Category: Uncategorized

  • Tugas dan Tanggung Jawab Operator BRO – Back Relation Officer

    Apa itu Backline Relation Officer (BRO)?  Backline Relation Officer (BRO) adalah posisi jabatan yang fungsinya sebagai pelaksanan kegiatan operasional pada fungsi kepesertaan, melayani peserta dengan baik dan memberikan informasi apa saja terkait produk yang ada

    Tugas Backline Relation Officer (BRO)

    1. Membina hubungan baik dengan nasabah atau peserta
    2. Memberikan pelayanan yang terbaik
    3. Melakukan segala kegiatan operasional yang berhubungan dengan peserta/nasabah
    4. Menjaga nama baik perusahaan

    Jenjang Karir Backline Relation Officer (BRO)

    Backline Relation Officer (BRO) memiliki jenjang karir yang cukup baik sama halnya dengan relationship officer, Backline Relation Officer juga memiliki karir yang cukup luas serta karir yang cepat dipromosikan, namun jika penilaian kinerja yang dilakukan mendapat nilai yang bagus dan layak untuk dipromosikan

    Tips Lolos Seleksi Backline Relation Officer (BRO)

    1. Mempelajari tugas dan fungsi backline relation officer
    2. Menguasai produk yang akan ditangani
    3. Belajar komunikasi yang baik karena pekerjaan ini langsung berhubungan dengan orang
    4. Berpenampilan rapi dan good looking
    5. Disiplin
    6. Mudah beradaptasi di suasana yang baru
  • Tugas dan Tanggung Jawan Operator Quality Control

    Operator QC adalah bagian yang menangani pengelolaan kualitas dalam suatu proses produksi di perusahaan manufaktur. Secara bahasa QC adalah kependekan dari Quality Control yang memiliki arti kontrol kualitas atau pengelolaan kualitas. Dalam hal ini harus dipahami dulu perbedaan antara Quality Control dengan Quality Assurance (Penjaminan kualitas). Quality assurance lebih cenderung ke bentuk pengesahan terhadap suatu produk bahwa produk tersebut terjamin secara kualitas, sedang Quality Control lebih ke bagaimana proses produksi suatu barang bisa menghasilkan kualitas produk yang bisa lolos di Quality Assurance.

    Tapi karena terkadang banyak hal yang terlalu merumitkan, perusahaan manufaktur seringkali menyatukan kedua tugas ini menjadi tugas satu orang, yaitu Operator Quality Control. Karenanya dalam pembahasan tugas dan tanggung jawab operator qc ini akan ada beberapa tugas qa (quality assurance) yang dimasukkan. Untuk lebih lengkapnya silakan lanjut ke paragraf selanjutnya.

    Tugas Operator QC

    Dalam kesehariannya seorang operator QC diharuskan melakukan hal-hal yang tentunya sangat teliti dan penuh tanggung jawab seperti ;

    1. Briefing 

    Briefing atau meeting pagi adalah sebuah keharusan di dunia industri, terutama untuk para pekerja yang bekerja di line produksi yang tentunya menjadi titik awal produksi suatu perusahaan. Dalam briefing pagi, biasanya akan dibahas schedule kerja hari tersebut, review dari shift sebelumnya dan informasi penting lain terkait urusan kerja pada hari tersebut. Karenanya jika seorang operator tidak menghadiri briefing pagi, tentunya dia akan kebingungan karena dia tidak mengetahui secara lengkap informasi terkait pekerjaan hari tersebut. Dalam hal ini operator QC (Quality Control) juga memiliki kans yang sama karena mereka merupakan salah satu bagian dari line produksi yang bertanggung jawab dalam kualitas dan kuantitas produksi. Dalam hal ini, perusahaan terkadang hanya menyebut operator QC sebagai operator produksi juga dikarenakan kesamaan mereka di line produksi. Tapi ada juga beberapa perusahaan yang memang membedakan secara signifikan antara operator produksi dengan operator QC meskipun pada kenyataannya, tugas mereka selintas memang terlihat sama.

    2. Melihat Task Schedule

    Setelah melakukan briefing pagi, Operator Quality Control langsung berkumpul dengan sub leader QC, atau leader QC untuk meminta WPS (work planning sheets). Istilah perusahaan berbeda beda dalam menamai WPS ini, ada yang dinamai Plan Sheets saja, ada Agenda Kerja, ada Task Schedule, dan lain lain. Tapi intinya sama saja karena di dalam WPS ini berisikan agenda kerja yang harus dilakukan oleh operator QC pada hari itu. Dari WPS ini operator QC bisa melihat poin poin seperti ;

    1. Target, Target apa saja yang harus tercapai pada hari itu.
    2. Material, Produk apa saja yang harus dicek pada hari tersebut, mana yang harus didahulukan, mana yang tidak harus didahulukan, mana yang tidak lolos, mana yang lolos, mana yang audah di cek, mana yang belum di cek, dan lain lain.
    3. Kendala, Selain dua hal di atas, dari WPS ini seorang operator QC bisa menemukan apa saja kendala dari pengecekan hasil produksi sebelumnya.

    3. Melakukan pengecekan hasil produksi

    Setelah selesai dengan dua poin penting di atas, tugas operator QC selanjutnya berlanjut pada tugas mereka yang paling utama yaitu melakukan pengecekan terhadap hasil produksi. Tentunya anda tahu bahwa hasil produksi disini bisa berbeda beda tergantung bidang usaha dari perusahaan masing masing, ada yang memproduksi sparepart, kendaraan, elektronik, kain, gerabah, dan lain lain.

    Lepas dari jenis produksi perusahaan, intisari dari tugas operator QC ini adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mendetail terhadap hasil produksi ini. Bagaimana cara mengeceknya? Anda tidak usah khawatir akan ketidaktahuan, karena setiap perusahaan akan memiliki standarisasi masing masing. Standarisasi ini biasanya dibukukan atau setidaknya dibuat semacam poster di sekitar tempat anda bekerja. Dengan mengacu pada standarisasi dari perusahaan ini anda dapat menentukan mana yang lolos dan mana yang tidak.

    4. Menyortir hasil produksi yang lolos dengan yang tidak lolos

    Setelah melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mendetail terhadap hasil produksi, selanjutnya operator QC harus melakukan penyortiran terhadap material hasil produksi yang telah dicek, jadi disini anda akan menemukan tiga jalur atau tiga tempat untuk menyimpan hasil sortir
    – Jalur pertama adalah jalur untuk material atau hasil produksi yang lolos
    – Jalur kedua adalah jalir untuk hasil produksi yang tidak lolos dengan kegagalan dibawah 50%, dalam artian, produk ini bisa diperbaiki dalam waktu yang singkat.
    – Jalur ketiga adalah jalur untuk material dan hasil produksi yang kegagalannya diatas 50%, bisa dikatakan harus di daur ulang, atau mungkin bila diperbaiki akan memakan waktu yang sangat lama.

    Dalam pembagian jalur atau tempat ini tentunya anda harus bisa memastikan bahwa anda benar benar mengikuti SOP (Standard Operational Procedure) alias standarisasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Untuk barang barang yang bersifat ambigu atau anda ragu akan kerusakannya, akan lebih baik jika anda mengambil kemungkinan terburukbdari produk tersebut. Jadi jangan ambil resiko dan mengorbankan karir anda hanya karena sebuah kesalahan kecil atas nama kemungkinan atau perasaan anda.

    5. Menemukan kesalahan atau penyebab tidak lolos secara detail

    Setelah berhasil menemukan produk mana saja yang lolos dengan yang tidak lolos Quality Control, dari sini anda pastinya akan sangat paham mengenai sebab sebab suatu produk tidak anda loloskan. Sebab sebab ini harus anda analisa dengan baik dan jangan sampai lupa, minimal anda harus menandai atau memberikan note pada setiap barang yang tidak diloloskan sebagai bahan analisa dan pemeriksaan nantinya. Tidak sembarangan karena terkadang hal ini menimbulkan konflik dengan operator produksi yang memproduksi barang yang tidak anda loloskan jika anda tidak tahu secara mendetail penyebab barang tersebut tidak anda loloskan.

    6. Menemukan solusi untuk produk yang gagal

    Tidak hanya menemukan cacat atau kesalahan dari suatu hasil produksi, operator QC juga harus memberikan solusi kepada operator produksi terkait kesalahan yang menyebabkan hasil produksi menjadi cacat atau tidak lolos. Hal ini juga merupakan salah satu tugas dari operatot QC ini. Demi efisiensi dan efektifitas kerja di line produksi, kerjasama dan koordinasi yang baik sangat dibutuhkan untuk mencapai target produksi yang ditentukan perusahaan.

    7. Membuat laporan kerja

    Setelah semua tugas terlaksana dengan baik, tugas operator QC selanjutnya adalah sama dengan operator produksi yaitu membuat dan menyusun laporan kinerja sebagai bahan pertanggungjawaban nantinya. Laporan ini berisikan target yang dicapai dan informasi penting lainnya terkait kondisi produksi, agenda, kendala, dan lain lain.

    8. Berkoordinasi antar shift

    Tugas operator QC yang terakhir adalah melakukan koordinasi dengan shift lain terkait pekerjaan yang telah dilakukan dan informasi lainnya. Kordinasi antar shift ini sangat penting untuk dilakukan karena akan menghasilkan efisiensi kerja.

    Tanggung Jawab Operator QC di Manufaktur

    1. Memastikan kinerja sesuai WPS (work plan sheet)
    2. Memastikan barang hasil produksi di cek dengan baik
    3. Memastikan barang yang tidak lolos cek diketahui kesalahan dan cara menanggulangi nya
    4. Memastikan koordinasi dengan shift lain terlaksana dengan baik
    5. Memastikan laporan kerja dibuat tepat waktu
    6. Memastikan target produksi tercapai dengan maksimal
    7. Menjaga nama baik perusahaan

    Kualifikasi dan Keahlian Khusus Menjadi Operator QC di Manufaktur

    Untuk menjadi operator QC di manufaktur biasanya dibutuhkan kandidat dengan pendidikan minimal diploma 3 atau D3, tapi tak jarang perusahaan hanya mematok pendidikan SMA atau SMK untuk mengisi posisi ini. Pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama akan sangat membantu untuk anda yang berencana mengisi posisi sebagai operator QC.

  • 9 Busana Catwalk yang Aneh dan Bikin Ngakak

    9 Busana Catwalk yang Aneh dan Bikin Ngakak

    Matamu.NET – Yang terlintas pertama kali dipikiran kita ketika mendengar kata Catwalk yakni pasti seorang model, elegant, mewah, dan fashion. Akhir-akhir ini pengguna sosial media terkadang dibuat tertawa dengan lewatnya video-video yang menampakkan para model yang berbusana diluar nalar kita. Namun sebenarnya fashion-fashion aneh yang seperti para model kenakan udah ada dari zaman dulu. Jadi tidak usah heran yah guys kalau fashion makin kesini malah makin kesana.

    Kali ini Matamu.NET telah merangkum beberapa busana catwalk yang aneh dan tentu mengundang ketawa kalian semua, untuk itu silahkan disimak!

    1. Busana nuansa coklat dengan tiga kepala tikus

    Model ini terbilang unik ya guys, hal ini karena kepala tikus yang berukuran besar itu. Kalau mengenakan busana ini pasti akan merasa seperti sudah menjadi Ratu dari tikus-tikus.

    2. Busana yang udah mirip seperti Tokek Women

    Model pakaian berwarna merah totol putih, dengna sesuatu yang mirip dengan alien menempel dibelakagnnya menjadi ciri khas dari busanan ini, terlebih dari cara sang model yang memperagakannya dengan tangan yang dibuka seperti tokek ini, memberi kesan bahwa pakaian yang dikenakan oleh model ini bereferensi pada tokek yah guys.

    3. Busana mirip dengan karakter di film Toy Story

    Coba kamu perhatikan, busana yang dikenakan oleh sang model terbilang lumayan normal hanya saja atribut yang terpasang di wajah sang model sangat mampu menarik perhatian kita. Terus terang saja. bahwa atribut tersebut membuat sang model menjadi mirip dengan karakter di film Toy Story yang bernama Mr. Potato Head

    Baca Juga 5 Inspirasi Outfit Tahun Baru China 2023 Yang Tidak Ketinggalan Jaman

    4. Busana seperti remukan kertas daur ulang

    Ternyata bentuk dari remukan kertas bisa menjadi referensi bagi para desainer untuk membuat busana seperti remukan kertas. Sangat diluar dugaan guys.

    5. Busana cocok untuk kaum rebahan

    Mungkin bereferensi pada kebiasaan anak muda zaman sekarang yang kerjanya rebahan saja, sehingga desainernya menciptakan busana yang sepaket dengan bantal dan selimut. Busana ini sangat cocok buat kaum rebahan, bisa tampil modis dan bisa rebahan dimana saja.

    6. Busana yang mirip jemuran baju

    Baju yang memiliki ukuran leher lebih besar dari umumnya menjadi hal yang aneh dan tentu lucu bagi kita. Ditambah dengan tiang-tiang panjang yang mengait ujung leher baju tersebut agar tidak terjatuh. Sangat unik yah guys.

    7. Busana simpel mirip seperti karakter kartun

    Jika diperhatikan sekilas, baju yang terkesan sederhana ini, namun jika diperhatikan lebih detail mungkin akan terkesan aneh, karena baju ini tidak memiliki lengan, dan juga duri dari baju ini mirip seperti buah durian. Dan yang bikin unik dari busana ini adalah, topeng yang dikenakan oleh model. Jika kita perhatikan jelas, mungkin model ini mirip dengan karakter yang ada pada anime Gegege no Kitaro yang bernama Medama Oyaji.

    8. Busana yang terkesan aneh dan mirip monster di film-film

    Kesan pertama saat kita melihat busana ini tentunya kita berpikir, ini busana karakter apa, bentuknya seperti monster, kenapa seperti seram. Jika dilihat mungkin busana ini terinspirasi pada karakter-karakter alien yang sering muncul pada film sci-fi di tv.

    9. Busana manusia

    Manusia mengenakan busana mungkin sudah semestinya seperti itu, namun bagaimana pendapat kalian dengan manusia yang mengenakan busana manusia?

    Nah! itulah tadi 9 busana catwalk yang bikin kamu terheran-heran. Selamat berpikir, dan semoga dari melihat ini, kamu mendapat inspirasi untuk menjadi seorang desainer yang dapat mendesain baju yang lebih aneh lagi.

  • Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui Software Power Point, Articulate dan Aplikasi Generator

    Matamu.Net – Membuat media pembelajaran berbasis Android sebenarnya hal-hal yang susah-susah mudah, namun dalam ranah pembelajaran atau seorang guru maka tigas kita adalah tidak berpusat pada sistem teknis dalam hal pengkodean dalam membuat aplikasi, melainkan memanfaatkan seluruh resource yang ada.

    Salah satu skema pembuatan Android yang nyaris tanpa coding sama sekali adalah melalui mekanisme (1) Membuat Tampilan Slide to Slide, (2) mengkonversi ke HTML 5, dan (3) mengkonversi File HTML 5 ke Andorid.

    Ketiga langkah tersebut dilakukan melalui bantuan Software yang sudah familiar digunakan. Tujuannya tentu saja agar memudahkan proses perancangan dalam kasus ini guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan struktur penggunaan media untuk pembelajaran. Dan seminimal mungkin dalam persiapan teknis pengembangan media.

    Langkah – Langkah Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android

    Langkah pertama yakni membuat tampilan slide to slide akan dikembangkan menggunakan bantuan software pembuatan slide, bisa dengan bantuan Power point atau Articulate. Langkah ini mempertimbangkan desain, warna dan huruf yang nyaman dibaca.

    Perbedaan antara Articulate dan Powerpont hampir tidak ada kecuali articulate lebih handal dalam menyediakan menu menu untuk desain Website. Salah satunya adalah menu Scroll Bar dimana satu laman bisa digeser sampai ke bawah dengan panjang artikel yang lebih panjang dari bada artikel, namun tentu saja aplikasi ini berjalan lebih berat dari Power Point.

    Hal ini tentu saja membuat kita lebih nayaman mendasin kerangka awal media pembeljaran di Power Point, kemudian menyempurnakan navigasinya di Storyline Articulate.

    Langkah kedua akan dilakukan adalah mengkonversi file slide yang telah dirancang ke bentuk web statis dalam file HTML 5. Dalam kasus ini Power Point belum memiliki layanan untuk mengkoversi/mengekspor file mereka ke file HTML 5, namun Articulate Storyline sudah memiliki fasilitas ini.

    Slide yang anda kembangkan melalui Articulate hanya perlu di konvert ke File HTML 5 melalui fasitilah Articulate. Setelah file terkespor, maka anda sudah memiliki Website statis Offline dari slide yang telah rancang sebelumnya.

    Namun bagi anda yang mengembangkan media ini melalui software Power Point, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengekspor power point yang anda gunakan menggunakan Articulate dengan cara membuka file tersebut melalui aplikasi Articulate, lalu memastikan semua Navigasi berjalan dengan baik, setelah export ke File HTML 5.

    Logo HTML 5 stroyline Articulate

    Lengkah ketiga atau langkah pembuatan aplikasi ini akan dibantu dengan Apk generator yang banyak tersedia di internet. seperti Aplikasi Geizer, Web2Apk dan sejenisnya. Langkah ini terbilang cukup praktis karena anda hanya perlu mengkonvert dan menunggu Wesite atau Aplikasi tersebut membuat Aplikasi berdasarkan file HTML yang anda kirim.

    Sebagai salah satu contoh Aplikasi yang telah dibuat mengunakan Skema adalah Mattampu yang ada di Google Play Store.

  • Kompetensi IT Dasar Pendidik Pada Era Pembelajaran Abad 21

    Matamu.Net – Perkembangan teknolgi dan informasi terutama masa Industri 4.0 membuat Pembelajaran berbasis Daring atau Online bukan lagi menjadi sebuah pilihan tapi menjadi sebuah kebutuhan yang sifat wajib.

    Daftar Isi

    Cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan, membuat pembelajaran konvensional di ruang kelas saja tidak cukup untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi yang cukup untuk bersaing, namun masalahnya adalah mayoritas tenaga pendidik kita saat ini berada pada masa transisi melek IT atau biasa dikenal sebagai digital imigran.

    Hal ini menjadi keterbatasan dalam mengembangkan media pembelajaran karena dibutuhkan kemampuan khusus dalam merancang media pembelajran yang interkatif dan bisa digunakna untuk mengkonstruksi pengetahuan.

    Ujung-ujungnya, Tenaga pendidik baik guru maupun dosen yang masuk dalam kategori Digital Imigran akan menjadi pihak yang passif dalam menanggapi pembelajaran abad 21.

    Pembelajran Abda 21

    Skill Pendidik Pada Pembelajaran berbasis IT

    Tentu saja sangat sulit untuk membuat tenaga-tenaga pendidik kita untuk mengembangkan kemapuan coding standar front-end developer yang baik mengingat sulitnya melatih kemampuan ini bahkan seorang sarjana IT sekalipun harus mengambil beberapa mata kuliah untuk mengembangkan kemampuan Front-en Developer.

    Sebagai seorang pendidik yang akan mengajar dengan media berbasis IT atau mengembangkan medi aberbasis IT, tugas mereka adalah memastikan prinsip-prinsip belajar dan validasi dari materi yang terkandung dalam sebuah media dan sedikit apliaksi yang emmabntu pengembangan media berbasis IT tanpa syarat kemampuan coding.

    Sebagai bentuk pertimbangan berikut ini adalah keterampilan IT yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk membuat media berbasis IT tanpa Coding.

    1. Adaptif IT atau Digital Native

    Adaptif IT atau Digital Native merujuk pada kemampuan cepat untuk mengadapatasi perubahan dari sebuah software/website dan memahami penggunaan Software/Website tersebut.

    Pengembangan software pembelajaran dan website berbasis LMS/CMS tentu saja mempertimbangkan user non programing. Tujuan adalah menyediakan layanan kepada orang awam coding untuk bisa menggembangkan media berbsis IT pada pembelejaran.

    Hal yang harus dipelajari dari semua program dan website yang dikembangkan saat ini bukalah mengingat letak-letak dari tombol save, tombol create, langkah-langkah memasukkan file dan sejenisnya namun yang harus dipahami adalah alur berfikir (Algoritma) dari penggunaan dari sebuah Website/software.

    Jadi pahamilah karakteristik dari setiap software dan website yang akan digunakan dalam pembelajaran dan jangan tertutup dengan software lain yang sejenis agar bisa mendapatkan pengelaman yang berbeda.

    Penggunaan website dan software yang khusus dikembangkan untuk pembelajaran, sejatinya memiliki teknis dan alogritma penggunana dari sisi user yang hampir sama satu sama lain, kalau pun ada perbedaan kemungkinan besar hanya dari segi UI, kecepatan, ukuran dan layanan saja

    Sebagai contoh penggunaan MS Power Point dan Articulate Storyline dalam mendesain slide pembelajaran, keduanya hanya berbeda dari sisi UI semata, namuan layanan yang diberikan hampir sama kalau berbeda praktis perbedaan tersebut mungkin tidak akan masuk dalam media yang dikembangkan oleh guru.

    Esensi dari media yang dikembangkan oleh guru bukan pada software dan website yang digunakan, melainkan ada pada prinsip-prinsip belajar yang ditanamkan oleh guru dalam media tersebut, jadi tidak perlu rasis harus menggunaan salah satu saja diantara keduanya.

    Tanpa mempertimbangan prinsip-prinsip pembejalaran yang benar, maka guru tidaklah mengajar menggunakan media berbasis IT, tapi hanya menyampaikan informasi bersifat Behavioral semata kepada peserta didik yang sejatinya mereka bisa dapatkan dari banyak situs yang lebih lengkap dari pada yang kita kembangkan.

    2. Kemampaun Desain Dua Dimensi Dasar

    Kemampuan Desain dua dimensi yang dimaksud adalah kemampun membuat desain pembelajaran dalam bidang dua dimensi seperti slide persentasi atau kemampun mereka Video yang baik.

    Kemampun ini terkait dengan pemilihan huruf yang baik, warna dan ukuran objek rekatif terhadap media yang digunakan.

    Seorang pendidik tentu saja harus mempertimbangkan media yang paling memungkinkan oleh peserta didik dibawa kemana-mana, seperti gawai. Jika kecenderungan guru mengembangkan slide persentasi saat ini hanya untuk penetingan persentasi di depan kelas, maka pendidik harus mulai belajar mengembangkan power point yang cocok digunakan untuk pembelajaran melalui gawai.

    Oleh karena itu seorang guru dan dosen harus mempertimbangan beberapa hal dalam mendesain bahan ajar dan media pembelajaran berbasis slide :

    a. Ukuran Silde

    Pada umumnya mengembangkan slide di berbagai perangkat Dekstop akan selalu dimulai dengan ukuran standar 3 : 2 horisontal yang disesuaikan dengan layar PC. Hal ini mengingat umumnya penggunaan slide untuk bahan ajar yang nantinya akan digunakan oleh guru menjelaskan materi di depan kelas.

    Hal ini tidak salah, namun tidaklah benar mutlak. Ada baiknya ditambahkan lagi jenis slide dengan isi materi yang sama namun untuk ukuran yang berbeda, yakni ukuran 16 : 9 yang vertikal, tujuannya untuk dibagikan ke peserta didik sehingga mereka bisa membaca slide tersebut di luar kelas melalui Smartphone.

    Meskipun Slide 3 : 2 bisa dibuka melalui Media Smartphone, namun ukuran slide ini akan menghasilkan pengalaman interface yang buruk bagi peserta didik karen aperseta didik akan memiliki banyak oposi untuk menggeser ke kiri dan kekana slide, kemudian perlu di zooming karena ukuran huruf yang terlalu kecil, karena pada saat dikembangkan guru mengunakan acuan layar PC.

    Desain Slide berbasis IT yang konvensional dan jelek

    Sehingga besar kemungkinan membuat peserta didik atau user malas untuk membaca materi tersebut, namun jika dibuat dengan ukuran dan standar penggunaan Handphone maka salah satu faktor  yang menyulitkna penggunaan media dapat dihindari.

    Desain slide Power pint yang dirancang untuk pembelajaran berbasis IT

    b. Desain Komunikatif

    Hal kedua yang harus dipertimbangkan adalah dari sisi desain dari slide yang dikembangkan. Slide yang dikembangkan tentu saja harus menarik dan tidak membosankan sehingga mampu membuat peserta didik nyaman selama berada pada slide tersebut.

    Pada umunya, kita terkadang bertemu dengan aturan untuk membuat slide seperti ukuran font harus paling kecil 24, atau warnanya harus biru campur kuning misalnya. Mungkin tips ini tidaklah salah, namun jika dikatakan benar tentu saja tidak demikian juga.

    Sebuah slide harus dirancang agar memenuhi kebutuan user kita, mislanya dalam pembuatan slide persentasi di dalam kelas, maka aturannya jangan memuat terlalu banyak kata, warna yang tidak seusai dan ukuran gambar haruslah besar, namun apakah hal yang sama berlaku saat mendesain slide pada ukuran layar mobile?

    Tenti saja jawabnnya ada banyak dan hal ini tergantung daru tujuan slide tersebut dibuat. Boleh saja membuat slide yang terdiri dari banyak kata seperti saat membaca website berita di media online, jika memang penjelasan tersebut memang dibutuhkan.

    Dalam kasus ini jelas bahwa desain slide yang digunakan di dalam kelas akan dijelaskan oleh pembuatnya sehingga se-minim mungkin informasi yang ditunjukkan maka semakin nyaman mata peserta, namun pada slide yang disajikan untuk dibaca di rumah, hal ini tentu saja berbeda karena guru sudah tidak ada di depan peserta didik menjelaskan informasi tersebut, oleh karena jumlah kata yang banyak tidak bisa dihindari.

    Dalam dunia komunikasi visual yang banyak melibatkan seni, sebenarnya tidak ada aturan baku yang harus dipegang karena seni itu sendiri berkembangan, jadi idenya adalah buatlah desain semenarik mungkin agar peserta didik semakin senang membuka slide yang dibagikan.

    Cara dan panduan membuat desain Slide yang menarik

    c. Navigasi

    Salah satu keunggulan mengembangkan slide untuk Mobile (Smartphone) kepada peserta didik adalah kuasa penuh atas perangkat berada pada peserta didik, dalam kasus ini Peserta didik dapat memilih bagian yang mereka kurang pahami, atau yang mereka senangi tanpa ada intervasi dari guru.

    Hal ini tentu saja meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena mereka sendiri yang menentukan materi yang akan dikaji. Prinsip ini menganut prinsip merdeka belajar yang benar, namun tugas seorang guru tentu saja memastikan kompetensi minimun dari materi yang dibagikan terpenuhi.

    Guru dalam hal ini sebagai pengembang desain juga harus mempertimbangkan navigasi yang baik dari materinya sehingga kendali yang ada ditangan user (Peserta didik) dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka inginkan atau memberikan penjelasan mengenai bagian dari materi yang sulit dipahami.

    Sebut saja menggunakan bantuan hyperlink baik ke dalam atau keluar slide jika dalam hal ini tidak dapat dijelaskan pada slide atau bukan bagian dari materi. Misalnya link menuju sumber yang terpecaya atau memberikan gambar atas kata yang sulit dibayangkan, misalnya penjelasan mengenai bentuk badan golgi pada sel, maka sebaiknya kata Badan Golgi dilinkan ke slide yang berisi gambar badan golgi.

    Pada slide badan Golgi tersebut diberikan tombol navigasi untuk kembali ke slide sebelumnya karena materi utama yang ingin disampikan bukanlah tentang badan Golgi, jadi informasi mengenai badan golgi secukupnya saja.

  • Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form Gratis di Blogger

    Matamu.Net – Blogger merupakan platform yang memberikan banyak pelayanan dan kemudahan untuk dienteraksikan dengan berbagai media yang mengizinkan penggunaan tag HTML <Iframe> di postbodynya.

    Tag ini sangat berguna untuk memasukkan layanan yang belum dimiliki blogger namun ingin dimunculkan pada blog kita. Salah satunya seperti ujian online yang belum dimiliki oleh Blogger, pemiliki blogger hanya perlu membuat kuiz mereka di aplikisi dan website penyedia kuiz lalu memasukkan kolom tersebut di blog mereka menggunakan tag HTML <iframe> … </iframe>

    A. Membuat Kuiz di Blogger dengan menggunakan Google Formulir.

    Sebagai contoh pengguaan tag Iframe dalam pembuatan kuiz kita manfaatkan layanan dari Googel Form untuk quiz karena lebih ringan, cepat dan satu perusahaan dengan blogger, namun jika ada yang ingin membuat melalui aplikasi lain juga boleh selama situs tersebut mengizinkan layanan mereka di pop up oleh user.

    Adapun langkah-langkhany sebagai berikut :

    1. Membuat kuis baru atau mengubah formulir menjadi kuis

    Silahkan logging ke akun Gmail lalu masuk laman form.google.com, sampai muncul formulir kuis seperti berikut ini :

    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form mudah halan awal

    Pilih menu membuat kuiz baru tanpa tempele atau templete kosong sehingga anda bebas memodifikasi bentuk dari quiz yang ingin dibuat.

    Setelah dipilih akan muncul menu seperti diatas, menu diatas adalah formulis soal yang akan dibuat, adapun rincian dari kolom kolok diatas sebagai berikut ‘

    1. Judul Formulir atau judul Soal
    2. Badan soal atau pertanyaan
    3. Jenis soal yang akan dibuat
    4. Menu menambah distraktor atau pengecoh soal
    5. Menu wajib di isi sebelum dikirim
    6. Menu untuk menambah soal
    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form pilihan menu
    Fasilitas dan layanan jenis formulis isian yang diberikan google ada berbagai macam, adapaun layan tersebut sebagai berikut :
    1. Jawaban Singkat : Digunakan untuk pertanyaan dengan jawaban pendek milsanya identitas, nama, nim, kelas dan sejenisnya
    2. Paragraf : digunakan untuk pernyataan dengan jawaban panjang
    3. Pilihan ganda : digunakan untuk pernyataan yang memiliki pilihan jawabm jika dibuat kunci jawaban maka pilihan yang boleh dipilih hanya satu, jika tidak maka bisa digunakan untuk memberikan jawawab berkelompok, misalnya jenis buah-buahan apa yang anda suka, apel, mangga, pisang, jambu, dst, jadi jawabn responden bisa lebih dari satu
    4. Kotak centak, menyatakan kesedian untuk memilih satu jawaban saja, misalnya jenis kelamin 
    5. Drop Down, memberikan jawaban dengan pola menu drop down
    6. Upload file : menyediakan kolom untuk memberikan file seperti foto atau dokumen
    7. Skala Linier : Menyediakan pilihan pernyataan sikap seseorang dengan skala-skala pengukuran linier seperti liker, semantik diferensial dan sejenisnya

    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form bentuk bentuk soal

    Kemudian pilih simbol di titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan bawah menu, lalau centak acak urutan jawaban. Hal ini bertujuan agar pilihan jawaban teracak untuk device yang berbeda sehingga mengurangi kemungkinan untuk kerja sama saat mengerjakan soal.

    Setelah itu tambahkan soal baru sesuai dengan kebutuhan pengukuran kompetensi yang anda ingin lakukan.

    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form membuat Distraktor

    Langkah selanjutnya adalah memberikan pilihan jawab yang benar pada menu Pilihan Jawaban yang ada pada pojok kiri bawah di setiap butir soal. Setelah di klik akan muncul menu seperti di atas, kemudian pilih jawaban yang menjadi kunci jawaban seperti yang dintunjukkan nomor satu gambar diatas.

    Google memberikan kemungkinan pilihan jawaban lebih dari satu, misalnya anda mencentang dua jawaba maka akan ada du ajawaban yang dipilih salah satunya saja akan mendapatkan skor maksimun untuk soal tersebut, jadi perhatikan dengan seksama saat membuat kunci jawabn

    Selanjutnya google memberikan menu pembobotan untuk soal, setiap soal secara default diberi bobot nol oleh google. Lihat nomor no 2 pada gambar diatas, lalu setelah itu pilihlah bobot soal yang anda buat, setelah itu centang selesai.

    Setelah membuat kunci jawaban pilih menu roda gigi yang ada di pojok kanan atas menu utama ada. Roda gigi ini berisi perintah untuk menentukan mekanisme pengerjaan formulir atau soal yang anda buat.

    Ada tiga menu utama disana dan dua menu tersebut sangat esensi dalam pembuatan soal online berbasis google Form.

    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form pembuatan kuis online

    Setelah memilih roda gigi akan muncul kotak dialog seperti diatas, silahkan centang untuk kumpulkan email respon agar feedback dari jawaban yang mereka kumpulkan dapat dibalas dengan mudah.

    Centang juga bagian Batasi satu tanggapan agar setiap peserta hanya mampu mengirim satu jawaban. Jika tidak maka responden bisa menjawab berkali-kali tanpa batasan, setelah selesai dengan menu umum silahkan menuju menu kuis

    Cara Membuat Kuis Online Menggunakan Iframe dan Google Form membatasi julah file dan jawaban yang dikirm responden

    Menu kuis ini akan memberikan perintah bahwa formulir berisfat sebagai kuis, lalu centang rilis setiap nilai setelah pengiriman, ini berlaku untuk pilihan ganda karena google dapat menghitungnya secara ototmatis, namun untuk jenis formulir seperti deskripsi dan sejenisnya masih butuh pemeriksaan manual.

    2. Menyiapkan Iframe

    Setelah soal selesai dibuat saatnya menyiakan script Iframe yang bakalan di generate otomatis oleh Google melalui menu Kirim yang letaknya ada di pojok kanan atas menu utama.

    Membuat Quiz dengan Formulir online google  cara membuat Iframe

    Setelah mengklik menu kirim akan ada tiga pilihan metode pengerimamn, yakni melalui email dengan logo surat, lalu melalui share link yakni mencopi linknya dan menaruh di berbagai media seperti WA, Facebook dan sejenisnya, lalu melalui tag Iframe.

    Tag Ifrema diberi simbol < > ini secera otomatis di generasi oleh google tujuannya agar soal bisa langsung muncul dilaman sebuah situs tanpa perlu keluar dari laman situs tersebut.

    Pada bagian pojok bawan ada menu untuk menaruh dimensi kotak, biarkan saja sesauid engan angka yang diberikan google, karena formulir ini akan tampil responsice secara otomatis menyesuikan dengan model device usernya.

    Simpan atau copy code tersebut lalu letakkan di laman situs yang anda ingin simpan di tempat yang anda ingin simpan.

    Contoh script yang diberikan goolge :

    <iframe src=”https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeSRk-RxrLudku7yBNCox2BuYyNdu8bVDpYu2_o3q-1saXhxg/viewform?embedded=true” width=”640″ height=”2001″ frameborder=”0″ marginheight=”0″ marginwidth=”0″>Memuat…</iframe>

    2. Meletakkan Kuiz pada Postingan Blog

    Adapun langkah-langkah untuk memasukkan formulir tadi di Blog anda sebagai berikut :

    1. Masukkan ke akun blog anda lalu buatlah postingan seperti biasa di menu entri baru blogger anda.
    2. Secara deafult anda akan mengetik di menu compose yang lebih ramah mata, namun script ini tidak akan jalan jika dipaste disini, maka masuk menu Editor HTML yang ada di samping Compose di pojok kiri atas.
    3. Pastekan code yang ada dapat di tempat yang anda inginkan, lalu kembali ke menu compose dan lihat perubahan yang terjadi dengan blog anda.

    Membuat Quiz dengan Formulir online google dengan code Iframe

    B. Contoh Formulir yang menggunakan Iframe di Blog

    Akhir Kata
    Nah itu dia panduan singkat membuat soal dan quiz di blog menggunakan fasilitas Google Form, selamat mencoba dan jangan sungkan untuk bertanya.

  • Malware Virus Corona Beredar Tersebar dalam file Video dan Dokumen

     Virus tersebut merupakan tipe Mallware yang dimanfaatkan oleh pembuatnya untuk mencuri data-data penting yang tersimpan di dalam komputer.


    Matamu.Net – Serangan Pandemic Corona Virus Disaster 2019 atau Covid-19 ternyata tidak hanya dalam bentuk biologis, namun sekelompok Hacker telah membuat Virus dengan nama yang sama.

    Virus tersebut merupakan tipe Mallware yang dimanfaatkan oleh pembuatnya untuk mencuri data-data penting yang tersimpan di dalam komputer.

    Hal ini pertama kali ditemukan oleh Tim pengembang Anti Virus miliki Rusia, Kaspersky. Menurut Kaspersky, ada banyak document tentang virus corona yang tesebar di dunia maya yang disisipi malware berbahaya. Malware tersebut berbentu Trojan sampai Worm yang dikembas dalam bentuk file pdf, mp4, dan docx.

    Pada umumnya dokumen tersebut berisi tentang petunjuk untuk melindungi diri dari ancamana corona, info seputar corona hingga prisedur deteksi dini terinfeksi Corona, padahal setelah dibuka Doumuen tersebut ternyata mengifeksi perangkat pengguannya dengan malware.

    Menurut Kaspersky, Virus ini memiliki kemampuan untuk memblokir, memodifikasi dan menyalin data sampai menghancurkan file sehingga bisa mengganggu pengoprasian komputer dan jaringan komputer.

    “Virus ini disebarkan ketika masyarakat meiliki kekhawatiran besar terdahap kesehatan mereka, jadi kemungkinan besar penyebaran dokumen dengan judul ini akan lebih cepat dilakukan oleh banyak irang sehingga menguntungkan pihak pembuatnya,: jelas analis Malware Ksapersky, Anton Ivanov, Senin (3/2/2020).

    Dalam pernyataan yang diungkap disitus resmi Karpesky, jenis Virus yang terkair dengan file file bernama Corona Viruz yang berhasil dideteksi oleh Kaspersky adalah Worm VBS Dinihou r, Worm Python Agent.c, UDSemoticon-Big Grinangerous Object, Multi Generic, Trojan WinLNK Agent gg, Trojan WinLNK Agent ew, HEUR:Trojan. WinLNK Agent gen dan HEUR: Trojan PDF Badur b.

    Ivanov berspekulasi jika file dan dokumen mengenai Virus Corona bisa saja bertambah banyak mengingat topik ini sedang menjad perhatian dunia sehingga pengiriman pesan saling mengingatkan bakalan dilakukan oleh orang-orang secara massive.

    “Sejauh ini jami hanya melihat ada 10 File unik akan tetap kemungkinan besar bertamabh besar seiring populernya topik Corona di media,” jelas Ivanov.

    Sebagai langkah untuk menghindari terinspeksi Virus tersebut, Kaspersky memberikan rekomendasi untuk melakukan langkah-langkah berikut :

    1. Selalu menghindari tautan atau lingk mencurigakan.
    2. Pastikan link yang disebarkan berasal dari link atau sistus resmi milik pemerintah atau badan yang dapat dipercaya.
    3. Perhatikan secara seksama file yang diunduh, jika file yang dibagikan dalam bentuk dokumen atau video, seharusnya file tersebut tidak memiliki format .exe dan .lnk.
  • Cara Mudah Menghasilkan Jutaan Rupiah melalui Program Google Adsense dan Blogger

    Matamu.Net – Blogger merupakan salah satu platform yang menyediakan jasa penerbitan artikel berbasis web 2.0 yang dikembangkan oleh Pyra Leb. Setelah dibeli oleh Google pada tahun 2003, Blogger mengalami banyak peningkatan layanan, termasuk hosting dengan kapasitas dan bandwich unlimited.

    Layanan tersebut diberikan google secara gratis bagi mereka yang mengeloal blog tanpa melanggar TOS yang sudah ditentukan oleh google terlebih dahulu seperti memuat konten pornografi eksplisit, perjudian dan situs mallware, padahal jika jasa tersebut disewakan pada pihak Hosting kemungkinan biaya yang paling kecil yang haru sdikeluarkan oleh pemilik situs adalah 10 $ – 15 $ perbulan.

    Namun bukan hal tersebut yang membuat Blogger terlihat spesial, melainkan kemudahan-nya untuk dihubungkan dengan program afiliasi pengiklanan milik google yakni Google Adsense. Hal ini membuat mereka yang memiliki blog bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang melalui program blogger dan google adsense.

    cara menghasilkan rupiah melalui program Google adsense dan Blogger

    Lantas bagaiamna caranya?

    Berikut ini step by step cara menghasilkan uang melalui Program Google Adsense. Silahkan simak dengan seksama dan dilakukan langkah demo langkah.

    A. Memiliki Blogger

    1. Membuat Akun Google

    Langkah pertama untuk mendapatkan uang melalui program blogger tentu saja dimulai dari akun Google. Akun Googel ini terbilang handal karena terintegrasi dengan banyak fasilitas dan layanan google lainnya seperti Email, Youtube, Adsense, Webmaster, Google Analitik, Google Form dan lain-lain.

    Mendapatkan akun google sangatlah mudah, yakni dengan membuat akun Gmail saja. Jika kamu sudah membuat akun google atau sudah memilikinya, silahkan logging di browser yang kamu miliki, maka Browser akan mengidentifikasi kamu sudah logging.

    2. Mendapatkan Akun Blog

    Langkah berikutnya adalah membuat akun blogger. Cara mendapatkan akun blogger sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Blogger.com dengan browser yang kamu koneksikan dengan akun gmail tadi.

    Setelah masuk di Blogger.com, kamu akan mendapatkan kotak dialog yang memberikan instruksi untuk buat akun. Silahkan ikut langkah yang ada di dalam namun secara garis besar Blogger akan menanyakan nama blog anda seperti matamu misalnya, lalu blogger juga akan meminta URL parameter dari blog anda.

    Blogger akan menyediakan URL parameter gratisan namun memiliki URL induk blog seperti matamu.blogspot.com, kamu bisa mengganti domain ini menggunakan kostum domain dari google menjadi matamu.net misalnya namun tentu saja costum domain ini berbayar.

    Dalam persiapan monetize blog atau menghasilkan uang melalui blog, google tidak mempermasalahkan apakah blog kita masih menggunakan domain blogspot atau sudah TLD (Top Level Domain).

    3. Publikasi Artikel

    Setelah memiliki blog kamu akan diarahkan Blogger menuju Dashbord kamu, tempat dimana kamu akan mengelola blog kamu kedepannya. Ada banyak layanan yang disediakan seperti yang tertera pada gambar di bawah ini :

    Dashboard Blogger keren
    Penampilan Dashboard Blogger

    Layanan-layanan yang disediakan adalah postingan tempat dimana untuk membuat artikel baru dan menjadi tempat isi dari kontent kamu akan dirayapi oleh Search Enggine seperti google, yahoo, bing dan sejenisnya.

    Setelah membuat blog silahkan coba untuk membuat artikel Dummy. Ada beberapa menu disana sialhkan dicoba dengan bebas karena jika salah kamu bisa menghapus artikel tersebut lalu mengulangi lagi dari awal, atau kamu mengedit saja artikel yang sudah kamu terbitkan.

    Jika sudah lihatlah tampilan blog kamu dan bacalah artikel yang yang sudah kamu publish/terbitkan di blog kamu. Laman dari artikel ini bisa kamu share melalui banyak platform agar kamu mendapatkan pembaca untuk awal-awal blog kamu.

    Jika blog kamu sudha memiliki reputasi di search enggine maka pengunjung kamu bakalan lebih banyak datang search enggine. Pengunjung ini namanya Natural Traffic jenis trafik yang paling dicintai oleh pengiklan termasuk google, sedangkan pengunjung yang datang dari link yang kamu bagikan namanya Directed Traffic.

    Semakin banyak dan semakin bagus artikel yang kamu publish maka semakin besar peluang situs kamu muncul di laman search enggine ketika seseorang mencari sesuatu melalui Google, Bing, Duckduckgo dan sejenisnya.

    Artikel yang bakalan muncul di halaman pertama search enggine harus memiliki kualitas yang bagus diantara artikel yang ada, atau dikenal dengan artikel SEO (Search Enggine Optimasi). Bagi kamu yang tidak mengerti SEO, jangan khawatir, googel lebih menyukai blog yang natural yang kerjanya hanya berusaha menghasilkan artikel yang baik.

    Semakin banyak pengunjung di situs / blog kamu maka potensi penghasilan kamu melalui blog akan semakin besar.

    B. Memilih Niche Situs

    Niche secara harfiah diartikan sebagai ceruk pasar, namun sederhananya Niche adalam blogger merujuk pada tema besar yang bahas oleh situs kamu. Misalnya tema seitu Matamu.Net ini membahas tentang Internet, Fintech, Youtuber atau secara garis besar dinamakan Niche Teknologi.

    Niche ada banyak tergantung dari hal yang kamu ingin sampaikan ke orang lain melalui blog. Adapun Niche-niche blog yang umum seperti pendidikan, teknologi, kesehatan, asuransi, wisata. kuliner, resep, home desain dan lain-lain.

    Jika kamu memiliki banyak Niche dalam situs maka situs kamu masuk dalam kategori Niche gado-gado atau niche campuran.

    1. Niche dengan CPC tertinggi

    Google memiliki algoritma canggih dalam penampilkan iklan, kelak jika situs kamu lolos review Goggle adsense. Algoritma google adsense akan memunculkan iklan bukan sesuai situs kamu melainkan sesuai dengan kebiasaan user.

    Ada kemungkinan situs kamu memiliki artikel tentang kesehata tapi justru iklan yang muncul tentang baju, hal in itergantung dari cookies dan cache file dari use, namun kemungkin besar user akan emnemukan situs yang se niche dengan apa yang mereka cari sangat besar.

    Hal ini membuat pemilihan niche dalam google sangat berpengaruh terhadap pendapat seorang bloger. Jika kamu memiliki Niche dengan nilai CPC tinggi misalnya 500 rupiah tentu saja akan memiliki penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan situs dengan niche 100 rupiah perhari.

    Ologika 10 klik dari CPC 500 rupiah adalah 5000 ribu sedangkan untuk CPC 100 rupiah hanya menghasilkan 100 rupiah. Sebagai bahan pertimbangan yang bersumber dari pengalaman pribadi dan forum, berikut ini deretan Niche bercpc tinggi :

    1. Teknologi
    2. Wisata
    3. Fashion
    4. Asuransi
    5. Financial Teknologi
    6. Home Desain
    7. Otomotif
    Untuk Niche kelas menengah 
    1. Pendidikan
    2. Fotografi
    3. Semi Wallpaper
    4. Wallpaper
    5. Artis
    6. Hiburan
    7. Kesehatan
    8. Tanaman
    9. Hewan
    10. Tutorial
    Untuk Niche kelas rendah 
    1. Gado-gado
    2. Misteri
    3. Budaya
    4. Daerah
    5. Portal berita
    6. Politik
    Nilai CPC sendiri selalu berubah tergantung dari minat pemasang iklan namun pada umumnya deretan angka diatas stagnan, kecuali kesehatan dan pendidikan yang pernah memiliki nilai CPC tinggi yang kini semakin berkurang.
    Nilai CPC googel adsense dengan dashboard Dollar

    Meskipun CPC kamu rendah bisa jadi penghasilan kamu lebih banyak jika Niche yang kamu pilih memiliki Volume pencarian yang besar, milsanya saja Portal berita, memang memiliki CPC kecil namun peminat nya jauh lebih besar dari Niche sehingga penghasilan blog poertal berita cenderung besar.

    2. Niche Terlarang Google Adsense

    Google memiliki aturan yang ketat dan berbeda-beda setiap negara. Googel menyukai manusia sehingga aturan-aturan yag dibuat google selalu ada aspek sosial dan sisi kemanusiannya. Sebut saja dari penetuan Niche, ada beberapa jenis artikel yang tidak akan mungkin memunculkan iklan atau bahakn cenderung kena Pinalty sampai Banned dari Googel.

    Adapun list derean Niche-Niche terlarang dari google sebagai berikut :

    1. Kekerasan Eksplisit
    2. Seksualitas Eksplisit
    3. Kehamilan 
    4. Perjudian
    5. Jual beli barang terlarang
    6. Minumam Beralkohol
    7. Rokok
    Meskipun Niche dari situs kamu bukanlah salah satu dari diatas namun jika situs kamu memuat artikel yang membahas masalah diatas maka besar kemungkinan Iklan tidak akan tayang pada laman tersebut dan kamu akan mendapatkan teguran dari Google Adsense.
    Konten pelanggaran oada googel adsense

    C. Menyiapkan Situs untuk Program Adsense

    Google memiliki aturan yang ketat untuk situs-situs yang mereka loloskan bergabung dengan program google Adsense. Tujuan dari aturan ini dibuat adalah agar supaya tercipta lingkungan sehat antara Google, Pengiklan dan Publisher.

    Aturan-aturan tersebut ditulis secara lengkap di help center google untuk program adsense, namun berdasarkan pengalaman mendaftar goole adsense berikut ini ringkasan :

    1. Menggunakan Templete Ramah HTML 5 – Pengalaman Templete milik sugeng selalu lolos verifikasi dalam kasus ini.
    2. Memiliki identitas situs lengkap bisa dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris – About Us, Disclaimer, Privacy Polish dan Contct Us
    3. Semua identitas situs dibuat di laman, bukan di postingan
    4. Terhubung dengan Googel Webmaster (wajib) dan Google Analitik (Optional)
    5. Tidak memiliki Link mati di seluruh halaman, hal ini bergantung tempelet, sebaiknya gunakan templete sugeng.
    6. Memiliki minimal 11 sampai 14 artikel yang lebih panjang dari 500 kata.
    7. Tidak melanggar aturan googel tentang penggunaan boot, copy paste artikel orang lain, dan memilh Niche terlarang.
    Selain dari hal tersebut banyak mitos yang beredar di internet mengenai tata cara daftar google adsense, seperti : 
    1. Harus TLD 
    2. Blog berusia minimal 6 bulan
    3. Memiliki banyak pembaca
    4. Jumlah artikel minimal 30 buah panjang 1000 kata
    5. Memiliki Site Link 
    Paling tidak pengalaman penulis sudha pernah mendapatakan akun beberapa kali dengan jumlah artikel pada sata daftar sebanayak 7 buah, jumlah kata lebih dari 500 kata, usia blog kurang dari 3 hari, belum memiliki pengunjung dan belum memiliki Site link. 
    Blog tersebut adalah Matamu.Net yang dibuat pada tanggal 1 Januari 2020 dan didaftarkan pad aprogram Adsense pada tanggal 3 Januari 2010. Pengumuman lulus dan iklan tayang tanggal 6 Januari. 
    Tips : Selama proses Review sebaiknya ditambahkan artikel bebas copy paste minimal satu dalam sehari.

    D. Mendaftar Program Goole Adsense

    Setelah melengkapi syarat-syarat yang ada pada bagian C, maka saatnya untuk mendaftarkan Blog pada Program Google adsense. Cara daftar google adsense bisa dilakukan dua cara yakni melalui Dashboard Blogger yakni menu Penghasilan.

    Silahkan klik menu tersebut lalu Google adsense akan mengarahkan untuk mendaftar. Langkahny abisa dilakukan dengan mudah karena instruksi yang diberikan google sangat jelas. Tugas anda hanya memastikan code dari Googel adsense terpasang agar memberikan sinyal kepada google tentang situs yang anda ingin hubungkan dengan google adsense.

    Code yang diberikan oleh google bisa dipasang dimana saja, namun sebaiknya pasang melalui menu HTML Editor lalu letakkan tepat dibawah tag <head> lalu simpan perubahan, jika tidak bisa tersimpan, maka code google adsense butuh di Parse. Jasa ini banyak disediakan di Internet gartsi dan cepat dengan mengetik kata kunci Parse Code di Google.

    Bagi anda yang tidak memiliki logo penghasilan maka silahkan rubah setting bahasa penggunaan Blog anda dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, Setelah proses daftar dan anda dinyatakan lulus, settingan bisa dikembalikan kembali ke bahasa Indonesia.

    Pada kondisi khusus dimana simbol tetap juga tidak bisa menunjukkan menu penghasilan, maka lakukan daftar manual melalui program google adsense pada laman https://www.google.com/adsense/start/

    Metode pendaftaran tidak jauh berbeda dengan mendaftar melalui Blog kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah yang di instruksikan pada laman tersebut.

    Setelah mendaftaran silahkan menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan oleh google. Akan ada dua verifikasi, namun sebagai penanda paling sederhana jika situs kamu diterima maka iklan akan tayang pada situs kamu, namun jika di tolak biasanya akan ada pemberitahuan dari google melalui email yang kamu gunakan.

    Email tersebut isinya pemberitahuan tentang kekurangan yang harus kamu lengkapi dari situs kamu. Setelah kamu melengkapi dan atau memperbaiki kekurangan tersebut maka situs kamu sudah bisa diajukan kembali.

    E. Meningkatkan Pengunjung Situs

    Setelah situs kamu dinyatakan lulus dari program Google adsense, tidak serta merta uang akan datang ke kamu. Penghasilan teragtung dari kinerja situs dan banyaknya pengunjung kamu.

    Jadi tugas kamu adalah mendatang pengunjung melalui konten-konten yang kamu terbitkan di artikel kamu. Semakin banyak pengunjungnya maka semakin besar pula penghasilan kamu.

    Sebagai dasar perhitungan mengenai penghasilan kamu, Sebagai contoh kamu memiliki Artikel dengan kata kunci “Cara Menghilangkan Jerawat”. Berdasarkan data dari Google Keyword Plannar, kata kunci ini memiliki jumlah pencarian sebanyak 500 ribu kali dalam sebulan dengan nilai cpc 1000 rupiah.

    Jika artikel kamu berada di posisi paling pertama untuk kata kunci tersebut dan semua pengunjung memilih artikel di urutan pertama hasil Search Enggine. Sesuai CTR kebanyakan templete yang hanya mengkorversi 5 % dari pengunjung menjadi klik maka total penghasilan kamu dalam satu bulan adalah CPC x CTR x Volume Search

    Taksiran penghasilan Rp. 1000 x 500.000 x 0.05 = 25.000.000 rupiah dalam sebulan untuk satu kata kunci saja, jika kamu memiliki banyak kata kunci yang menjadi juara di halaman Satu makan semakin besar pulan penghasilan.

    Jadi tugas kamu selanjutnya berupaya agar pengunjung datang ke situs kamu dengan memahami SEO.

  • Kelebihan Layar IPS pada Smartphone

    Dzargon – Zaman sekarang sudah tidak asing lagi melihat orang-orang menggunakan smartphone dengan layar yang touch screen. Kendati demikian, istilah layar IPS mungkin sudah biasa didengar apalagi bagi pecinta teknologi khususnya pada smartphone.

    Layar IPS bermula sejak tahun 1996 yang lalu, dimana pada saat itu perusahaan terkenal di Jepang yaitu Hitachi diketahui berusaha untuk memecahkan sebuah masalah terkait dengan TN-Matriks.

    Oleh karena itu, sampai saat ini sudah sangat banyak teknologi IPS yang digunakan oleh para pembuat LCD. Mulai dari Super IPS, Advance Super IPS, IPS Provctus, Hotizontal IPS, sampai dengan Enchaced IPS tergantung para pembuatnya.

    Menariknya lagi, zaman sekarang teknologi menggunakan layar IPS telah menjadi sebuah standar bagi semua smartphone khususnya layar sentuh mulai dari Samsung, Lenovo, iPhone, dan masih banyak lagi merek-merek smartphone lainnya.

    Layar IPS diketahui merupakan pengembangan dari teknologi panel sebelumnya apalagi kalau bukan TFT atau Thin Film Transistor. Dengan munculnya IPS maka teknologi ini dianggap memiliki kualitas yang baik dari tingkat akurasi warna yang tinggi, kuliatas gambar, sampai dengan sudut pandang yang cukup lebar.

    IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching atau sebuah teknologi layar untuk display Kristal cair atau LCD. Salah satu alasan dibuatnya teknologi IPS yaitu bertujuan untuk mengatasi keterbatasan utama khususnya pada sudut pandang serta reproduksi warna pada layar LCD agar lebih baik.

    Kendati demikian, sampai saat ini layar IPS masih sangat popular penggunaannya. Beberapa produk smartphone diketahui masih menggunakan layar IPS dalam hal memanjakan mata para penggunanya. Salah satu adalah smartphone marek apple, beberapa IPhone masih menggunakan layar IPS termasuk IPhone 11.

    Padahal sebagian besar smartphone android diketahui telah menggunakan layar AMOLED maupun OLED. Kira-kira apa alasan perusahaan besar seperti Apple masih menggunakan layar IPS pada produk smartphone mereka? Ternyata ini beberapa kelebihan dari layar IPS untuk smartphone.

    Namun, sebelum membahas tentang kelebihan dari layar IPS terlebih dahulu dibahas tentang penjelasan terkait dengan jenis-jenis layar pada smartphone, khususnya perbedaan tentang layar IPS dan AMOLED. Seperti yang kita ketahui bahwa sebelumnya sangat banyak jenis smartphone yang menggunakan yang namanya layar LCD atau layar yang terdiri atas beberapa lapisan kaca. Yang dimana pada layar LCD akan bekerja dengan cara menyaring cahaya yang sinkron dengan warna piksel yang ditampakkan.

    Adapun ciri khusus dari layar LCD yaitu warna serta tone yang ditampilkan terlihat berbeda jika dilihat dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, tampilannya kurang baik jika dilhat. Dengan hadirnya layar IPS membuat kekurangan dari layar LCD dapat dihilangkan. Tak hanya itu, layar IPS juga sangat pas dipakai untuk perangkat berbasis touch screen.

    IPS merupakan singkatan dari In Plane Switching

    Tak hanya menghilangkan kekurangan dari layar LCD, layar IPS juga berupaya untuk menghasilkan warna yang diketahui hasilnya sangat natural serta ketajaman gambarnya sudah tak diragukan lagi.

    Sementara itu, ada pula jenis layar yang dikenal dengan nama AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Layar AMOLED sendiri berisi beberapa molekul organic yang mampu memperoleh cahaya apabila dialiri aliran listrik. Mengenai kelebihan dari layar AMOLED adalah memiliki rasio kontras yang sangat tinggi dan juga hemat daya sampai dengan sepuluh kali lipat dari layar lainnya.

    Namun, dibalik kelebihan dari layar AMOLED yang mempunyai frame per second dan juga waktu respon yang cepat tenyata AMOLED memiliki kekuranga yaitu sangat berisiko untuk mengalami yang namanya screen burn-in.

    Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa beberapa produk misalnya iPhone telah menggunakan layar AMOLED pada seri iPhone X, XS, XS Max, 11 Pro, dan juga 11 Pro Max. Akan tetapi, beberapa produk juga masih menggunakan layar IPS misalnya pada iPhone seri XR dan iPhone 11.

    Mengapa masih ada saja smartphone yang masih menggunakan layar IPS padahal untuk zaman sekarang layar IPS sudah dianggap ketinggalan zaman lantaran sudah muncul layar-layar versi baru? Ternyata ini alasan mengapa masih ada smartphone yang menggunakan layar IPS. Berikut ulasannya yang dilansir dari beberapa sumber.

    1. Resolusi Lebih Tinggi

    Alasan pertama mengapa beberapa smartphone masih menggunakan layar IPS yaitu lantaran resolusi yang ditampilkan lebih tinggi. Seperti yang diketahui bahwa resolusi yang dimiliki oleh layar IPS mencapai 320 ppi yang dimana kerapatan layar IPS dapat membuat mata dimanjakan lantaran sesuai dengan mata.

    Perlu diketahui bahwa istilah ppi merupakan singkatan dari pixel per inch yang artinya sebuah satuan yang menyatakan sebuah resolusi pada layar. Semakin tinggi ppi dari sebuah layar maka semakin jernih pula tampilan yang ditampilkan pada layar. Ppi sendiri juga memengaruhi kualitas gambara atau video yang ditampilkan pada layar. Apalagi jika bermain dalam game HD maka tampilan grafis juga berpengaruh terhadap ppi layar smartphone.

    Tak hanya itu, layar IPS juga mempunyai nilai kontras yang lebih dari pada panel TN, walaupun masih lebih rendah dari panel VA. Dengan kontras yang bagus maka pengalaman dalam melihat dan menggunakan smartphone semakin bagus pagi penggunanya.

    Layar IPS memberikan tampilan gambar yang jelas serta waktu respon yang stabil. Layar IPS sangat cocok digunakan untuk fotografi, desain grafis, CAD atau CAM reknik, produksi film, sampai dengan aplikasi keamanan lainnya.

    2. Tidak Burn-in

    Pada smartphone yang menggunakan layar IPS diktahui bahwa tidak menyebabkan munculnya burn-in atau semacam bercak permanen yang ada pada layar. Dengan demikian, diprediksi bahwa penggunaan layar IPS pada smartphone dapat bertahan lama dan umurnya juga lebih panjang dan awet.

    3. Biaya Produksi Lebih Murah

    Biaya untuk memproduksi layar IPS lebih murah dibandingkan dengan memproduksi layar AMOLED. Diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi layar AMOLED sekitar $150. Sementara itu, biaya produksi layar IPS hanya sekitar $30-$50 saja.

    Namun, meski smartphone menggunakan layar IPS khususnya pada pengguna iPhone maka kalian tak perlu khawatir karena Apple sendiri telah menggunakan yang namanya True Tone pada produknya sehingga akurasi warna yang dihasilkan tetap semakin tinggi dibandingkan dengan merek smartphone lainnya.

    4. Menampilkan Warna Akurat

    Tak hanya memiliki resolusi yang tinggi, layar IPS juga menyajikan tampilan warna yang cukup akurat sampai dengan sudut pandang yang mencapai 178 derajat. Layar IPS juga tidak menampilkan cahaya seperti ekor apabila layar disentuh. Perlu diketahui bahwa hal tersebut sangat penting untuk sebuah perangkat yang menggunakan touch screen.

    5. Sinyal Kecepatan Tinggi

    Layar IPS juga dikenal sebagai layar yang mampu memproses sinyal kecepatan tinggi dengan menggunakan kabel tembaga yang nilai resistensinya rendah tanpa harus kehilangan data. Di samping itu, layar IPS merupakan sebuah layar yang dikenal memiliki tekstru yang keras dan tahan dengan yang namanya benturan dalam ukuran tertentu.

    Itulah beberapa kelebihan dari layar IPS khususnya pada smartphone, perlu diketahui juga bahwa layar IPS ataupun layar lainnya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Semoga artikel di atas dapat membantu kalian dan memberikan manfaat.

  • Cara Mengganti Templete Blog untuk CMS Blogger

    Matamu.Net – User Interface (UI) atau tampilan antar muka pada sebuah situs menentukan seberapa nyaman seseorang akan menghabiskan waktu mereka selama berada di dalam situs tersebut. Semakin ringan dan simple desain yang ditawarkan, maka semakin lama pula seseorang akan berada disana.

