Kamus Daftar Istilah Dalam Trading dan Investasi Saham untuk Awam dan Pemula

2 min read

Istilah dalam grafis saham pasar modal untuk pemula

Matamu.NET – Buat kalian yang masih masuk dalam kategori pemula dan awam dalam dunia trading dan investasi saham, berikut ini beberapa istilah yang mungkin berguna buat anda pelajari agar tidak gagal paham selama melakukan kegiatan ekonomi di pasar modal.

Bandar

Bandar adalah pihak yang memiliki modal besar dalam pasar modal yang aktifitasnya dapat mempengeruhi harga-harga sama di bursa saham. Bandar bisa dilakukan perorangan, emiten, perusahan sekuritas, manajer investasi atau lembaga lain.

Di Indonesia kita mungkin kenal dengan nama Salim Family yang kegiatan ekonominya di pasar modal sangat berpengaruh pada harga saham.

Emil Salim pemilik Saham terbesar CDII

Bearish & Bullish

Dua istilah sangat melekat dalam dunia trading yang menjelaskan mengenai trend sebuah nilai dari sebuah saham.

Bearish secara harfiah berarti beruang yang cakarnya mengarah ke bawah yang menunjukkan indeks harga saham sedang turun. Sedangkan Bullish merujuk pada Banteng yang tanduknya mengarah ke langit dimana mewakili saham-saham yang trend-nya sedang naik.

Binomo

Sebuah perusahaan penyedia jasa trading jangka pendek pada bidang trading Forex (Foreing Exchange), Emas, Binerry Trading dan Cryptocurrecy.

Boncos

Boncos adalah istilah pemancing yang diadaptasi dari istilah pemancing. Pemain saham biasanya menggunakan istilah ini ketika menjual saham di bawah harga beli karena trend saham tersebut dalam posisi Bearish.

Cuan

Cuan adalah bahasa mandarin yang berarti untung atau menjual saham yang nilainya di atas harga beli. Cuan adalah kebalikan dari boncos.

Death Cross

Posisi grafik dimana garis merah memotong garis hijau ke arah bawah di atas angka 80. Posisi ini adalah kondisi tehnis dimana pada umumnya nilai saham akan turun dalam kurung waktu hari atau minggu. Biasa juga di sebut titik balik dimana harga saham mulai menurun.

Posisi Death Cross ini membuat para pemain saham enggan membeli saham dan cenderung menjualnya jika niat membeli sahamnya adalah trading bukan investasi. Lawannya adalah Golden Cross

Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan dari usaha sebuah perusahaan kepada para pemegang saham. Nilai dividen biasnaya dinilai untuk tiap lembar sahamnya.

Emiten

Emiten adalah pihak yang menawarkan penawaran umum di bursa efek. Emiten bisa dalam bentuk orang perseorangan, perusahaan, usaha bersama, asosiasi, atau kelompok yang terorganisasi

Gorengan

Gorengan adalah istilah yang merujuk pada saham yang nilai sahamnya terlihat menarik untuk dibeli akan tetapi bukan dari kinerja dari usaha tersebut melainkan pemainan bandar yang melakukan permainan. Ibarat dalam permainan bola, sedang menggoreng bola tapi belum tentu gol.

Yah meskipun dalam hal, gorangan bisa berbuah Gol namun bisa juga tidak.

Golden Cross

Posisi Grafik yang menunjukkan garis hijau naik ke atas di bawah angka 20. Meskipun tidak ada jaminan namun kondisi tehnis ini selalu menunjukkan jika nilai saham tersebut bakalan naik entah dalam hitungan jam ataupun harian. Garis ini dijadikan inidikasi para traider untuk membeli saham. Lawannya adalah Death cross.

Bentuk Grafik Death Cross dan Golden Cross di pasar saham

Investasi

Membeli saham dengan niat menguasainya dalam kurung waktu yang panjang. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang atau malah dividen dari hasil usaha.

Market Rebahan

Istilah nyeleneh yang merujuk pada volume saham perdagangan di pasar modal kecil. Hal ini disebabkan para pelaku ekonomi enggan bertransaksi dengan saham tersebut.

Nyangkut

Nyangkut adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada seorang yang membeli saham pada harga tinggi namun nilainya terus turun sehingga hanya akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni dikoleksi dan menunggu dividen jika ada atau memilih jual rugi alias Boncos.

Remah Gorengan

Remah gorangan adalag merujuk pada pembeli saham dengan skala kecil yang ikut nimbrung mengambil keuntungan dari saham gorerangan

Swift

Kegiatan membeli saham untuk dipegan dalam jangka waktu beberapa hari atau minggu dan menunggu saham tersebut naik.

Trading

Kegiatan membeli saham karena mengikuti trend kenaikan singkat pada saham lalu di jual dalam waktu cepat segera setelah trend mulai menurun. Biasanya kegiatan jual beli yang masuk kategori trading jika saham tersebut dipegang kurang dari dari sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *