Mengenal Web Browser Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

1 min read

contoh web browser

Web browser merupakan tools utama yang digunakan untuk menampilkan halaman web (homepage). Dasarnya halaman web ini dibuat menggunakan HTML dan CSS. Sehingga, perlu dipastikan bahwa PC atau perangkat komputer anda sudah terinstall aplikasi seperti Internet Exprorer (Windows), Safari (Mac), dan Firefox (Linux dan Ubuntu).

Setiap aplikasi pencarian memiliki fitur yang berbeda dalam hal menampilkan halaman web yang mendukung HTML dan CSS. Contohnya, halaman web yang kamu buat dapat tampil dengan baik pada salah satu browser namun dapat terlihat acak-acakan di browser lain. Sehingga, perlu dilakukan pengujian tampilan website yang kamu buat, perlu beberapa browser yang terinstall dalam perangkat komputer kamu.

Kali ini Matamu.NET akan membahas mengenai pengertian, fungsi dari web browser beserta dengan contohnya sebagai berikut.

Baca Juga Cara Membuat Website Gratisan dan Self-Hosting

Contoh-contoh Web Browser

1. Maxthon

Aplikasi maxthon merupakan prambanan web multi-platform mutakhir yang secara teratur mengungguli browser top lainnya yang menawarkan kepada pengguna pengalaman menjelajah dan berbagi pengalaman.

Maxthon memiliki beberapa tools yang memiliki kemampuan menerjemah halaman situs ke berbagai bahasa. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang user friendly.

2. Firefox

Firefox merupakan salah satu dari aplikasi yang menjadi langganan bagi para developer web sebab keunggulan dari fitur add-on yang beragam. Browser ini memiliki tujuan untuk menjadi sumber teruka yang mampu memberi kemudahan bagi semua orang. Adapun fokus utama dari pengembangannya yakni pada bagian Mozilla Suite. Kamu bisa mengunduh aplikasi firefox ini melalui link berikut ini Download Firefox — Fast, Private & Free — from Mozilla (UK)

3. Chrome

Chrome menjadi salah satu aplikasi yang sangat menarik minat para pengguna khususnya negara-negara yang ada di benua Asia, Amerika, dan Eropa.

Aplikasi buatan google ini memiliki beberapa keunggulan seperti browser yang sangat ringan, cepat dan memiliki add-on yang beragam. Chrome juga memiliki engine browser yang dapat mendukung fitur-fitur yang terbaru dari teknologi HTML dan CSS.

4. Safari

Aplikasi safari merupakan browser milik Apple yang memiliki fitur engine yang dapat membantu meningkatkan kecepatan pengolahan data pada sistem aplikasi berbasis web. Safari memiliki desain UI yang tergolong simpel dan mudah untuk di jalankan dan tentunya menarik.

5. Internet Explorer

Internet explorer merupakan bawaan dari sistem operasi windows yang notebene produk Microsoft. Namun saat ini, microsoft telah meluncurkan browser terbarunya yakni microsoft edge.

Fungsi Web Browser

Para pengguna internet perlu mengetahui fungsi dari aplikasi sebagai berikut:

  1. Membuka halaman website di internet,
  2. Mendukung permintaan data,
  3. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan,
  4. Memastikan keamanan suatu website, dan
  5. Mendukung penggunaan mesin pencari.

Demikian pembahasan mengenai web browser, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.