Matamu.NET – Ada banya tools dan website yang bisa digunakan untuk mengetahui Keyword search Volume dan CPC Bid dari sebuah website. Tools ini biasanya dikategorikan sebagai Search Engine Optimization tools (SEO), seperti Semrush, AhRef, Keywoordtool.io dan lain-lain.
Tujuan penggunaan tool ini ada beragam, seperti mengintip bancklik situs lain, mengetahui kualitas Page dan Domain situs lain, Menelusuri Kata kunci (keyword) dan mengitung nilai cpc dari Keyword.
Mari kita bahas dua outputnya saja yakni Kewyord Volume dan CPC. Kita ambil contoh hasil analasis Keyword dari Semruhs :
Perhatikan kata Ski Jackets! Disana ada informasi Volume : 12.100 dan CPC : 1,93 $. Hal ini berarti kata Ski Jackets 12.100 kali diketikkan dalam sebulan di Search Enggine. Jika situs kamu memenangkan kata kunci ini itu berarti ada 12.100 pengunjung dalam satu bulan di situs hanya untuk kata kunci ini.
CPC adalah singkatan dari Cost per Click yang artinya artinya adalah taksiran penghasilan yang kamu dapatkan dari iklan yang tayang dari kata kunci ini.
Mari kita hubungkan dengan aturan Google adsense tentang maksimal klik iklan hanya 20% dari total penampilan. Namun rata-rata CTR yang saya dapat hanya 2 % dari total tayangan. Hal ini tergantung dari penempatan iklan tapi kita pakai 2 % saja. Maka taksiran perhitungan sebagai berikut :
Penghasilan : 12.100 x 2% x 1,93 $ = 467.06 $.
Jadi dalam sebulan dari kata kunci ini menghasilkan 467.06 $ dalam sebulan hanya dari kata kunci Ski Jackets saja. Kalau dirupiahkan taksiran penghasilan situs kamu sekitar 6.800.000 rupiah.
Sangat jarang sih sebuah situs memenangkan hanya satu kanca, biasanya ketika kita memenangkan satu kunci, pada kata kunci turunannya juga ikutan melipir, meskipun tidak di posisi satu tapi kemungkinan untuk ikutan nangkring di laman satu juga besar.
Perhatikan kata kunci Ski Jakets kembali, disana ada kata kunci turunan Ski Jaket yang juga dicari lebih 5400 kali dalam sebulan. Ada kemungkinan artikel kita juga diakses seteleh seseorang menuliskan kata kunci tersebut.
Catatan :
CTR = Click Trough Ratio
CPC = Cost per Click
CPM = Cost per Mile
RPM = Rate per Mile