Gear ala Fotografer Profesional dengan Kamera Smartphone dari Iphone 12 Pro

2 min read

Iphone 12 PRo Max untuk fotografi

Matamu.NET – Harga Iphone 12 yang tinggi sepertinya tidak membuatnya masuk kategori Over Prize. Pasalnya Smartphone yang satu ini memang punya kualitas yang membuatnya layak dijual dengan harga tersebut.

Salah satu fitur yang memiliki bisa diandalkan adalah kualitas kamera yang layak disandingkan dengan kamera profesional. Hasil jepretan dari Kamera Iphone 12 membuat semua orang bisa menjadi Fotografer dari sebuah smartphone di tangan.

Tentu saja jika kita bisa memahami dengan baik fitur yang disediakan oleh kamera Iphone 12.

Hal ini bukan sekedar pendapat berdasarkan harga jual semata atau opini saja, tapi ada banyak fotografer profesional di luar sana yang menggunakan Iphone sebagai Second Gear mereka disamping kamera profesional yang didesain khusus untuk fotografi.

A. Spesifikasi Iphone 12 Pro dan Iphone 12 Max

Sebelum membahas cara memaksimalkan fitur kamera Iphone 12, mari kita simak spesifikasi Kamera Iphone 12 berikut ini

Lensa Kamera

  • Ultrawide Kamera 13 mm f/2.4
  • Wide Kamera 26 mm f/1.6
  • Telephoto Kamera 52 mm f/2.0
  • Telephoto Kamera 65 mm f/2.2 (Seri Iphone 12 Pro Max)

1. Lensa Wide yang Mumpuni

Lensa adalah kekuatan utama dari seni fotografi, karena benda tembus pandang inilah yang membuat dimensi dari foto terbentuk di media dua dimensi. Dengan memiliki tiga buah lensa, sepertinya Iphone 12 serius menggarap pasara fotografi.

Salah satu dari tiga lensa Iphone 12 adalah lensa dengan focal length 13 mm. Lensa ini masuk kategori lensa super wide yang mampu membantu kamu dalam mengabadikan garis horison yang panjang dari foto pemandangan.

Meskipun di ukuran focal length, lensa akan menghasilkan foto yang distorsi namun hal tersebut tidak lah menjadi masalah besar dalam fotografi landscape. Karena karakteristik hiperbola dari lensa sudah menjadi ciri khas yang diterima secara umum.

Hal yang menarik adalah, lensa Superwide Iphone 12 dibekali dengan bukaan f/2.4 yang pada umumnya lensa-lensa standar lansdcape hanya pada bukaan f/3.5. Bukaan yang besar ini sangat membantu kamu memotret di dalam kondisi low Exposure atau cahaya yang kurang.

Jadi tidak masalah kalau kamu gunakan Iphoen 12 kamau mengabadikan momen senja dan milky way karena bukaan yang cukup lebar ini.

Foto Emanuele P Pantai dalam kondisi Sunset
Foto yang diabadikan oleh Emanuele P @onorevole_2012

Sensor yang dibenamkan pun cunguh bandel karena mampu mengurangi Noisy yang dihasilkan dari pemotretan dengan IS-ISO yang tinggi. LiDAR sendiri menjadi teknologi andalan yang diusung dari Iphone 12 untuk meningkatkan kualitas gambar dengan metode sensing position dari main objek dan memanipulasi jumlah cahaya masuk melalui tiga lensa yang ada di belakang layar Iphone.

LiDAR juga membantu menentukan jarak dari objek yang fokus. Jarak ini kemudian digunakan untuk menentukan fokus mekanik di dalam lensa yang tidak bisa diputar dengan tangan seperti pada Lensa analog di kamera DSLR dan Mirorless.

Infinitiy DoF

Tidak hanya menghasilkan gambar yang terang dalam kondisi low Esposure, Iphone 12 juga bisa merekam foto dengan daerah ketajaman yang panjang atau Infinty DoF. Hal ini bisa membuat foto awan yang berada jauh di belakang Objek tetap fokus persis sama dengan karakteristik infinity dari lensa DSLR.

Foto Landscape Hitam utih dengan DoF panjang
Awan yang Fokus di belakang sebagai Background – Anson F @ansofogel

Moment Landscape apalagi yang kalian ingin abadikan dengan kamera ini, karena semua range ladcpae fotografe sudah hampir terpenuhi. Ditambah dengan tripod maka lengkaplah Gearmu dalam se-genggam Iphone 12.

2. Potret dengan Lensa Model

Motert Objek yang lebih lebar dengan bakcground yang sempit? Lensa modelling dengan diameter > 50 mm sudah sangat keren kok, karena lensa pada focal legtnh tersebut sudah menghasilkan gambar yang tidak distorsi.

Hal ini berarti objek yang kamu lihat dengan mata dan yang terekam di layar sudah sama. Selain itu gambar yang dihasilkan oleh lensa-lensa Telephoto itu lebih tajam. Dua hal ini syarat lensa dapat digunakan motret model.

Dari spesifikasi saja, Iphone 12 sudah memenuhi syarat tersebut pasalnya Focal Length telephotonya berada pada 52 mm sedangkan seri max ada pada 65 mm. Jadi tidak perlu berpanjang lebar lagi, kita nikmati saja foto dari fotografer berikut ketika digunakan memtret objek.

Foto ular keren warna hijau dengan Hape KAmera
Foto dari Tico H @ticowildstudio
Foto model Cewek cantik dan manis

Akhir Kata

Kok penjelasan kurang sih? Apa saya saya harus membahasa warnanya juga? Sepertinya kalau haru bahas unsur warnanya juga harus mulai dari tetorial dasar tentang Apple saja deh. Karena dua hal di atas sudah cukup menjelaskan jika Kamera Iphone ini memang sudah mumpuni dijadikan fotografer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *