Membuat Surat Permohonan Berhenti atau Pengunduran Diri PNS

1 min read

Contoh Surat Pengunduran Diri sebagai PNS

Matamu.NET – Surat Pengunduran Diri PNS diajukan oleh seorang pegawai negeri sipil yang ingin mengundurkan diri secara terhormat sebelum masa jabatan yang ia miliki habis.

Seorang PNS adalah pegawai pemerintah yang telah ditetapkan masa kerjanya berdasarkan usia dan golongan. Misalnya seorang PNS pemerintah memiliki masa kerja sampai usia 58 tahun untuk jabatan essolon 3 atau lebih rendah. Sedangkan untuk jabatan Esolon 2 sampai 60 tahun. PNS Guru memiliki batas usia kerja sampai usia 60 tahun sedangkan dosen sampai 65 tahun dan 70 tahun untuk yang bergelar porfessor.

Masa kerja yang lama terkadang membuat seseorang sulit menikmati masa tuanya. Jadi tidak heran jika beberapa PNS memutuskna untuk pensiun sebelum masa akhir jabatannya tiba.

Contoh Surat Permohonan Berhenti PNS

Bagi PNS yang ingin berhenti sebelum batas usia pensiun (BUP) dapat dilakukan dengan mengajukan permohonan pemunduran diri dari PNS secara terhormat sehingga tetap mendapatkan tunjangan pensiun. Adapun conoth seurat pengunduran diri sebagai berikut :

Makassar, 26 Maret 2023

Hal : Permohonan Berhenti (Mengundurkan Diri) Sebagai Pegawai Negeri Sipil

yth. Menteri …… Republik Indonesia
melalui Direktoral Jenderal …..
di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : …..
NIP / Kartu Pegawai : ….
Pangkat / Golongan Ruang : …
Jabatan : ….
Unit Organisasi : ….
Tempat, Tanggal Lahir : …
TMT Pengunduran Diri Diajukan : ….
Alamat : ….
No. Hp : ….

Dengan ini mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan alasan ………. . Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan kelengkapan berkas masing-masing 3 (tiga) rangkap berupa :

  1. Surat Permohonan Pemberhnetian dengan Hormat atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil tanpa hak pensiun (Untuk PNS dengan masa kerja kurang dari 20 tahun atau usia masih di bawah 50 tahun)
  2. Surat pernyataan tidak memiliki / telah melunasi kewajiban pembayaran hutang yang pemberiannya memiliki hubungan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil.
  3. Surat pernyataan tidak keberataan atas permohonan pemberhentian dengan hormat atas perminaatn sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipili Kementerian ……. dari saudara …. selaku suami/istri.
  4. Sular pernyataan telah mengembalikan seluruh kekayaan dan barang miliki negara
  5. Foto kopi kartu pegawai
  6. daftar susuna kueluarga
  7. fotokopi surat kepuruan pengangatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisir oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian
  8. fotokopi surat kepuruan pengantan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang dilegalisir oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian.
  9. Fotokopi surat kenaikan pangkat terkahir yang dilegalisir oleh pejabat Unit Pembina Kepegawaian

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas pertimbangan dan keputusan yang diberikan. Saya ucapkan banyak terima kasih

Hormat saya


(Nama Terang)
NIP. …………………

Agar lebih baik, berikut contoh visualiasi dari surat Pengunduran diri sebagai PNS

Contoh surat Pengunduran diri sebagai PNS

Contoh Format dalam bentuk PDF

untuk File Word-nya sebagai berikut :

Akhir Kata

Nah itu dia contoh surat pengunduran diri sebagai seorang PNS. Semoga bermanfaat dan selamat mengundurkan diri dari seorang Pegawai Negeri Sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.