Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Tertulis dan Melalui Whatsapp

1 min read

contoh surat izin sakit

Matamu.NET – Berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah baik secara tertulis maupuan melalui aplikasi chating Whatsapp. Semoga bermanfaat.

Tujuan Surat Izin

Surat izin tidak masuk sekolah adalah bagian dari surat yang memberikan informasi kepada guru. Isi informasinya adalah alasan dan penyebab anak dari pengirim surat tidak bisa ikut menghadiri sekolah. Penyebab bisa jadi karena berhalangan seperti sakit atau mungkin sedang acara keluarga.

Sebagai tambahan jika kondisi anak sedang sakit dan harus berobat, sebaiknya meminta surat keterangan tidak sehat dari dokter tersebut kemudian di sertakan pada surat.

Mengapa demikian?

Tidak hadir karena sakit biasanya akan memakan waktu yang lama tergantung dari penyakitnya misalnya demam biasanya cuman tiga hari namun kalau sakit berat biasanya butuh waktu istirahat yang cukup lama seperti 2 minggu sampai satu bulan.

Tentu saja kita tidak ada yang ingin anak kita sakit dan tidak dapat mengikuti pembelajran di sekolah, namun jika hal itu terjadi bereikut ini contoh surat izin sakit.

1. Contoh Surat Izin Sakit

Lhokseumawe, 23 Maret 2024

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IIB.
SD Impress 212 Lhokseumawe

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Dengan Hormat,
Bersama dengan surat ini, Saya orang tua murid dari:

Nama : Amanda Manopo
Siswa : Kelas II.B
Alamata : Jl. Bayur No. 3

menyampaikan bahwa anak kami yang identitasnya disebutkan di atas, tidak dapat mengikuti pelajaran seperti di kelas mulai dari hari ini 23 Maret 2024 sampai 26 Maret 2024 karena sedang deman. Bersama dengan surat saya lampirkan surat keterangan Dokter terkait sakit yang diderita anak saya.

Demikian surat izin saya buat dan sampaikan agar dapat dimaklumi. Atas perhatian dan kebijakan bapak/ibu guru saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya
Orang Tua Wali.

Ariel Tatum S.Kck.

Untuk File PDFnya bisa dilihat di sini

Contoh surat Izin Sekolah karena sakit

2. Contoh Permintaan Izin Sakit Melalui WA

Selain meminta izin dengan surat izin sakit yang di tulis tangan, perkembangan teknologi juga sudah memudahkan proses komunikasi dengan mengirim surat izin melalui aplikasi Whatsapp.

Tipsnya sebaiknya surat tersebut di kirim oleh nomor orang tua siswa yang sudah di kenal oleh guru dan menggunakan bahasa yang santun. Contoh suratnya sebagai berikut :

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Selamat Pagi, Perkenalkan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas II.B SDN 21 Pallangga, saya adalah Wulan Guritno M.Phill., Ph.D. orang tua dari Rukmini Amanah ingin menyampaikan bahwa anak kami terhitung tanggal 28 Februari 2022 sampai 3 Maret 2022 tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa karena kesehatannya terganggu.

Dengan demikian saya memohon kepada Bapak/Ibu Guru agar kiranya memberikan izin terkait dengan kegiatan pembelajaran.

Demikian penyampaiakan saya kirimkan, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima Kasih

Wassalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.