneksi di seluruh dunia dengan sistem repetaer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *