Kenali Tanda-Tanda RAM Laptop dan Komputer Mulai Rusak

1 min read

Contoh cara mencabut RAm dengan baik dan benar

Matamu.NET – Random Access Memory atau yang lebih dikenal dengan nama RAM adalah salah satu hardware Vital yang ikut berpengaruh pada kecepatan kinerja dari sebuah perangkat seperti Laptop, Computer dan Smartphone.

Kerusakan pada RAM akan membuat perangkat tidak adakan bekerja dengan baik. Kerusakannnya terjadi juga disebabkan banyak variasi masalah. Kurusakan pada RAM ini dapat dintunjukkan melalui beberapa tanda-tanda, jika kalian bisa mengenali indikasi tersebut maka kamu bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mempebaiki masalah tersebut.

1. Komputer Sering Mati Tiba-Tiba

Lagi asik-asik mengetik atau nonton film tiba-tiba laptop kamu tiba-tiba mati padahal kondisi Baterai masih baik? Pada kondisi ini ada dua kemungkinan penyebabnya. Yakni Mother Board yang sudah mulai rusak dan yang kedua adalah RAM yang sudah mulai kalah.

Untuk menentukan hal ini kamu bisa coba ganti RAM terlebih dahulu dengan punya teman lalu gunakan Laptop tersebut dalam waktu lama mungkin 2 sampai 5 jam. Jika Laptop kamu tidak mati lagi itu berati kamu harus mengganti RAM, tapi jika masih mati ada kemungkinan Mother Board lah yang rusak.

2. Layar Hitam

Layar HOtam terjadi apabila kalina nyalakan Laptop masih terdengar bunyi kipas tapi layar tidak menyala. Sekalipun dihubungkan dengan LCD. Hal ini keumginkan besar disebabkanoleh RAM.

3. Masuk ke Bios

Pada saat kamu nyalakan LAptop kamu dna tiba-tiba masuk ke Bios atau Sistem Operasi di Mother Board. Hal yang kamu lakukan pertama adalah coba Cek physics RAM yang ada di Menu Bios. Setiap Mother board tentu saja memiliki UI yang berbeda.

Jika tidak terdetensi ada kemungkinan RAM nya rusak atau hanya tidak terdeteksi. Matikan LAptop kamu kemudian buka RAM dan lap dengan alkohol pada bagian PIN. Seka sampai kering lalu pasang lagi. Jika tetap tidak terbaca maka kemungkinan kamu harus ganti RAM.

4. Sering Blue Screen

Hampir sama dengan point nomor 1, jika laptop kamu sering menampilkan Blue Screen maka ada kemungkinan RAM Laptop kamu yang sudah bermasalah. Pada saat Laptop dengan OS Windows menampilkan Blue Screen di sana ada informasi code error yang mengindikasikan kerusakan yang ahrus diperbaiki.

Misalnya tiga code ini mengindikasikan RAM yang rusak

  1. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
  2. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
  3. PEN_LIST_CORRUPT

untuk lebih jelasnya silahkan baca penyebab Blue Screen.

Cara melihat jenis dan penyebab kerusakan pada Laptop Bluescreen

5. Laptop Berjalan Lambat

Saat kamu menggunakan Laptop dan merasa kinerja semakin lambat padahal jika di cek di Task Manager, komsumsi Memery RAM untuk sistem yang berjalan masih sedikit maka kemungkinan RAM laptop kamu sudah harus di ganti. Hal ini bisa dirasakan pada saat kalin menggunakan Laptop model Multitasking atau pada sat menggunaka apliaksi yang berat seperti Matlab, Photoshop, Nonton Film 4K atau Full HD.

6. Beberapa Aplikasi tidak Bisa Berjalan

Beberapa aplikasi membutuhkan banyak RAM seperti Photoshop, Matlab, Corel Draw, Priemere dan sejenisnya. Jika pada awal kamu memasang aplikasi tersebut Laptopnya bisa berjalan tapi sekarnag sudah tidak bisa, ada kemungkinan RAM kamu tidak cukup.

Solusinya adalah Tambahkan kapasitas RAM atau Upgrade RAM.

Solusi Umum

Solusi umu memperbaiki dan Mengecek RAM adalah langkah yang dilakuan untuk memastikan terlebih dahulu apakah RAM rusak atau tidak. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pindahkah Slot Memeori Ram kalian misalnya dari Slot 1 ke Slot 2. Umumnya Laptop memiliki dua Slot sedangkan pada Computer bisa punya 4 sampai 8 Slot ram.
  2. Jika terdapat dua RAM, bisa coba saling tukar posisi Slot RAM atau mencopot salah satu RAm jika kapasitas cukup besar.
  3. Bersihkan PIN ram dengan Alkohol atau gosok dengan penghapus pensil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *