Mengenal Harajuku Street Fashion di Jepang

1 min read

harajuku

Matamu.NET – Harajuku (原宿) merupakan sebutan populer untuk kawasan tempat anak muda bergaya eksentrik berkumpul yang berlokasi di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo sejak tahun 1990-an.

Kawasan ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya para anak muda yang berpenampilan unik. Kawasan ini mencakup daerah Kuil Meiji, Taman Yoyogi, Takeshita-dori, Departement Store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi.

Gaya Harajuku memang sangat unik, dengan ciri khas yakni kreativitasnya dalam perpaduan warna yang mencolok. Sering kali juga gaya harajuku mengarah pada imajinasi dari karakter sehingga menghasilkan gaya busana yang unik. Adapun gaya yang terkenal di Harajuku sebagai berikut:

Baca Juga Foto Aesthetics Hijab di Pantai

Gaya yang Terkenal di Harajuku

1. Cosplay

Sesuai namanya, gaya cosplay ini menirukan berbagai tokoh sampai kebudayaan Jepang. Gaya cosplay ini meniru berpakaian ala karakter dalam anime, video game, atau bahkan karakter asli buatan sendiri.

2. Goth-Loli

Gothic Lolita, singkatnya Gothloli (ゴスロリ Gosurori), adalah kombinasi dari Gotik dan Lolita Fashion. Lolita di Jepang berarti anak perempuan yang masih murni, atau wanita dewasa yang berparas kekanak-kanakan dan berperilaku seperti anak-anak.

3. Visual Kei

Visual kei (ヴィジュアル系 bijuaru kei) Visual Kei yang juga dikenal sebagai “gaya visual” atau “sistem visual” merupakan sebuah gerakan fashion yang dipelopori oleh musisi Jepang.

Ciri khas dari gaya Visual Kei identik dengan kostum nyentrik dan flamboyan yang dikenakan oleh band rock atau punk.

Adapun sub genre visual kei yakni Casual Kei, Kote Kote Kei, Kurofuku Kei, Angura Kei, dan Eroguro Kei.

4. Gyaru

Gyaru yang artinya girl atau wanita. Mulai digunakan pada tahun 1970 sebagai cara berpakaian khas wanita remaja. Gaya berpakaian yang menentang budaya kecantikan tradisional.

5. Decora

Decora style mengkombinasikan ornamen imut pada outfit mereka sebagai dekorasi yang menambah estetika secara visual. Gaya ini tergambarkan sebagai gaya yang lucu kekanak-kanakan.

6. Yamanba

Gaya Yamanba membawa ganguro ke tingkat yang lebih ekstrem. Warna cokelat jauh lebih gelap, hampir seperti badut. Warna rambut biasanya neon, sering kali dengan rambut gimbal.

Demikian pembahasan mengenai Harajuku Street Fashion di Jepang. Semoga bisa jadi referensi buat style kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.