    Begitu pun sebaliknya, semakin ribet dan berat tampilan sebuah situs, maka semakin cepat seorang pengunjung meninggalkan sebuah situs. UI yang baik akan menghasilkan pengalaman pengguna yang nyaman dan betah di dalam sebuah situs, hal ini selanjutnya disebut User Experience atau UE.

    Baik UI dan UE, keduanya merupakan sebuah sistem yang berada bagian depan dari sebuah website atau program karena perintah-perintah yang diberikan hanya sebatas HTML atau PHP dasar untuk tampilan. Perintah-perintah ini kemudian digolongkan sebagai Font-End Website.

    A. Maanfaat Tampilan

    Tampial User Interface adalah media yang digunakan oleh developer untuk menghubungakan manusia (user) dengan sebuah mesin atau sebuah Website.

    Seorang user tentu saja tidak perlu membaca semua isi dan kontent dari situs, karena hanya butuh konten-kontetn tertentu yang mereka butuhkan, tugas dari websaite developer adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh user atau paling tidakmemudahkan user menemukan informasi yang mereka sedang butuhkan.

    Sistem yang bertanggung jawab atas kemudahan user mencari informasi dalam sebuah situs atau Website selanjutnya disebut Sistem Navigasi. Ada banyak jenis sistem navigasi UI namun pada umumnya dan berdasarkan hasil risert interkasi manusia dan Website, desain yang paling umum hanya terbagi atas 5 komponen.

    Adapaun 5 komponen tersebut adalah :

    1. Navigasi Bar

    Navigasi Bar atau Nav Bar ada sistem navigasi yang kebanyakan diletakkan diatas tampilan, karena kecedenrungan seseorang untuk memetakan kelompok-kelompok atau label-label dalam situs pada bagian atas.

    Hal ini disebabkan oleh aspek psikologis dan kebiasan manusia untuk meletakkan label pada bagian atas rak. Kebiasaan juga berpengaruh pada perkembangan tampilan dan UI secara umum.
    Sebut saja pada situs ini, Navigasi Bar ditelatakan pada bagian atas, dan untuk memudahkan pengguna, Navigasi ini dibuat Stikky atau mengkuti gerakan dari pembaca.

    Menu Navigasi Bar Linkmag yang keren miliki Sugeng

    2. Body Text

    Body Text adalah Divisi yang berfungsi untuk menampilakn isi dari artikel yang akan disajikan kepada User. Perkembangan desain website menunjukkan letak Body Text yang paling nyaman adalah di pojok kiri untuk PC Device dan untuk Tampilan Mobile berada pada bagian tengah.

    Kebanyakan Websites mengembangkan ukuran Body Text pada ukuran lebar sekitar 800 px, 1000 px dan 1200 px, dari ketiga ukuran tersebut 1000 Px yang paling banyak ditemukan. Namun pada perkembangannya, Desainer Website harus mempertimbangkan lebar layar PC yang semakin hari semakin kecil dan detail seperti ukuran FULL HD.

    Letak Body Text blogger di sisi kanan

    3. Side Bar

    Side bar atau bilah menu pada sisi Body Text adalah menu navigasi yang banyak digunakna untuk berbagai keperluan, namuan pada umunya keperluan tersebut berkaitan dengan isi artikel atau kemungkin artikel yang paling banyak dikunjungi di website tersebut.

    Hal ini tentu saja agar pembaca bisa dengan mudah melihat infomrasi tersebut mengingat posisi kebiasaan membaca seseorang mulai dari kiri ke kanan, sehingga tempat yang paling bagus menyimpan informasi menarik diletakkan di sisi kanan.

    Posisi Side yang bar yang bagus

    Pada awalnya banyak website yang menggunakna desain 2 side bar, baik disisi kiri sebelum Boditext dan di sisi kanan, namun karena nilai UE yang rendah, Side pada sisi kiri sudah mulai ditinggalkan.

    Posisi side bar di sisi kanan yang sangat menarik membuat banyak penyedia produk untuk memasang iklan mereka di side bar karena posisinya yang sangat mudah diamati oleh user selama berada di dalam situs.

    Menu dan bar milik kaskus yang ramai

    4. Search Box

    Search Box adalah alat bantu untuk user menemukan informasi yang mungkin saja tidak bisa ditunjukkan oleh Landing Page dari sebuah situs karena keterbatasa ruang. Misalnya user mencari informasi tentang sesuatu yang sudah lama terbit di situs tersebut sehingga postingan atau artikel tersebut tenggelam.

    Peletakan search box sebenarnya bisa dimana saja, namun sebagaimana pengalaman yang dibentuk oleh pengguna internet, posisi di pojok kanan atas sepertinya tempat yang mudah untuk ditemukan, kecuali Facebook dan Instagram yang meletakkan elemen tersebut tepat diatas Body Text di area Nav Bar, yah tentu saja pertimbangan karena mereka tidak memiliki label.

    Searc box

    5. Footer

    Footer adalah bilah atau divisi yang diletakkan di bagian paling bawah dari sebuah situs. Biasanya akan ditemukan pada bagian kahir artikel ketika user sudah menggeser scorl mereka sampai bawah dengan kata lain artikel yang ditampilkan website sudah dibaca habis oleh user.

    Jika artikel dibaca habis, bisa ditarik kesimpulan User memang benar-benar membutuhkan artikel tersebut sehingga ada kemungkinan user akan mencari tahu lebih detail mengenai kebanaran atau kevalidan artikel yang disajikan.

    Hal ini membuat Footer lebih banyak di isi informasi yang tidak dibutuhkan oleh pembaca awam, tapi dibutuhkan oleh pembaca yang serius. Adapun unformasi tersebut bisa jadi berupa:

    1. Tentang Situs
    2. Disclaimer (Sangkalan)
    3. Privacy Polish (Kebijakan Situs)
    4. Kontak yang bisa dihubungi
    Posisi dan letak Footer miliki situs jalan tikus

    B. Templet Blogger

    Blogger merupakan salah satu situs yang menyediakan Content Manajemen System (CMS) non Open Source yang artinya Blogger tidak akan memberikan sistem mereka ke orang secara bebas, namun Blogger memberikan akses gratis baik dari segi pengelolalahan Inteface melalui HTML Editor dan juga Hosting yang ditanggung Google.

    Blogger sendiri sudha menyediakan templet bawaan mereka baik yang statis maupun yang telah menggunakan sistem kerja AMP (Accelerated Mobile Pages), namun bagi kalian yang bisa mengedit HTML atau malah memiliki templete dari pihak ketiga, maka Blogger memberikan izin untuk mengganti templetmu.

    Templet bawaan Bloger gratis

    Buat kamu yang malas membuat templete tapi tidak mau menggunakan Templet dari Blogger, Hal yang harus kamu lakukan adalah mencari penyedia jasa templete Blogger yang sudah terpercaya seperti Sugeng, Arlina Desain, Sora Templete dan sejenisnya.

    C. Cara Mengganti Tampilan Templet Blogger

    1. Mencari Templete yang Compotible

    Cara mengganti tempelet Blogger terbilang cukup mudah yakni kamu hanya perlu untuk mencari Templete Blogger yang ada di nternet yang tersedia gratis, namun untuk kenyamanan biasanya templet berbayar akan memberikan pelayanan yang lebih premium dan nyaman.

    File Templete bloger yang kamu perlukan memiliki extensi XML, jadi jika file yang kamu dapatkan masih dalam bentuk RAR dan sejeinisnya silahkan unzip terlebih dahulu.

    2. Mengganti Templete Blogger

    Adpaun langkah yang dibutuhkan untuk mengganti templet bloger sebagai berikut :

    1. Masuk ke Dashboard blogger, lalu masuk ke menu Tema dengan logo Cat Roll, kemudian pilih Cadangkan / Pulihkan.
    2. Tunggu samapi dialog Box muncul lalu pilih menu Choose File sampai akhirnya masuk ke window box kamu.
    3. Cari File Templete  berxtensi XML yang telah kamu donwload lalu klik dua kali.
    4. Setelah, itu pilih Upload dan tunggu beberapa saat sampai tampilan Blog kamu berubah.
    Cara mengganti Templet pada blogger
    Cara mudah mengganti tampilan dan menu pada blogger

    3. Mengedit dan Meperbaiki Melalui Menu HTML Editor.

    Templete yang diberikan oleh penyedia jasa templet tentu saja masih harus dilakukan perbaikan, mungkin saja dari segi warna, atau tampilan yang lain seperti Gadget yang muncul, informasi Navigasi bar, Menu Infomasi di Footer.

    cara mudah mengganti tampilan pada blogger

    Hal yang kamu harus lakukan adalah mengganti informasi tersebut menggunakan Editor HTML atau melihat petunjuk yang biasanya disertakan oleh para penyedia jasa pembuatan templet Blogger. Sebagai contoh HTML yang muncul dapat ditunjukkan pada gamabr berikut ini :

    Tampilan Editor HTML untuk tampilan Blogger.

    Hanya sjaa setiap pembuat Templete tentu saja memiliki cara mereka masing-asing dalam mebaut templete jadi ada kemungkinan HTML yang muncul sedikit berbda.