Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Mengenal Red Eyes Effect Dalam Fotografi

1 min read

Matamu.NET – Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi dapat menghasilkan sebuah perangkat yang lebih bagus dari perangkat sebelumnya, salah satunya adalah kamera. Akan tetapi, meski kamera telah dibekali berbagai fitur yang canggih, namun tak menutup kemungkinan ada-ada saja masalah yang terjadi ata didapatkan saat memotret.

Adapun masalah yang sering didapatkan ketika mengambil gambar adalah red eyes effect atau efek mata merah. Red eyes merupakan efek yang muncul pada mata seseorang disebuah foto dengan memancarkan cahaya merah terang. Ketika efek tersebut muncul maka secara tidak langsung dapat membuat kualitas foto buruk.

MAta Manusia jadi merah karean Efek Blitas dari kamera

Perlu diketahui bahwa red eyes effect muncul ketika mengambil gambar dengan menggunakan flash namun kondisi cahaya yang tersedia buruk atau gelap. Kendati demikian, karena hal tersebut maka akan membuat pupil melebar sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata sangat banyak dan seolah-olah memancarkan cahaya.

Oleh karena itu, untuk menghindari red eyes effect pada foto maka terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti berikut ini.

1. Matikan Flash

Cara yang paling efektif untuk menghindari red eyes pada foto adalah dengan mematikan flash pada kamera. Pada saat itulah, komposisi yang tepat harus digunakan mulai dari mengatur aperture, shutter speed, sampai dengan ISO agar dapat menghasilkan foto yang bagus meski tidak menggunakan flash.

2. Menyalakan Lampu

Seperti yang kita ketahui bahwa red eyes effect muncul lantaran kondisi cahaya yang tersedia pada tempat pengambilan gambar gelap. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan sumber pencahayaan tambahan seperti lampu atau flash eksternal agar tidak membuat pupil mata terbuka lebar. Dengan begitu, red eyes tidak muncul dalam foto.

3. Menggunakan Flash Eksternal

Flash eksternal membantu mengurangi red eyes effect pada foto dibandingkan harus menggunakan built in flash kamera. Dengan menggunakan flash eksternal maka letak sumber cahaya dengan lensa cukup sehingga dapat menghindari munculnya red eyes ada foto. Hal tersebut dikarenakan cahay terpantul di retina dan tidak akan dikirim ke lensa yang membuat red eyes effect.

4. Bounce Flash

Tak dapat dipungkiri dengan adanya flash maka cahaya yang dihasilkan cenderung sangat kuat. Oleh karena itu, untuk mengurangi sedikit intensitas cahaya yang berlebihan maka gunakan kertas tisu atau diffuser (alat yang digunakan untuk menyebarkan cahaya) yang akan membuat cahaya lebih lembut.

5. Menggunakan Mode Red Eyes Reduction

Ini merupakan cara yang paling tepat digunakan untuk mengurangi red eyes effect. Akan tetapi, tidak semua kamera memiliki mode red eyes reduction. Jadi sebelum memutuskan membeli kamera terlebih dahulu cari tahu spesifikasi yang dimiliki oleh kamera tersebut. Penggunaan mode tersebut dirancang secara otomatis tanpa harus mengubah pengaturan lainnya pada kamera.

6. Atur Gaya

Satu lagi cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi red eyes effect adalah dengan mengatur angle pengambilan gambar. Misalnya saja mengambil gambar dari samping agar red eyes tidak terlalu Nampak ketika kondisi cahaya kurang bagus dalam pengambil gambar.

7. Editing

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalag dengan mengedit foto menggunakan software edit foto seperti Photoshop. Software tersebut diketahui memiliki fitur khusus untuk menghilangkan atau menghapus red eyes pada foto.

Itulah penjelasan mengenai red eyes effect serta cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi red eyes pada foto. Semoga bermanfaat.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *