Cara Reset HP Samsung Semuat Tipe dari Jadul Sampai Android Terbaru

1 min read

Cara Reset Smartpthone HP

Matamu.NET – HP samsung sedang bermasalah dan ingin melakukan reset? Sebelum kamu pergi ke Service Centre Samsung di kota kamu ada baiknya kamu coba dulu reset sendiri Samrtphone Samsung kamu di rumah.

Nah buat kalian yang sedang ingin mencoba reste HP Samsung versi Android terbaru ataupun masih seri jadul, berikut ini cara dan tutorial dari Matamu.NET.

A. Code Reset Rahasia HP Samsung

Semuah HP telah dibenamkan code yang sama termasuk shortcut untuk me rest HP samsung. Code ini bisa berkeja di HP jadul samsung sampai versi terbaru. Adapaun cara reset HP Samsung Jadul dengan Code Reset sebagai berikut :

  1. Bukan HP samsung
  2. Masuk menu Dial up seperti saat mau melakukan panggilan ke luar.
  3. ketikka code reset, Code ini ada dua jenis dengan tujuan berbeda yakni
    1. *2767*3855# : Code ini untuk Full E2P reset yakni ke settingan pabrik pada saat dibeli
    2. *2767*2878# : Code ini digunakan untuk Costum E2P Reset yang bisa diatur si pengguna
  4. Setelah memasukkan code silahkan tekan dial.

Code ini berfungsi untuk mengembalikan settingan awal Samrtphone samsung kamu karena salah setting atau salah instal aplikasi. Hanya saja code ini tidak berfungsi jika Smartphone kamu sudah di root ulang oleh pihak III.

Code ini berfungsi untuk semua jenis dan tipe hape samsung Jadul, Bada OS, maupun Android OS.

B. System Recovery Android

Kebanyakan Hape samsung dibenamkan system operasi (OS) open source dari Android. Nah Android ini sendiri selalu menyedikan sistem Recovery manual yang diletakkan di dalam settingan.

Sistem Recovery ini akan mengembelikan settingan HP samsung ke settingan pabrik, bedangnya dengan code sebelumnya ini hanya berlaku untuk Samsung dengan OS Android. Cara penggunaannya sebagai berikut :

  1. Pastikan daya Baterai HP kamu 75%
  2. Tekan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan lalu tahan beberapa detik sampai Smartphone mati sendiri.
  3. Jika sudah maka HP Android Samsung kamu akan masuk ke OS bawaan Mother Board pada menu Android System Recovery Samsung.
  4. Di menu ini kamu bisa memilih banyak fitur dengan menekan tombol Volume UP atau Volume Down. Catatan pada menu ini Fitur Touchscreen tidak berfungsi.
  5. Silahkan pilih menu Wipe Data atau Factory Reset lalu tekan home sebagai tombol Yes atau enter.
  6. Jika sudah maka Samrtphone samsung kamu akan terreset dan silahkan tunggu berapa saat sampai kembali ke pengaturan awal.
Menut Reset Factory HP Samsung Android dengan Menu Power Volume dan Home

C. Menu Reset Factory

Pada kondisi tertentu jika HP samsung kamu masih bisa menyala dan dioperasikan hanya saja kamu rasa sudah lelet dan cenderung suka nge hang, kamu bisa coba reset dengan menus Reset Factory melalu menu.

Cara mengakses menu ini adalah :

  1. Masuk ke menu setting yang ada simbol roda gigi
  2. Pilih menu Back Up and Reset >> Factory Reset >> Reset Device
  3. Setelah itu tekan yess, biasanya akan langsung tereset ototmatis setelah langkah ini dilakukan namun kadang juga meminta sandi untuk memastikan jika yang meminta reset adalah pemiliknya.
  4. Silahkan tunggu sampai booting selesai.

Akhir Kata

Nah itu dia tiga cara melakukan reset ulang HP Samsung jadul dan terbaru ke settingan pabrikan atau Factory Reset. Catatan penting yang harus kamu ingat adalah selalu Back up file dan keluarkan Kartu Memory kamu sebelum melakukan reset ulang agar datanya tidak ikut terhapus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *