Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Mengenal Aliran Fotogafi Konsep Surealis

1 min read

Matamu.Net – Mungkin bagi sebagian orang kata surealis masih terdengar asing di telinga mereka. Begitu pun dengan para pecinta fotografi, tidak semua fotografer memahami yang namanya fotografi surealisme.

Tak sebatas itu saja, diketahui bahwa berdasarkan perkembangan karya surealis saat ini sudah banyak misalnya saja ayat atau karya sastra, film, lukisan, sampai dengan foto. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila kita membahas fotografi surealis.

Konsep Foto Surealis

Aliran Foto Surealis

Surealisme merupakan sebuah aliran yang memunculkan kontradisksi antara mimpi dan realita menjadi nyata dalam suatu gambar. Dimana objek nyata tersebut diperlihatkan dalam keadaan yang sebenarnya tidak mungkin terjadi di dunia nyata.

Konsep Foto Surealis Langit biru adalah Kepalsuan

Sementara itu, secara etimologis istilah ‘surrealisme’ diketahui berasal dari kata dalam Bahasa Perancis ‘surréalisme’ yang merupakan gabungan dua kata, yaitu ‘sur’ yang berarti super, beyond or above dan juga ‘realisme’. Dari kedua kata tersebut dapat dikatakan bahwa surealis berarti lebih dari sekedar realis atau bisa dikatakan lebih dari nyata.

Seiring dengan berkembangnya bentuk genre dari surealis secara tidak langsung memengaruhi perkembangan bentuk serta genre pada ranah fotografi. untuk menghasilkan karya fotografi yang bersifat surealis, membutuhkan pronsip-prinsip surealis yang dikaitkan dengan elemen visual baik itu nyata maupun tidak nyata.

Padahal diketahui bahwa fotografi merupakan sebuah medium yang digunakan untuk menghasilkan karya seni visual yang nyata. Oleh karena itu, fotografi surealis sempat diragukan dalam fotografi.

Konsep Foto Surealis hantu di hutan

Akan tetapi, apabila dilihat secara artistik justru dengan adanya fotografi surealis secara tidak langsung dapat dijadikan sebagai salah satu upaya alternatif dalam memperlihatkan visual karya seni fotografi yang ekspresif. Dengan kata lain seorang fotografer juga dapat menghasilkan karya foto yang mengeksplorasi berbagai aspek alam bawah sadar maupun fantasi dengan tujuan untuk mengembangkan budaya visual yang bernilai nyata maupun tidak nyata.

Maka dari itu, fotografi surealis adalah sebuah karya yang realistic secara visual yang ditampilkan namun bertentangan dengan akal sehat.

Untuk menghasilkan foto surealis maka seorang fotografer harus lebih peka dan kreatif dalam melihat objek foto yang diketahui mempunyai potensi baik itu estetik maupun tersirat. Selain itu, yang paling penting juga adalah pastinya sang fotografer surealis telah memiliki pengalaman, skill, serta kepekaan terhadap objek yang dapat dijadikan sebagai karya fotografi surealis.

Konsep Foto Surealis menjaga langit tetap biru adalah kewajiban manusia

Sama seperti genre fotografi lainnya, fotografi surealis juga menggunakan sejumlah teknik fotografi. teknik tersebut mulai dari teknik pemotretan, teknik komposisi, pencahayaan, teknik dalam penggunaan lensa maupun filter, sampai dengan software (Photoshop, CorelDraw, Lightroom, dan lain sebagainya).

Perlu diingat juga bahwa untuk membuat foto surealis terlihat lebih nyata serta asli maka digunakan sejumlah properti serta objek pengambilan gambar yang tepat. Di samping itu, untuk membuat foto lebih nyata maka bisa digunakan software edit foto ketika proses pengambilan gambar selesai.

Ituah penjelasan singkat terkait dengan aliran foto surealis. Meski fotografi surealis agak sulit untuk dipahami, namun semoga artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda tentang foto surealis.

Dzargon Saya adalah Seorang Web Developer dan Praktisi SEO khususnya untuk Algotitma Google Search Enggine. Selain itu saya juga suka dengan fotografi terutama Landscape dan Modelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *