Googel Adsense – Jenis dan Tipe Earning CPC, CPM, Active View

2 min read

Pengertian CPC CPM active CPM di Googel Adsense

Matamu.NET – Bagi para publisher, penghasilan Google Adsense setelah tayang di sebuah website dikonversi menjadi uang (Rupiah atau Dollar) melalui tiga jenis penghasilan.

Grafik nilai CPM CPC dan CPM di Dashboard Google Adsense

1. CPC

CPC adalah singkatan dari Click Per Cost atau Biaya per Klik (BPK). Pengertian sederhana dari CPC adalah biaya yang didapatkan oleh Publisher ketiak sebuah ikan di klik di situs mereka. Misalkan nilai CPC dari sebuah Iklan itu adalah 0,02 $ maka nilai yang didapatkan setiap kali klik adalah 0,02 $.

Ketika iklan yang sama di situs kita klik 10 kali maka penghasilannya adalah 0,02 $ x 10 = 0,2 $, namun kondisi sangat sulit terjadi karena iklan yang tayang di sebuah situs tidak hanya dipengaruhi oleh isi artikel tapi juga cache dan cookies pengguna selama berselancanr di Internet.

Prosedur Iklan Tayang di sebuah website

Saya memiliki situs bertema finasial dengan kata kunci yang nilai cpc-nya berdasarkan Semrush 3,13 $, tapi kok di dashboard saya cpc rate-nya hanya 0,03 $?

Nilai yang ditayangkan di Semrush adalah nilai taksiran dari Semrush itu sendiri, kendati nilainya tidak jauh. Namun mari kita anggap nilainya memang sama dengan nilai yang ada di GA.

Angka 3,13 $ bukanlah nilai CPC actual tapi bid maximal yang pernah ditawarkan oleh pengiklan kepada Google adsense untuk sebuh keyword. Setiap kata kunci di Google Adsense memiliki range CPC misalnya mulai dari 0,2 $ sampai 3,13 $.

Ketika sebuah situs menayang slot iklan di situs mereka tampil di user maka slot iklan tersebut dilelang kepada pemasang iklan. Tentu saja nilai iklan yang lebih tinggi akan memiliki kesempatan tampil lebih tinggi namun google membatasi nilai bid iklan yang bisa tayang disebuah website berdasarkan kualitas dari website itu sendiri, jadi tidak serta merta karena Keywordnya semata.

Misalkan sebuah situs peringkat 500 akan memiliki kesempatan untuk menayangkan iklan dengan Bid maks 3,13 $ tapi di situs dengan peringkat 2.000.000 hanya akan mendapatkan kesempatan untuk menayangkan iklan dengan Bid maks 0,07$. Jadi masih ada kemungkinan iklan yang tayang akan memiliki nilai pada Bid Max.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi Bid Maksimal iklan yang tayang disebuah situs kita mulai dari kualitas Domain, Kualitas Page, Kontent, dan posisi penempatan iklan.

Proses perhitungannya sebagai berikut : Google memberikan peringkat dari seluruh pemasang iklan di Google Adword berdasarkan nilai Bid yang mereka pasang. Semakin tinggi nilai bid semakin besar peringkatnya.

Mari kita asumsikan ada 5 buah iklan yang sedang bersaing untuk sebuah kata kunci dengan peringkat iklan 80, 50, 30, 10 dan 5. Jika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut dan membuka sebuah situs dengan kriteria peringkat minimal dari Google adalah 40, maka hanya iklan peringkat 80 dan 50 yang bisa tampil.

Urutan tayangnya sebagai berikut : Iklan peringkat 80 akan muncul di bagian atas artikel (muncul duluan) sedangkan iklan dengan nilai 50 akan muncul di bagian bawah. Iklan yang nilainya 30, 10 dan 5 tidak akan punya kesempatan muncul di website asumsikan.

Mudahnya Iklan mahal akan tampil di situs premium, sedangkan iklan murahan akan tampil di situs ecek-ecek.

2. CPM

CPM adalah singkatan dari Cost per Mile atau Biaya per 1000 kali tampil. di Google Adword Bid ini disebut View Cost Per Mile yakni biaya yang harus di bayar oleh pemiliki iklan setiap 1000 kali iklan mereka tampil.

Lah apakah saya harus menunggu iklan ini tayang 1000 kali disitus saya baru bisa dapat CPM?

Jawabannya tidak, karena setiap kali sebuah iklan tayang di Google Adsense maka pemilik sudah mendapatkan bayaran yang tersebut saja, misalkan sebuah iklan dengan Bid vCPM mereka 10$, maka setiap kali tayang, pemilik situs akan mendapatkan 10 $ / 1000 atau 0,01 $.

CPM yang ditayangkan di Dashboard Publisher Iklan itu adalah Rate CPM yang sudah tayang dari banyak di situs anda.

Semua pengiklan pasti memiliki Bid CPM, sekalipun mereka tidak memasang Bid tersebut. Jika di Set 0, maka iklan mereka tidak akan pernah tayang sama sekali.

3. Active View CPM

Active View CPM adalah biaya iklan yang anda dapatkan setiap kali tayang. Active Biew CPM ini punya nilai yang berbeda beda dan Bid yang lebih tinggi namun ada syaratnya.

Persyaratannya bid Iklan ini akan terhitung jika iklan terlihat di screen dengan ukuran lebih dari 50% dan tayang paling 1 detik. Proses perhitungan sama dengan CPM, nilainya saja yang lebih besar.

Ukuran iklan kecil di dalam artikel ini sangat diuntungkan dengan Bid tipe Active View CPM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *